Main Article Content
Abstract
Menemukan dan menganalisis fungsi tata usaha sekolah dalam pengelolaan dana BOS merupakan tujuan utama dari penelitian ini. Peningkatan kualitas pendidikan sangat bergantung pada dana BOS yang harus dikelola secara efektif dan efisien. Metode seperti wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian kualitatif deskriptif ini. Hasilnya menyoroti pentingnya administrasi pendidikan dalam ketiga tahap pengelolaan dana BOS: perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Kualitas sekolah dapat ditingkatkan melalui penerapan praktik manajemen yang baik yang mendorong keterbukaan, tanggung jawab, dan pemanfaatan dana BOS secara efisien. Untuk meningkatkan layanan pendidikan, manajemen yang efektif mendorong keterbukaan, tanggung jawab, dan penggunaan dana secara efisien. Untuk meningkatkan layanan pendidikan, manajemen yang efektif mendorong keterbukaan, tanggung jawab, dan penggunaan dana secara efisien.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Aliyyah, S. N. (2024). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah Dasar. Karimah tauhid, 3 (3), 2832-2855. e-ISSN 2963-590X. doi:https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12275
- Devi Pebriyanti, R. R. (2024). Manajemen Keuangan: Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3 (3), 2716-2737. e-ISSN 2963-590X. doi:https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12221
- Fitri, A. (2024). PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN MANDIANGIN KOTO SELAYAN KOTA BUKITTINGGI. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 33-831.
- Kusno, M. S. (t.thn.). PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI. Diambil kembali dari https://media.neliti.com/media/publications/215399-pengelolaan-dana-bantuan-operasional-sek.pdf
- Maliki, B. I. (2020). Peranan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Tarbawistaialfithrah, 163-176.
- Rahmawati, L. (2020). Evaluasi Pengelolaan Dana BOS di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan, 12(2), 123-135.
- Siti Fatimah, A. F. (2024). Pengelolaan Penggunaan Anggaran Dana Bos (Bantuan Operasional Sekolah) “Studi Kasus Sd Negeri 19 Kampung Olo”. Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan
- Peran Administrasi Pendidikan dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
- “Peran Administrasi Pendidikan dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)”
- Kajian Ilmiah, 18 (1), 143-154. p-ISSN : 1693-2617 e-ISSN : 2528-7613. doi:https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.4953
- Sutjipto, D. (2016). Manajemen Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Wahyuni, A. (2018). Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan Dana BOS di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 45-58.
- Wijayanti, D. M. (2023). Pentingnya Manajemen Pengelolaan Dana BOS. LP Maarif NU Jateng.