Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria evaluasi pembelajaran PAI di era society 5.0. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria evaluasi pembelajaran PAI di era society 5.0 antara lain: evaluasi berbasis teknologi, evaluasi berbasis HOTS, evaluasi berbasis proyek, dan desain evaluasi yang holistik. Hasil penelitian ini berimplikasi pada pentingnya pemerataan akses teknologi, pentingnya pengembangan kompetensi digital, dan pentingnya pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan di era society 5.0.


This study aims to understand the criteria for evaluating Islamic Education Learning in the era of Society 5.0. This research is a qualitative study using the literature review method. The findings show that the criteria for evaluating Islamic Education Learning implementation in the era of Society 5.0 includes technology-based evaluation, Higher Order Thinking Skills (HOTS)-based evaluation, project-based evaluation, and holistic evaluation design. These results imply the importance of equitable access to technology, the need for developing digital competencies, and the relevance of develoving a curriculum that meets the needs of the Society 5.0 era.

Keywords

evaluasi era society 5.0 pembelajaran PAI

Article Details

References

  1. Abubakar, R. (2021). PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
  2. Dp, U. (2020). PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP EVALUASI DALAM MATA PELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 8(2), 227–236. https://doi.org/10.33659/cip.v8i2.176
  3. Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). STRATEGI PENDIDIKAN UNTUK SUKSES DI ERA TEKNOLOGI 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
  4. Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method ). Hidayatul Quran.
  5. Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). KONSEP DASAR EVALUASI DAN IMPLIKASINYA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729
  6. Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). STUDI LITERATUR: PROBLEMATIKA EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN DI ERA MERDEKA BELAJAR. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10–15.
  7. L, I. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427
  8. Mansir, F., & Alamin, M. (2022). Urgensi Penilaian Pembelajaran PAI sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional. Journal on Teacher Education, 4(1), 156–168. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5665
  9. Mardiah, M., & Syarifudin, S. (2019). MODEL-MODEL EVALUASI PENDIDIKAN. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 38–50. https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.24
  10. Mega, K. I. (2022). Mempersiapkan Pendidikan di Era Tren Digital (Society 5.0). Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 4(3), 114–121. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i3.87
  11. Mira, A. nur sakiinah, Alfi, A. F. P. M., & Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, Dan Keterampilan Teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(2), 18–28. https://doi.org/10.9000/jpt.v1i2.508
  12. Naulandani, Z. S., Widodo, S., & Hariyono, J. (2023). Penerapan Evaluasi Holistik dalam Kegiatan Pembelajaran: Literature Review. Current Research in Education: Conference Series Journal, 2(1), 242–247.
  13. Rosana, D., & Setyawarno, D. (2016). Statistika Terapan Untuk Penelitian Pendidikan. UNY Press.
  14. Siminto, S., Majdi, M., Hardiansyah, A., Rofi’i, A., & Gazali, A. (2024). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK: MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN KOLABORATIF. TARBIYATUL ILMU: Jurnal Kajian Pendidikan, 2(2), 104–115.
  15. Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
  16. Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). PERAN DESAIN EVALUASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya, 4(2). https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796
  17. Wildani Kushumah Auliya. (2022). INTEGRASI PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL KECAKAPAN ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 48–60. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i1.906