Main Article Content
Abstract
Pola asuh adalah pengasuhan anak yang berlaku dalam keluarga, yaitu bagaimana keluarga membentuk perilaku generasi berikut sesuai dengan norma dan nilai yang baik dan sesuai dengan kehidupan masyarakat. Pola asuh dalam masyarakat umumnya bernuansa dari yang sangat permisif yaitu sikap dan pandangan yang memperbolehkan dan mengizinkan semua hal, sampai yang sangat otoriter dimana orang tua cenderung membatasi dan mempunyai kendali yang ketat kepada anak. Sebagai seorang pendidik harus melakukan persiapan-persiapan dengan mempertimbangkan strategi dan metode apa yang akan dipakai untuk menyampaikan materi, sehingga materi dapat disampaikan kepada siswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk pola asuh dan gaya belajar siswa di SMP-IT Al Fauzan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan atau metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang ditunjukkan untuk menganalisis secara mendalam dan mendeskripsikan suatu fenomena, peristiwa dan aktifitas sosial, sikap, pemikiran dan kepercayaan persepsi orang secara individu maupun kelompok. Perilaku siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk intensitas perhatian orang tua dan pola asuh yang diterapkan. Perhatian orang tua dan pola asuh yang konsisten dan positif dapat berperan besar dalam pembentukan perilaku dan karakter siswa. Intensitas perhatian orang tua mencakup seberapa sering dan seberapa dalam orang tua terlibat dalam kehidupan anak-anak mereka. Ini termasuk komunikasi sehari-hari, dukungan emosional, dan keterlibatan dalam kegiatan akademis dan ekstrakurikuler.
Parenting is parenting that applies in the family, namely how the family shapes the behavior of the next generation in accordance with good norms and values and in accordance with community life. Parenting patterns in society are generally nuanced from very permissive, namely attitudes and views that allow and allow all things, to very authoritarian ones where parents tend to limit and have tight control over their children. As an educator, you must make preparations by considering what strategies and methods will be used to deliver the material, so that the material can be delivered to students who have different learning styles well. This study aims to describe the form of parenting and student learning styles at SMP-IT Al Fauzan. This research uses descriptive analytical research with a qualitative approach or method. Qualitative research is a research that is shown to analyze in depth and describe a phenomenon, social events and activities, attitudes, thoughts and beliefs of people's perceptions individually or in groups. Student behavior is influenced by various factors, including the intensity of parental attention and the parenting patterns applied. Parental attention and consistent and positive parenting can play a big role in shaping student behavior and character. The intensity of parental attention includes how often and how involved parents are in their children's lives. This includes daily communication, emotional support, and involvement in academic and extracurricular activities.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Ayun, Qurrotu “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk
- Kepribadian Anak’, dalam jurnal ThufuLA, Volume Vol. 5 | No. 1 | Januari
- Juni 2017.
- Bhakti, Yoga Budi, “Ëvaluasi Program Model CIPP pada proses pendidikan IPA”dalam
- Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, Volume 1 Nomor 2, Nopember
- 2017 Creswell, John. W, Penelitian Kualitatif dan Desain Riset, Diterj. Ahmad
- Lintang, Jakarta : Pustaka Pelajar, 2015.
- De Porter, Bobbi, Quantum Learning: Unleashing the Genius inYou, New York: Dell
- Publishing, 1992. DePorter, Bobbi & Mike Hernacki, Penerjemah: Alwiyah
- Abdurrahman, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan,
- Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka, 2013.
- Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data, Jakarta: Raja Grafindo,
- 2012. Faidhullah, Achmad “Pola Asuh Orang Tua Karier Ganda Terhadap Anak
- Dalam Pendidikan Agama Islam; Studi Kasus Di Lingkungan Masjid Ahlussunah
- Wal Jama’ah Kanjuruhan Asri Dan Graha Tlogomas Kota Malang”, Tesis, Program
- Magister Pendidikan Agama Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2019.
- Fatmawati, Erni “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan, Gaya Belajar dan
- Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa” dalam Jurnal Pendidikan
- Informatika dan Sains, Volume 4 No.1 Juni 2015
- Fatmawati, Fauziyah “Pola Asuh Demokratis Orang Tua Bekerja dalam Menanamkan
- Sikap Religius dan Sikap Hormat Anak Usia Remaja”, Tesis, Program
- Pascasarjana IAIN Salatiga, 202