Main Article Content

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk memberikan layanan terbaik disaat melaksanakan Haji, supaya jamaah dapat melaksanakannya dengan nyaman dan khusyuk; Untuk memberikan pelayanan yang setara dengan pelayanan haji negara Korea Selatan yang mendapatkan fasilitas yang baik dan layak sebagaimana yang digunakan negara asia lain; Dekskriptif Kuantitatif; Ada beberapa kasus yang baru ditemukan, karena adanya perbedaan fasilitas yang seharusnya didapatkan oleh semua jamaah yaitu fasilitas di Mina. Disaat bermalam di Mina sangat terlihat perbedaannya, ketika jamaah haji asal negara Korea Selatan mendapatkan fasilitas bermalam di Mina seperti sebuah kamar dengan beberapa ruangan didalamnya. Dan juga jamaah haji perempuan dan laki-laki terpisah. Sedangkan jamaah haji Indonesia hanya mendapatkan fasilitas seperti aula yang berupa tenda dengan alas dan juga antara jamaah laki-laki dan perempuan digabung. Terlihat adanya perbedaan yang jelas dari kedua negara tersebut.


This journal aims to providing the best service when carrying out Hajj and Umrah so that pilgrims can carry it out comfortably and solemnly; To provide services that are equivalent to Hajj and Umrah services in other Asian countries, providing good and appropriate facilities as used by other Asian countries; Descriptive Quantitative; There are several cases that have just been discovered, because there are differences in the facilities that all pilgrims should get, namely the facilities in Mina. When spending the night in Mina, the difference is very visible, when Hajj pilgrims from South Korea get overnight facilities in Mina such as a room with several rooms in it. And female and male Hajj pilgrims are separated. Meanwhile, Indonesian Hajj pilgrims only get facilities such as a hall in the form of a tent with a base male and female pilgrims are also combined. There are clear differences between the two countries.

Keywords

Fasilitas Haji Indonesia Jamaah Korea Selatan

Article Details

References

  1. rohkamad, a. (2010). langkah langkah pembenaan haji. jakarta: kementrian agama ri.hlm 6.
  2. Wildayati, R. (2017). Optimalisasi Pelayanan Haji dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 17(2), 165-182.
  3. Atmadja, F. S. (2023). HAJI DAN INOVASI: INVESTIGASI PROSES INOVASI PELAYANAN HAJI DALAM NEGERI. Jurnal Manajemen Dakwah, 11(2).
  4. Rifa’i, M., & Kamila, D. M. (2021). Strategi Layanan Dalam Meningkatkan Kepuasaan Jamaah Haji’. Haramain, 1, 1-11.
  5. Budiman, M. A. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji di Indonesia. Jurnal Hukum Islam, 14(1), 1-15.