Main Article Content

Abstract

Argumentasi penalaran keilmuan yang dikomunikasikan secara tertulis adalah penulisan ilmiah. Untuk mencapai hal ini, diperlukan pemahaman yang menyeluruh tentang hakikat kelompok untuk melakukan penelitian dan sesekali mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan. Ini bukan hanya masalah kapan sebuah proyek penulisan akan dimulai, karena penerapan teori dan teknik akan memastikan tingkat  Banyak bentuk dan metode penulisan yang bisa digunakan dalam berbagai latihan menulis. Penampilan luarnya mungkin berbeda, tetapi perilaku dan hukumannya sama. Maka dari itu, cara yang paling utama adalah tidak hanya memahami teknik-teknik yang digunakan dalam pelaksanaannya, tetapi juga memahami prinsip-prinsip yang mendasari keberhasilannya. Format dan gaya penulisan yang tersedia dalam khasanah ini disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi individu dengan tetap mempertimbangkan berbagai faktor lain, Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana prinsip-prinsip pendidikan Islam berintegrasi dengan struktur penulisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan  yang mana  dengan membaca, mempelajari, dan menganalisis jurnal, buku, artikel, dan sumber-sumber lainnya untuk memperoleh data yang akurat. Pada akhirnya, dari penelitian ini diharapkan muncul pemahaman mengenai struktru penulisan karaya ilmiah yang mengintegrasiakan prinsip-prinsip pendidikan islam.


Scientific reasoning arguments communicated in writing are scientific writing. To achieve this, a thorough understanding of the nature of the group is required to conduct research and occasionally communicate it in written form. It is not just a matter of when a writing project will begin, as the application of theory and technique will ensure the level of Many forms and methods of writing can be used in a variety of writing exercises. The outer appearance may be different, but the behavior and punishment are the same. In this implementation, but also to understand the principles underlying its success. The format and style of writing available in this repertoire are adapted to individual needs and preferences while still considering various other factors. Therefore, the aim of this research is to describe how the principles of Islamic education are integrated with the structure of writing. The methodology used in this study is called library research, which involves reading, learning, and analyzing journals, books, articles, and other sources to obtain accurate data. In the end, it is hoped that from this research an understanding will emerge regarding the structure of writing scientific papers that integrates the principles of Islamic education.

Keywords

Integrasi Prinsip-Prinsip Pendidikan Agama Islam Strukrut Penulisan Karya Ilmiah

Article Details

References

  1. Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(1),
  2. Akhsan, A., Adib, H., & Wiyani, N. A. (2021). Integrasi Islam, Sains dan Budaya: Tinjauan Teoritis. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(2),
  3. Ali Muni, Ahmad Nasrulloh, Sigit Nugroho, 2022, Definisi, Struktur Dan Penulisan Pada Penelitian Karya Ilmiah Di Bidang Ilmu Keolahragaan Journal Active Of Sport Volume 2 Nomor 1 2022
  4. Aminuddin, L. H. (2010). Integrasi Ilmu dan Agama: Studi Atas Paradigma Integratif-Interkonektif UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta. Kodofikasi Jurnal Penelitian Keagamaan Dan Sosial-Budaya, 4(1),
  5. Anam, N. (2012). Al-Qur’an dan Hadist: Dialektika Sains-Teknlogi dan Ilmu Agama. Al-Adalah, 16(2),
  6. Batubara, I. A. (2022). Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal Integration of Knowledge An Ideal Islamic Education Concept. 1(1),
  7. Dagobert D. Runes. et. all., Dictionary of Philosophy, (Otawa: Little Field, Adam & Co. Otawa, 1977),
  8. Drajat Zakiah, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta: Ruhama, 1994),
  9. E. Zaenal Arifin, Penukisan Karangan Ilmiah Dengan Bahasa Indonesia Yang Benar, (Jakarta; Melton Putra, 1991),
  10. Fita Mustafida. (2020). Integrasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2)
  11. Haryanti, E. Kardi, K., Natsir, N. F.(2022). Tipologi Integrasi Ilmu Agama dalam Pemikiran Islam Kontemporer. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1),
  12. Hasanah, U. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif (Studi Relevansi Terhadap Integrasi Keilmuan dalam Pendidikan Islam). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 1(September),
  13. Khoiron Rosyadi, Pendidikan Profetik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004),
  14. Khoiron Rosyadi, Pendidikan Profetik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004),
  15. Lestari, D., & Resmiyanto, R. (2022). Relasi Agama Dan Sains Dalam Pandangan Fisikawan Pertama Di Indonesia. Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam …,4,390–394. http://ejournal.uinsuka.ac.id
  16. Mahpudin. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP,7(1),168–175.
  17. Miranto, S. (2017). Integrasi Konsep-Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam PembelajaranDi Sekolah Menengah. Edusains, 9(1),
  18. muniAli, ahmad nasrulloh, sigit nugroho, definisi, struktur dan penulisan pada peneliitian karya ilmiah di bidang ilmu keolahragaan (yogyakarta; universitas negeri yogyakarta, 2022)
  19. Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar(Bandung; PT Remaja Rosdakarya, 2014)
  20. Nata, Abuddin, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004),
  21. Negaraa, F. B. (2021). Pelatihan Online Penulisan Artikel Ilmiah Kepada Guru Honorer Penjas Negaraa, F. B. (2021). Pelatihan Online Penulisan Artikel Ilmiah Kepada Guru Honorer Penjas
  22. Nurhastuti, Zulmetri, Safaruddin. Penulisan Karya Ilmiah (Jakarta; Kencana, Cetakan Ke-1 April 2019),
  23. Paini P Yani, Y. I., Yuliharti, Y., Syu’aib, K., Tarigan, M., (2021). Mengungkap Isyarat-Isyarat Sains Dalam Hadis Nabi. AL QUD : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 5(1),
  24. Putri, I. D. & Binti Khalid, A. S.,(2020). Analisis Konsep Integrasi Ilmu Dalam Islam. Wardah, 21(1),
  25. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia 2008),
  26. Ramayulis, Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2009), hlm.
  27. Resmini, N. (2019). Karangan Ilmiah Dan Teknik Penulisan Karangan Ilmiah Oleh Novi Resmini. Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1),
  28. Retnowati, P. (2018). Agama, Konflik Dan Integrasi Sosial Refleksi Kehidupan Beragama Di Indonesia: Belajar Dari Komunitas Situbondo Membangun Integrasi Pasca Konflik. Sangkép: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 1(1),
  29. Roqib. Moh, Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di sekolah, Keluarga, Dan Masyarakat, (Yogyakarta: Lkis Yogyakarta, 2009),
  30. Santi, S. (2018). Relasi Agama dan Sains Menurut Seyyed Hossein Nasr dan Ian G Barbour. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 1(September), http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/29
  31. Siregar, M., Zahra, D. N., & Bujuri, D. A. (2020). Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam Dalam Ilmu-Ilmu Rasional Di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu. Al -Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2),
  32. Sosial, I., Ilmu, D. A. N., Universitas, P., Mata, S., Jurusan, K., & Hubungan, I. (2008). Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas andalas. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Budi Luhur,
  33. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.
  34. Tim Perumus, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2007),
  35. Usman Abu Bakar, Fungsi Ganda Lembaga Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Safiria Insania Pres, 2005),
  36. Widya. 2014, tinjauan struktur penelitian, penulisan ilmiah, dan tekhik penulisan. Jurnal ilmiah pendidikan fisika, al-biruni, Vol 3 no 1.
  37. Yaqin, A. (2020). Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Sains (Biologi) Berdasarkan Pemikiran Ian G. Barbour. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1),
  38. Yoyo Zakaria Ansori, Islam Dan Pendidikan Multikultural Jurnal Cakrawala Pendas Media Publikasi Pada Bidang Pendidikan Dasar Volume 5 Nomor 2 Edisi Juli 2019