Main Article Content

Abstract

Pembelajaran karakter dalam keluarga memegang peran penting dalam membentuk moralitas dan kepribadian anak. Artikel ini membahas berbagai strategi yang dapat diterapkan oleh orang tua untuk menanamkan nilai-nilai moral sejak dini, termasuk pentingnya keteladanan, komunikasi terbuka, penguatan positif, dan konsistensi dalam mendidik anak. Penelitian ini didasarkan pada kajian literatur dan observasi terhadap pola asuh di lingkungan keluarga, yang menunjukkan bahwa keluarga merupakan tempat pertama dan utama dalam pembentukan karakter anak. Pembelajaran karakter yang efektif dalam keluarga dapat memberikan landasan moral yang kuat, yang akan menjadi bekal bagi anak dalam menghadapi tantangan sosial di masa depan. Artikel ini juga menekankan pentingnya sinergi antara pendidikan di rumah dan pendidikan formal dalam proses pembentukan karakter anak. 


A family's character education plays an important role in shaping a child's morality and personality. This article discusses several ways parents can instill moral values to their children from an early age, including the importance of setting an example, open communication, positive reinforcement, and consistency in their education. Based on research on parenting patterns in the family environment, this study shows that the family is the first and main place in forming a child's character. Effective family character education can give children strong moral foundation, which they can use to face social challenges in the future. This article also emphasizes the importance of synergy between home education and formal education in the pr

Keywords

Keluarga Moralitas Pembelajaran Karakter Pendidikan Anak Pola Asuh

Article Details

References

  1. Agusta, M. R. E., & Astuti, T. M. P. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA N 3 Semarang. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 11(1), 115–126. https://doi.org/10.15294/solidarity.v11i1.58806
  2. Agustang, A. (2021). Distorsi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Jarak Jauh di Era Pandemi COVID-19 di Kabupaten Majene. Repository POLIUPG, January, 1–214. https://doi.org/10.31219/osf.io/whszd
  3. Budiarti, Y. (2019). Pendidikan Karakter: Sebuah Upaya Kolektif. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 78. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.910
  4. Dwinyar, Y., Kristina, L., & Penelitian, A. M. (2022). Penerapan Karakter Islami pada Interior Ruang Kelas 1 Sekolah Dasar Islam Darush Sholihin. 11(4), 155–160.
  5. Eka Sapti Cahyaningrum, Sudaryanti, N. A. P. (2017). Kata kunci : Karakter, Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 6, 203–213.
  6. Ekowati, U., Nggonggoek, W., & Utomo, S. S. (2019). SOSIALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA PADA ANAK-ANAK DENGAN MEDIA VIDEO. 2(20), 19–23.
  7. Fadhilah, C. R., Nisfiary, R. K., & Liza Lubis, I. S. (2023). Psikoedukasi Mengenai Penerapan Komunikasi Efektif Antara Orang Tua Dengan Anak Untuk Meningkatkan Perilaku Positif Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 2(2), 59–68. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v2i2.671
  8. Feranina, T. M., & Komala, C. (2022). Sinergitas Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Karakter Anak. 6(1), 1–12.
  9. Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500
  10. Gestiardi, R. (2021). Strengthening the responsibility character education of elementary schools in the pandemic era. 1–11.
  11. Giantara, F., Kusdani, K., & Afrida, S. (2019). Peran Ayah Dalam Pendidikan Keluarga Di Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 234–245. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.459
  12. Hany Lusia Damayanti1, A. L. S. (2022). [Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta PGRI, 13760]. 20, 62–75.
  13. Helma, H., & Suryana, D. (2022). Peranan Keluarga dalam Pembinaan Akhlak Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6549–6558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1613
  14. Istiqomah, F. A., Nurhadi, & Hermawan, Y. (2021). Komunikasi Di Dalam Keluarga Antara Orang Tua Pekerja Dan Anak Di Kota Surakarta. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 210–220. https://doi.org/10.21009/jkkp.082.09
  15. Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460
  16. Jito Subianto. (2013). A . Pendahuluan Pendidikan adalah usaha meningkatkan diri dalam segala aspeknya . Pendidikan merupakan suatu yang integral dari kehidupan . Pendidikan berasal dari kata didik yang berarti memelihara dan membentuk latihan , jadi pendidikan adalah suatu usa. 8(2), 331–354.
  17. Khamalah, N., Agama, K., & Brebes, K. (2017). Jurnal kependidikan. 5(2), 200–215.
  18. Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67
  19. Masri, E. N. T. (2019). Hubungan karakter disiplin dan tanggung jawab terhadap nilai akhir mahasiswa calon guru. 7(2), 150–154.
  20. Maulidiyah, A., Muhammad, D. H., & Syahrin, A. (2022). Implementasi pendidikan karakter religius Dalam membentuk kepribadian siswa DI Madrasah Tsanawiyah Miftahussalam Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo Pendahuluan. 8(2), 29–44.
  21. Muliati, M., Zubair, M., & Basariah, B. (2022). Peran Orang Tua dalam Mendorong Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PPKn (Studi di Lingkungan Tolotongga). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1610–1614. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.821
  22. Murharyana, M., Al Ayyubi, I. I., & Rohmatulloh, R. (2023). Problematika Pendidikan Akhlak Di Lingkungan Keluarga. Al-Mau’izhoh, 4(2), 39. https://doi.org/10.31949/am.v4i2.4625
  23. Nasution, A., Rustiadi, E., Juanda, B., & Hadi, S. (2014). Dampak Partisipasi Dalam Kegiatan Kemasyarakatan Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Perdesaan Di Indonesia. Sosiohumaniora, 16(3), 222. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v16i3.5760
  24. Oxianus Sabarua, J., & Mornene, I. (2020). Komunikasi Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak. International Journal of Elementary Education, 4(1), 83. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24322
  25. Pratiwi, N. K. S. (2018). http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW. April, 83–91.
  26. Purnomo, E. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561
  27. Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital [Character Education in Primary School Children in the Digital Age]. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41.
  28. Putri, S. M., & Rahmi, A. (2022). Peranan Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pasca Pembelajaran Daring. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.100
  29. Rohmah, H. (2019). No Title. 4 No.01.
  30. Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. (2019). Character Education Value in the Expression of Hikmah in the. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 63–79.
  31. Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619
  32. Siti Harumatus Afiffah, Resa Respati, S. H. (2022). PERAN LAGU ANAK TERHADAP PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR Siti. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 38–54.
  33. Sri Astuti, Puri Pramudiani, Khusniyati Masykuroh, S. U. (2021). SINERGITAS GURU DAN ORANG TUA DALAM INTEGRASI NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 12, N(Pasal 3).
  34. Suryani, L., & Setiawati, F. A. (2021). Peran dan Kualitas Perkawinan Orang Tua terhadap Perilaku Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 977–988. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1561
  35. Suryono, H. (2019). JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 4(3), 47–61. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n3.2019
  36. Sutrisna, G. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS Gede. WIDYA ACCARYA, 12(1), 117–127.
  37. Tahsinia, J., Fikriyah, S., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Peran orang tua terhadap pembentukan karakter anak dalam menyikapi bullying. 3(1), 11–19.
  38. Tohir, M., Saputra, A., Arrosyad, M. I., Lathiifah, I. J., Apriani, F., Khilmi, D., & Firdausi, A. (2022). Meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan melalui seminar parenting di desa batu beriga. 2, 28–33.
  39. Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476
  40. Umar, M. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 108–139. https://doi.org/10.24239/msw.v12i1.591
  41. Wahyu Nugroho. (2022). Peran Orang Tua dalam Penanaman Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pasca Pandemic Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 853–862. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2791
  42. Waruwu, F. S. (2022). Pendekatan Pembelajaran Dalam Menstimulasi Kemampuan Interaksi Sosial Anak Di Taman Kanak-Kanak Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(02), 188–203. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i02.390
  43. Yanti, I. (2021). Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Penerapan Karakter Disiplin Siswa-Siswi di Sekolah Menengah Pertama. 1(2), 51–56.
  44. Yohanes Sukendara, V. A. Y. K. (2021). In Theos : Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi. 1(5), 165–172.
  45. Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740