Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji model pembelajaran sentra berbasis holistik yang memanfaatkan media Koja Tamu sebagai alat pendukung dalam pendidikan anak usia dini di RA Al Falah, Cipayung, Jakarta Timur. Model pembelajaran sentra, yang dikenal sebagai pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT), berfokus pada pengembangan potensi anak secara menyeluruh melalui tiga jenis bermain: sensorimotor, peran, dan konstruktif. Media Koja Tamu, atau kotak ajaib Taman Ilmu, adalah media pembelajaran berbahan dasar barang bekas yang dirancang untuk menyatukan berbagai kegiatan pembelajaran dalam satu kotak, sehingga dapat membantu anak berperan aktif, memecahkan masalah, dan mengembangkan keterampilan sosial serta kognitif. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan, melibatkan observasi, wawancara, dan analisis data dari hasil kegiatan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran sentra berbasis holistik dengan media Koja Tamu berhasil memfasilitasi perkembangan anak dalam aspek kognitif, bahasa, motorik, dan sosial-emosional. Media ini tidak hanya efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman anak, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengeksplorasi lingkungan dan belajar melalui pengalaman langsung. Kesimpulan menunjukkan bahwa model pembelajaran sentra berbasis holistik dengan penggunaan media Koja Tamu mendukung pelaksanaan pembelajaran yang bermakna dan relevan bagi anak-anak.


This research examines a holistic-based center learning model that utilizes Koja Tamu media as a supporting tool in early childhood education at RA Al Falah, Cipayung, East Jakarta. The center-based learning model, known as the Beyond Centers and Circle Time (BCCT) approach, focuses on developing children's full potential through three types of play: sensorimotor, role-playing, and constructive. The Koja Tamu media, or Taman Ilmu magic box, is a learning media made from used goods designed to bring together various learning activities in one box, so that it can help children play an active role, solve problems, and develop social and cognitive skills. The study used a qualitative approach with an action research method, involving observation, interviews, and data analysis of the results of activities in the field. The results show that the holistic-based center learning model with Koja Tamu media successfully facilitates children's development in cognitive, language, motor and social-emotional aspects. This media is not only effective in increasing children's interest and understanding, but also provides opportunities for them to explore the environment and learn through direct experience. The conclusion shows that the holistic-based center learning model with the use of Koja Tamu media supports the implementation of meaningful and relevant learning for children.

Keywords

berbasis holistik media koja tamu model sentra

Article Details

References

  1. Aulia Rahman, T., Fitri, N. L., & Aulia, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(02), 145–157. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i02.411
  2. Chandra, M. A. (2016). Pengembangan Media Kotak Ajaib Pada Pembelajaran Membaca Teks Narasi Siswa Di Kelas 4 Sekolah Dasar. 01, 1–23.
  3. Dwi Nopita Sari , Bukman Lian2, H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Magic Box (Kotak Ajaib) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Js (Jurnal Sekolah), 7(4), 635. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/48116
  4. Fitri, A. N., Steffani, C., & Afifah, S. (2022). Mengenal Model Paud Beyond Centre and Circle Time (Bcct) Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 72. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.944
  5. Hurlock, (2018 ) Perkembangan Anak, Jilid 1, Erlangga
  6. Khadijah, (2016 ) Pengembangan Kognitif anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya, Perdana Publishing Medan
  7. Madyawati,Lilis (2016 ) Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak, Prenada media Group Jakarta
  8. Nikmah, N., Inmaryanto, I., & Elfita, E. (2023). Mengembangkan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Permainan Kotak Ajaib Di Raudhatul Athfal Munzhiroh 3 Kulim Kota Pekanbaru. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.53398/jr.v2i2.199
  9. Novalina, E., Syafril, S., & Nopriansyah, U. (2023). Magic Box : Optimizing Children ’ s Ability to Recognize Letters. 06(02), 192–202.
  10. Novia, A. P., & Mahyuddin, N. (2020). Pembelajaran Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1247–1255.
  11. Nugraha,Ali dan Rachmawati (2014) Metode Pengembangan Sosial Emosional Anak, Universitas Terbuka Jakarta
  12. Oktaria,Renti (2019 ) Model Pembelajaran sentra, Yayasan petualang literasi Bandarlampung
  13. Putri, M. S. (2023). Model Pembelajaran Sentra dalam Pendidikan Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3793–3797. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2093
  14. Subakat, R. (2022). Perencanaan Pembelajaran Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Program Semai Benih Bangsa. Jurnal As-Salam, 6(1), 36–48. https://doi.org/10.37249/assalam.v6i1.363
  15. Sukardi, S. K., Adi, R., Owon, S., & Lautama, M. (2022). PENGGUNAAN MEDIA KOTAK AJAIB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPK VIRGO FIDELIS MAUMERE PADA MATERI TEKS PROSEDUR. 3(1), 90–103.
  16. Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
  17. Twiningsih, A., & Sayekti, T. (2019). Peningkatan Keterampilan Berhitung Siswa Melalui Media Kotak Ajaib Berbasis Stem Pada Materi Konsep Penjumlahan. Jurnal Pendidikan Dasar, P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801, 10–19.
  18. Usia, A., Di, D., Insan, T. K., Baubau, P., & Budiarti, E. (2023). Penerapan Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dalam Mengembangkan Karakter Mandiri , Disiplin dan Tanggungjawab. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 177–186.
  19. Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779