Main Article Content

Abstract

Ilmu Balaghah digunakan untuk mengkaji sampainya makna, di sisi lain terdapat ilmu analisis makna lain seperti hermeneutika dan stilistika. Ditengah kajian makna yang kompetitif, kajian terhadap Ilmu Balaghah dari sudut pandang filsafat diperlukan untuk mengokohkannya sebagai sebuah kajian yang mapan dan kontributif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, literatur terkait Balaghah dan wacana filsafat diramu untuk mengetahui duduk perkara balaghah dari sudut pandang ontologi, epistemologi dan Aksiologi. Hasil penelitian menujukkan bahwa secara ontologi Ilmu Balaghah berfungsi untuk menyampaikan makna jelas dengan ungkapan benar, berkesan di hati, sesuai situasi, terdapat 3 kajian cabang di dalamnya : Bayan, Maani, Badi'. Secara epistemologi, dilihat dari segi empirisme, rasionalisme, dan intuisi, penggunaan panca indera, akal, dan naluri menentukan makna dalam Balaghah. Secara Aksiologis nilai sampainya makna menjadi aspek yang paling penting.

Keywords

Filsafat Balaghah Ontologi Epistemologi Aksiologi

Article Details

References

  1. Akhdhori, Abd al-Rohman al-Shogir al-. t.t. al-Jauhar al-Maknun Fi Shodafi al-Tsalatsati al-Funun. Markaz al-Bashoir li al-Bahtsi al-’Alamiy.
  2. Alamiyah, Manahij Jamiah al-Madinah al-. 2011. al-Kitab : al-Balaghah 2 - al-Ma’ani. Universitas Madinah Internasional.
  3. Al-Hasan, Rasyid Naji. 2015. Ilm Al-Balaghah. Kuwait: Al-Wa’i Al-Islami.
  4. Al-Sakaki, Sirajuddin Abu Ya’qub. 1987. Miftah Al-’Ulum. Beirut: Dar Kutub Al-"ilmiyah.
  5. Al-Ulwi, Adil. t.t. “Qishoh Al-Sakaki Wa Al-Ishrar.”
  6. Atabik, Ahmad. 2014. “Teori Kebenaran Perspektif Filsafat Ilmu : Sebuah Kerangka Untuk Memahami Konstruksi Pengetahuan Agama” 2 (1).
  7. Barnett, Brian C. 2022. Pengantar Filsafat Epistemologi. Sleman: Antinomi. https://antinomi.org.
  8. Edwards, Rem Blanchard. 1995. Formal Axiology and Its Critics. Value Inquiry Book Series 33. Amsterdam Atlanta (Ga.): Ed. Rodopi.
  9. Hafidz, Muhammad. 2018. “MEMAHAMI BALAGHAH DENGAN MUDAH.” journal TA’LIMUNA 7 (2): 129. https://doi.org/10.32478/talimuna.v7i2.187.
  10. Halik, Abdul. 2020. “ILMU PENDIDIKAN ISLAM: PERSPEKTIF ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, AKSIOLOGI” 7 (2).
  11. Hardanti, Bethari Widiya. 2020. “LANDASAN ONTOLOGIS, AKSIOLOGIS, EPITESMOLOGIS ALIRAN FILSAFAT ESENSIALISME DAN PANDANGANYA TERHADAP PENDIDIKAN.” JURNAL REFORMA 9 (2): 87. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.320.
  12. Hasyimi, Ahmad al. 2008. Jawahir al-Balaghah fi al-Ma’ani wa al-Bayan wa al-Badi’. Beirut: al-Maktabah al-’Ashriyah.
  13. Jarim, Ali, dan Musthofa Amin. 2010. al-Balaghoh al-Wadhihah wa Dalil al-Balaghah al-Wadhihah. Kairo: Dar al-Ma’arif.
  14. Jurnal, Link, dan Totok Wahyu Abadi. 2016. “Aksiologi: Antara Etika, Moral, dan Estetika” 4 (2): 187–204. https://doi.org/10.21070/kanal.
  15. Kartanegara, Mulyadi. 2005. Integrasi Ilmu : Sebuah Rekontruksi Holistik. Jakarta: Mizan Pustaka.
  16. Katsir, Ibnu. 1994. Lubab Al-Tafsir li Ibn Katsir. Kairo: Muassasah Dar Al-Hilal.
  17. Lafamane, Felta. 2020. “KAJIAN STILISTIKA (Komponen Kajian Stilistika).” Preprint. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/5qjm4.
  18. Lintang, Daud. 2017. “Epistemologi Balaghah : Studi atas Miftah Al-Ulum Karya Al-Sakaki.”
  19. Luwis Ma’luf. 2008. Al-Munjdi Fi Al-Lughah. 29 ed. Beirut: Dar Al-Masyriq.
  20. Maedche, Alexander. 2002. “Ontology — Definition & Overview.” Dalam , 11–27. https://doi.org/10.1007/978-1-4615-0925-7_2.
  21. Mubarak, Faisal. 2014. “Selayang Pandang Perkembangan Balaghah (Telaah Kritis Terhadap Sejarah Perkembangan Balaghah).” Al-Maqoyis.
  22. Munn, Katherine, dan Barry Smith, ed. 2008. Applied Ontology. DE GRUYTER. https://doi.org/10.1515/9783110324860.
  23. Najwah, Nurun. 2018. “Kriteria Memilih Pasangan Hidup (Kajian Hermeneutika Hadis).” Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis 17 (1): 95. https://doi.org/10.14421/qh.2016.1701-05.
  24. Quthb, Sayyid. 1872. Tafsir fi Dzilal al-Qur’an. Kairo: Dar Al-Syuruq.
  25. Rahman, Roslan Ab, Wan Ismail Wan Abdullah, Nashaat Abdel Aziz Baioumy, Mohamad Zaidin Mohamad, Razali Musa, dan Muhammad Mahmud Abd al-Qadir. 2018. “The Relation of Balaghah in the Qur’an Verses with Islamic Faith.” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 8 (10): Pages 218-225. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v8-i10/4727.
  26. Rokhmah, Dewi. 2021. “ILMU DALAM TINJAUAN FILSAFAT: ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI.” CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman 7 (2).
  27. ———. t.t. “ILMU DALAM TINJAUAN FILSAFAT: ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI.”
  28. Shabriyah, Nabila Shema, dan Muhammad Nuruddien. 2022. “Kontribusi Ilmu Balaghah terhadap Makna dan Sastra yang Terkandung dalam Ayat-Ayat Al-Qur’an.”
  29. Suriasumantri, Jujun. 1999. Filsafat Ilmu : Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan.
  30. Suryaningsih, Iin, dan Hendrawanto Hendrawanto. 2018. “Ilmu Balaghah: Tasybih dalam Manuskrip ‘Syarh Fī Bayān al-Majāz wa al-Tasybīh wa al-Kināyah.’” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 4 (1): 1. https://doi.org/10.36722/sh.v4i1.245.
  31. Thonthowi, Muhammad Sayyid. 1997. al-Tafsir al-Wasith Li al-Qur’an al-Karim. 1 ed. Kairo: Dar Nahdhoh Mishr.
  32. Ulin Nuha, Muhammad Afthon, dan Faedurrohman Faedurrohman. 2022. “Manajemen Perencanaan Kurikulum Bahasa Arab (Tinjauan Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi).” Al-Muyassar: Journal of Arabic Education 1 (2): 203. https://doi.org/10.31000/al-muyassar.v1i2.6488.
  33. Unwakoly, Semuel. 2022. “Berpikir Kritis Dalam Filsafat Ilmu: Kajian Dalam Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi.” Jurnal Filsafat Indonesia 5 (2): 95–102. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42561.
  34. Wahab Syakhrani, Abdul, dan Saipul Rahli. 2022. “LATAR BELAKANG MUNCULNYA ILMU BALAGHAH, TOKOH-TOKOH, KARYA-KARYANYA DAN ASPEK-ASPEKNYA.” MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis 3 (1): 59–71. https://doi.org/10.54443/mushaf.v3i1.88.