Main Article Content

Abstract

Dalam hukum Islam, transaksi yang mengandung unsur ketidakpastian (gharar) dapat dianggap rusak jika ketidakpastian tersebut besar, tetapi tidak rusak jika ketidakpastian tersebut kecil. Penulis artikel ini mempunyai tujuan untuk mengkaji kapabilitas transaksi yang dianggap tidak sempurna, serta jenis-jenis gharar yang tidak diperbolehkan dan diperbolehkan berdasarkan kaidah hukum tersebut. Penelitian ini menetapkan metode kepustakaan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan gharar yang diperbolehkan adalah gharar yang kecil, yaitu gharar sebagian dari tradisi pasar atau jual beli dan tidak merugikan salah satu pihak atau pihak-pihak terkait.


In Islamic law, transactions that contain elements of uncertainty (gharar) can be considered invalid if the uncertainty is great, but not invalid if the uncertainty is small. The author of this article aims to examine the capacity of transactions that are considered imperfect, as well as the types of gharar that are not allowed and allowed based on these legal principles. This research uses a literature review method with descriptive analysis. The results of the study show that the gharar that is allowed is the small gharar, which is gharar that has become part of the market or trade tradition and does not harm any party or parties involved.

Keywords

Gharar Kaidah Fiqh Transaksi

Article Details

References

  1. Ad-Dasuqi. (n.d.). Hasyiyah ad-Dasuqi ‘ala asy-Syarh al-Kabir. In Jilid 3.
  2. Aksamawanti, A. (2019). Gharar : Hakikat dan Pengaruhnya Terhadap Akad. Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum, 5(01). https://doi.org/10.32699/syariati.v5i01.1184
  3. Al-Jauziyyah, I. Q. (n.d.). Zaadul Ma’ad fi Hadyi Khoiril ‘Ibad,. In Jilid 5.
  4. Al-Saati, A. (2003). The Permissible Gharar (Risk) in Classical Islamic Jurisprudence. Journal of King Abdulaziz University-Islamic Economics, 16(2), 3–19.
  5. Al-Zarqa, M. A. (1983). al-Madkhâl al-Fiqh al- Amm. In Juz 2. Damaskus: Mathba’ah Jâmi’ah.
  6. Al-Zuhayli, W. (2004). Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuh. In Juz 5. Damaskus: Dar Al-Fikr.
  7. Ariyani, N., Yulianti, T. A., & Mufidah, M. R. (2021). Pemahaman Konsep Gharar Di Masyarakat Dalam Melakukan Muamalah Sehari-Hari. Prosiding Pekan Ilmiah Mahasiswa UNIS, 1(1).
  8. Hamzah Muchtar, E. (2017). Muamalah Terlarang: Maysir dan Gharar. Jurnal Asy-Syukriyyah, 18(1), 82–100.
  9. https://doi.org/10.24239/tadayun.v2i2.23 14
  10. https://doi.org/10.29240/alquds.v5i1.2194
  11. https://doi.org/https://doi.org/10.36769/asy.v18i1.73
  12. Karim, A. (2004). Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  13. Karim, A. A., & Sahroni, O. (2016). Riba, Gharar dan kaidah-kaidah Ekonomi Syariah; Analisis Fikih dan Ekonomi. Jakarta: Rajawali Pers.
  14. Khairunisa, P. N. (2019). Etika Bisnis Dalam Islam Terhadap Transaksi. 03(2), 190–203. https://doi.org/https://doi.org/10.33507/labatila.v3i02.233
  15. Munib, A. (2018). Hukum Islam Dan Muamalah (Asas-Asas Hukum Islam Dalam Bidang Muamalah). Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31102/alulum.5.1.2018.72-80
  16. Nasution, Y. S. J., Ardiansyah, A., & Firmansyah, H. (2021). Hadis-Hadis Tentang Jual Beli Gharar dan Bentuknya Pada Masa Kontemporer. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 5(1).
  17. Nawir, M. (2021). Kontekstualisasi Pemahaman Hadis Nabi Tentang Riba. Tadayun: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(2), 101–116.