Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sintesa Pendidikan dalam interpretasi kajian tematik istilah-istilah yang tercangkum dalam konotasi Pendidikan. Penelitian ini hasil dari kajian literatur mengunakan kamus Fatur Rahman yang dedikasinya adalah Al-Qur’an yaitu tentang Tarbiyyah, Ta’li, tadris, ta’dib dan Tazkiyyah. Metode  yang digunakan dengan tafsir maudhu’i yaitu dengan upaya mendekati Al-Quran secara tematis yang dilakukan dengan cara menghimpun dan mengumpulkan seluruh ayat yang memiliki kesamaan makna kemudian menganalisisnya dari berbagai aspek kajian, untuk selanjutnya menyajikan hasil tafsiran ke dalam satu tema bahasan tertentu dengan analisis Miles Huberman penelitian ini menyimpulkan bahwa kelima istilah ini dideskrifsikan dengan utuh yang searah dengan perkembangan Pendidikan saat ini maka, dinamika kemanusiaan yang sebagai wakil Tuhan di muka bumi untuk menyampaikan da’wah dan Pendidikan dimuka bumi ini. Maka dari itu Pendidikan yang sesuai dengan istilah ini bisa digunakan untuk rumusan visi, misi dan tujuan Pendidikan dari segala disiplin keilmuan dan pada jenjang Pendidikan, baik formal maupun non formal.


The purpose of this research is to identify the synthesis of education in the interpretation of the thematic studies of terms that are included in the connotation of education. This research is the result of a literature review using Fatur Rahman's dictionary whose dedication is the Qur'an, namely Tarbiyyah, Ta'li, tadris, ta'dib and Tazkiyyah. The method used with maudhu'i interpretation is by approaching the Al-Quran thematically which is done by collecting and collecting all verses that have the same meaning and then analyzing them from various aspects of the study, then presenting the results of the interpretation into a particular topic of discussion with analysis Miles Huberman in this research concludes that these five terms are fully described which are in line with the current development of education, therefore, the dynamics of humanity as God's representatives on earth to convey da'wah and education on this earth. Their education in accordance with this term can be used to formulate the vision, mission and goals of education from all scientific disciplines and at the level of education, both formal and non-formal.

Keywords

Pendididkan Tarbiyyah Ta’lim Tadris Ta’dib dan Tazkiyyah

Article Details

References

  1. ‘Athiyah al-Abrasyi, Muhammad, Ruh al-Tarbiyyahwa al-Ta’lim, (Saudi Arabia: Dar al-Ahya, t.th), Abu Ja’far Muhammad Ibn Jarir Ath-Thabari, Abu, Jami al-Bayan ‘an Ta’wil ayil-Qur’an, (Beirut: Dar al-Fikr, 1988.
  2. Abdul Fatah Jalal, Abdul, Min al-Ushul al-Tarbawiyyah fi al-Islam, (Kairo: Markaz Dauly li at- Ta’lim al-Wahdhifi li al-Kubar fi al-Ilm al-Araby, 1977), h.26.
  3. Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh, Lubaabut Tafsir Ibni Katsir (Terjmh), ( Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2008 )
  4. Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh. Tafsir Ibnu Katsir, ter. M. 'Abdul Ghoffar (Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi'I, 2009), h. 309
  5. Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di. Syaikh, (2016). “Tafsir Al-Qur’an”, (Jakarta: PT.Darul Haq, 2016)
  6. Abdurrahman, Mulyono, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta, PT. Rhinneka Cipta, Jakarta, 1998)
  7. Abu Ja’far Muhammad ibn Jarir At-Tabari, Al-Imam, Tafsir At-Tabari, Juz I (Beirut: Dar al- Fikr, 1398/1978)
  8. Abul Fida Isma’il Ibnu Katsir, Al-Imam, Tafsir Ibnu Katsir Juz 1, Bandung: Sinar Baru al-Gensindo 2002)
  9. Al-Asfahani, Al-Raghib, Mu’jam Mufradat Alfaz al-Qur‟an, (Beirut: Dar al-Fikr, t.th.)
  10. Al-Attas, Muhammad Naquib, Konsep Pendidikan Dalam Islam. (Bandung: Mizan, 1988), Rusiadi, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Cet. Ke II, (Jakarta: Sedaun, 2012)
  11. Al-Bâqî, Abdul, Mu’jam al-Mufahras li al-Fâz al-Qur’an al-Karim (Indonesia: Maktabah Wilhan tt)
  12. Al-Hasani Al-Maqdisi, Faidullah, Fatur Rahman li Thalibi Aayatil Qur’an (Darul Fikr : Bairut., 1995)
  13. Al-Sawi, Ahmad. Al-Sawi ‘Ala Al-Jalalayn Jilid IV. .tp: Dar-al-ihya Al-Kutub Al-Arabiyyah Isa al-Babi al-Halabi t.th. hlm 189.
  14. AM, Sudirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Cet. VII; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000)
  15. Arifin. H.M, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: PT Bumi Aksara, 1996)
  16. Arifin. H.M, Ilmu Pendidikan Islam; Suatu Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisippliner (Jakata: Bumi Aksara, 1993)
  17. Arifin. H.M, Kapita Selekta Pendidikan Islam (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003)
  18. As’ad, Mahrus, Perspektif Al-Qur'an tentang Pemberdayaan Pengajaran Bahasa Asing yang Humanistik. (Bandung: Al-Bayan, 2019).
  19. Asy Syaikh Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin, Ulasan Kitab Hadits…”,
  20. Az-Zuhaili. Wahbah, Tafsir Al Wasith, (Jakarta: PT. Gema Insani, 2002)
  21. Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis) (Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
  22. Basyir, Hikmat, dkk, Tafsir Muyassar, (Jakarta: Darul Haq , 2016)
  23. Burton, W.H, The Guidance of the Learning Activities (New York: Appleton-Century- Crofts, 1975
  24. Daradjat, Zakiah, dkk.,Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam (Cet. IV; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008)
  25. Daradjat, Zakiyah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 1996),
  26. Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Vol. 3 (Jakarta: Balai Pustaka, 2005)
  27. Djmarah, Sayful Bahri., Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
  28. Faidullah Al-Hasani Al-Maqdisi, Fatur Rahman li Thalibi Aayatil Qur’an (Darul Fikr: Bairut., 1995)
  29. Fakhruddín al-Râzi, Imam, Tafsír al-Kabír, Jilid X. Juz XX (Cet. I. Beirut: Dâr al-Kutub al- ’Ilmiyah, 1990)
  30. Fatah Jalal, Abdul, Min al-Ushul al-Tarbawiyyah fi al-Islam, (Kairo: Markaz Dauly li at- Ta’lim al-Wahdhifi li al-Kubar fi al-Ilm al-Araby, 1977)
  31. Fattah Jalal, Abdul, Azas-azas Pendidikan Islam, terj. Herry Noer, Bandung: Diponegoro, 1988)
  32. Fu’ad ‘Abdul al- Bâqî, Muhammad, Mu’jam al-Mufahras li al-Fâz al-Qur’an al-Karim (Indonesia: Maktabah Wilhan tt)
  33. Fu’ad Abdul Baqi, Muhammad, Al-Mu’jam al-Mufahras ii alfaz al-Qur’an al-Karim (Kairo: Dar al-Hadis, 1980)
  34. Hamka, Tafsir Al-Azhar, (Surabaya: Yayasan Latimojong, 1982)
  35. Hamka. Tafsir Al-Azhar Singapura: Kerjaya Printing Industrie, 2003), h.203
  36. Hawwa, Said, Almustakhlash Fii Tazkiyatil Anfus, alih bahasa oleh: Ainur Rafiq Shaleh Tahmid, Mensucikan Jiwa: Konsep Tazkiyatun Nafs Terpadu, Jakarta, Robbani Press, 1999)
  37. Hayy al-Farmâwî, Abdul, Al-Bidâyah Fi at-Tafsîr al- Maudhû’I: Dirâsah Manhâjiyyah Maudhu’iyyah, penterjemah Rosihan Anwar, Cet I, (Mesir: Maktabah Jumhuriyyah. Bandung: Pustaka Setia, 2002)
  38. Hayy al-Farmâwî, Abdul, Al-Bidâyah Fi at-Tafsîr al- Maudhû’i: Dirâsah Manhâjiyyah Maudhu’iyyah, penterjemah Rosihan Anwar, Cet I, (Mesir: Maktabah Jumhuriyyah. Bandung: Pustaka Setia, 2002) Munir, Munir, Tafsir Tarbawi: Mengungkap Pesan-Pesan Al-Quran Tentang Pendidikan, (Yogyakarta:Teras, 2008)
  39. J. Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000),
  40. Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin As-Suyuthi, Jalaludin, Tafsir Jalalain. Terjm. Bahrun Abu Bakar (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2010)
  41. Jalaluddin Muhammad bin Ahmad, Al-Imam “Tafsir Jalalain”, (Surabaya: PT. eLBA Fitrah Mandiri Sejahtera, 2015)
  42. Jalaluddin. Teologi Pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003),
  43. Kementerian Agama Republik Indonesia.Al-Qur’an Al-Karim Dan Terjemahnya Edisi Keluarga. (Surabaya: Halim, 2013)
  44. Khairani, Makmun, Psikologi Belajar, (Aswaja Pressindo, Yogyakarta, 2013)
  45. Kunandar, Guru Profesional Impelementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008)
  46. Langgulung, Hasan, “Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam” (Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1980)
  47. Mahali, A. Mudjab. 1989. Asbabun Nuzul Studi Pendalaman Al-Qur‟an. Jakarta: CV. Rajawali. 1989)
  48. Mahali, A. Mudjab. Asbabun Nuzul Studi Pendalaman Al-Qur‟an. Jakarta: CV. Rajawali. 1989)
  49. Mahmud Hijazi, Muhammad, Al-Wahdah Al-Maudhû’î fî Alquran, h. 23-24, dalam. ‘Abdul Hayy al-Farmâwî, Al-Bidâyah Fi at-Tafsîr al- Maudhû’I : Dirâsah Manhâjiyyah Maudhu’iyyah.
  50. Maksum, Madrasah Sejarah dan Perkembangannya (Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)
  51. Malik Abdul Karim Amrullah (Hamka), Abdul, Tafsir Al-Azhar, Jilid 1,(Jakarta: PT Mitra Kerjaya Indonesia, cet. Ke-6, 2005)
  52. Muhammad al-Naquib Al-Attas, Syed, The Concept of Education in Islam: A Frame Work for an Islamic Philosophy of Education. Diterjemahkan oleh Haidar Baqir dengan judul “ Konsep Pendidikan Dalam Islam: Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam” (Cet. I ; Bandung: Mizan, 1984)
  53. Muhammad Nasib Ar-Rifa’i, Muhammad, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, (Jakarta: Gema Insani, 2000)
  54. Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 200)
  55. Mujib, Abdul, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2006), Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: CV. Penerbit Diponegoro)
  56. Mushthafa Al-Maraghiy, Ahmad, Tafsir Al-Maraghiy, Cet 2, terj. Anwar Rasyidi dkk Juz 23 (Semarang: Toha Putra, 1993)
  57. Musthafa Al-Maraghi, Ahmad, At-Tafsir Maraghi, Juz 1 (Muqadimmah)(Bairut : PT dar Al-Fikr, 1974)
  58. Musthafa Al-Marâghi, Ahmad, Tafsír al-Marâghi, Jilid I ( Cet.IV; Mesir: Musthafa al-Bâb al-Halaby,1969) 139-140 atau Ahmad Mustafa al-Maragi, Tafsir al-Maragi, Juz 1, (Semarang: CV. Toha Putra Semarang, cet. Ke-2, 1992)
  59. Nasib Ar-rifa‟I , Muhammad, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir jilid 4, (Jakarta : Gema Insani, 2012)
  60. Nasution, Noehi, Materi Pokok Psikologi Pendidikan (Jakarta: Ditjen Binbaga Islam dan Universitas Terbuka, 1997)
  61. Nata, Abuddin, (2002). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada)
  62. Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarata: Logos Wacana Ilmu, 1997)
  63. Nata, Abudin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997)
  64. Nizar, Samsul, Pengantar dasar-dasar pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1989)
  65. Nurmawati, Evaluasi Pendidikan Persfektif Al-Qur’an, (Medan, PT. Perdana Publishing, 2018)
  66. Qura, Ummul, Pendidikan Islam, Jurnal: Pendidikan: Vol. VI, No. 2 (September, 2015)
  67. Quraish Shihab, M, Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, (Jakarta: PT. Lentera Hati. 2002)
  68. Quraish Shihab, M, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesandan Keserasian Al-Qur‟an jilid. 15.(Jakarta: PT. Lentera Hati, 2004)
  69. Quraish Shihab, M, Tafsir Al-Mishbah Volume 14, Cet IV, (Jakarta: Lentera Hati, 2011), 447-448
  70. Quraish Shihab, M. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, (Jakarta : Lentera Hati, 2002)
  71. Rahardjo, Dawan, Ensiklopedi Al-Qur’an; Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci (Jakarta: Paramadina, 1996)
  72. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2002)
  73. Rasyid Ridha, Muhammad, Tafsir al-Manar, (Kairo: Dar al-Fikr, cet. 2, 1969), Jilid 1
  74. Ridwan, Yayan, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. Ke I, (Jakarta: Sedaun, 2011)
  75. Ross, C.C, dan J. C. Stanley, Measurement in Today’s Schools (New York: Prentice-Hall, 1956).
  76. Satori, Djam’an dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: Alfabeta, 2007)
  77. Satori, Djaman, dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Hlm,
  78. Sudijono, Anas, Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996)
  79. Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D (Bandung : PT. Alfabeta, 2012)
  80. Suriansyah. Ahmad, Landasan Pendidikan (Banjarmasin: Comdes, 2011)
  81. Sutikno, Sobry, Menuju Pendidikan bermutu. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)
  82. Syafaruddin, Pendidikan & Tranformasi Sosial. Bandung: PT. Cita Pustaka Media Perintis, 2009)
  83. Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Cet. XV; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010)
  84. Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al Qur’an, Bandung: Alfabeta, 2009)
  85. Tafsir, Ahmad, llmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992)
  86. Tauhid, Abu, Beberapa Aspek Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah IAIN Suanan Kalijaga.: Yogyakarta, 1990)
  87. Thorndike, R.I, dan E. B. Hagen, Measurement and Evaluation in Psychology and Education (New York: Wiley and Sons, 1959). Dikutip dalam Abin Syamsuddin Makmun, Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul (Cet IX; Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2007
  88. Uchjana Efendy, Onong, Human Relation dan Public Relation (Bandung: PT. Mandar Maju, 1993)
  89. Uthmani, Muhammad Naja’I Al-Qur’an wa ‘Ilm Al-Nafs, terj-Hedi Fajar,ed. Agus Salim (Bandung: CV. Marja, 2010)
  90. W. Creswell, John (Penerjemah Achmad Fawaid dan Rinayanti Kusmini Pancasari), Research Design, Qualitatife, Quantitatif and Mixed Methods Approaches, Fourt Edition, Sage Publication, (Yogyakarta, PT. Penerbit Pustaka Pelajar, 2014)
  91. William C. Sufism: A short Introduction, Chittick, diterjemahkan Zainul, Tasawuf di Mata Kaum Sufi, Bandung, Mizan, 2002)
  92. Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Askara, 2008)