Main Article Content
Abstract
Perubahan iklim merupakan salah satu tantangan global yang berdampak luas terhadap ekosistem bumi dan kehidupan manusia. Dalam perspektif islam, perubahan iklim merupakan fenomena alam yang memerlukan perhatian serius karena dampaknya terhadap kesejahteraan umat manusia dan kelestarian alam. Studi awal ini bertujuan untuk mengemukakan pandangan Islam mengenai perubahan iklim, dengan fokus pada pemahaman etika lingkungan dan tanggung jawab manusia sebagai khalifah (pengelola) bumi. Oleh karena itu, tantangan perubahan iklim harus diatasi melalui upaya bersama yang meliputi pengurangan emisi karbon, pelestarian sumber daya alam, dan advokasi untuk keadilan sosial dalam konteks lingkungan. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif, data yang didapat dari website, perpustakaan online, buku, dan jurnal. Hasil utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa Islam mengajarkan pentingnya menjaga keseimbangan alam dan mendorong umatnya untuk berperan sebagai pelindung bumi. Prinsip-prinsip etika lingkungan dalam Islam menegaskan bahwa manusia memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga alam sebagai amanah dari Allah SWT. Dan semoga tulisan ini dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang peran agama dalam konteks perubahan iklim global.
Climate change is one of the global challenges that has a wide impact on the earth's ecosystem and human life. From an Islamic perspective, climate change is a natural phenomenon that requires serious attention because of its impact on the welfare of mankind and the preservation of nature. This initial study aims to put forward the Islamic view on climate change, focusing on the understanding of environmental ethics and human responsibility as khalifah (manager) of the earth. Therefore, the challenges of climate change must be addressed through joint efforts that include reducing carbon emissions, conserving natural resources, and advocating for social justice in the environmental context. the method used is a qualitative approach, data obtained from websites, online libraries, books and journals. The main results of this study show that Islam teaches the importance of maintaining the balance of nature and encourages its people to play a role as protectors of the earth. The principles of environmental ethics in Islam emphasize that humans have a moral responsibility to protect nature as a mandate from Allah SWT. And hopefully this paper can contribute to the understanding of the role of religion in the context of global climate change.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Ahmad, Hamsir. 2016. “Makalah Pemanasan Global Dan Perubahan Iklim.” Scribd.
- Ahmad, Maghfur. 2022. Jihad Melawan Perubahan Iklim. Scientist Publishing.
- Agusalim, Lestari, and Muhamad Karim. 2023. Transformasi Ajaran Agama Melawan Krisis Iklim. 1st ed.
- Ainurrohmah, Silfia, and Sudarti Sudarti. 2022. “Analisis Perubahan Iklim Dan Global Warming Yang Terjadi Sebagai Fase Kritis.” Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan 3 (3): 1. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.13359.
- Alwizar. 2016. “KERUSAKAN LINGKUNGAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN Oleh : Dr. Alwizar, M.Ag.” Jurnal Pendidikan Tambusai 2 (1): 1–22. http://repository.uin-suska.ac.id/.
- Cholili, M. S. (2016). Konservasi Sumberdaya Alam Dalam Islam Sebagai Wujud Pendidikan dan Akhlaq Manusia terhadap Lingkungan. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 3(1), 74–86.
- Fahmi, Agus. 2023. “Konservasi Alam Dalam Perspektif Etika Keilmuan Islam Dalam Perubahan Iklim.” Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perkebunan 5 (1): 16–29. https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/JIIP.
- Hairiah, Kurniatun. 2013. “Perubahan Iklim Global: Penyebab Dan Dampaknya Terhadap Lingkungan Dan Kehidupan.” Universitas Brawijaya, 1–141.
- Haryanto, Handrix Chris, and Sowanya Ardi Prahara. 2019. “Perubahan Iklim, Siapa Yang Bertanggung Jawab?” Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi 21 (2): 50–61. https://doi.org/10.26486/psikologi.v21i2.811.
- Hidayatulloh, Helmy. 2019. “Islam Dan Sains Perspektif Nurcholish Madjid.” Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin 5: 22–34. https://doi.org/10.15408/ushuluna.v1i1.15341.
- Hilabi, Abdurrahman. 2020. “Thawalib : Jurnal Kependidikan Islam” 1 (1): 45–52.
- Hilabi. 2023. “Dakwah Lingkungan Sebagai Alternatif Dalam Menyelesaikan Masalah Perubahan Iklim.” Syiar: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 3 (1): 1–8. https://doi.org/10.54150/syiar.v3i1.195.
- Ilyas, R. (2015). Konsep Mashlahah dalam Konsumsi Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 1(1), 9–24.
- Ilyas, Rahmat. 2016. “Manusia Sebagai Khalifah Dalam Persfektif Islam.” Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 7 (1): 169–95. https://doi.org/10.32923/maw.v7i1.610
- Jainuddin, Nanang. 2023. “Hubungan Antara Alam Dan Manusia Menurut Pandangan Islam.” Agustus 3 (2): 2809–3712.
- Kadarusman, Rafi Rasyad, Yeni Huriani, and Wahyudin Darmalaksana. 2022. “Islam Dan Perubahan Iklim Global: Studi Transmisi Hadis Era Kontemporer.” Gunung Djati 8 (328): 786–96. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/638/446.
- Kurnia Alfi, and Sudarti. 2021. “Efek Rumah Kaca Oleh Kendaraan Bermotor.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains 4 (2): 1–9.
- Leu, Baktiar. 2021. “Dampak Pemanasan Global Dan Upaya Pengen- Daliannya Melalui Pendidikan Lingkungan.” Jurnal At Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB 5 (2): 1–15.
- Meyresta Wijaya, Lovina, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto. 2022. “ETIKA PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM BERKELANJUTAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM Lovina.” Journal of Islamic Economics and Philanthropy (JIEP) 05: 125–38. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026.
- Prastiko, Taufiq Yugo. 2022. “Dinamika Cuaca Dan Iklim Perspektif Al-Quran Dan Sains.”
- Ritonga, Muhammad Soleh. 2018. “Alam Semesta Dalam Pandangan Filosofi Islam Dan Ahli Tafsir.” Alashriyyah 4 (2): 12–12.
- Rosia, R., Amalia, A., Syarifah, A., Rahmawati, L., Syariah, N., & Miskiyah, Z. (2021).
- PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENCIPTAKAN HUMAN
- WELFARE (Perspektif Ekonomi Islam). Al Hisab: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 12– 26
- http://jurnal.nuruliman.or.id/index.php/alashriyyah/article/view/40.
- Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6 (1): 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.
- Sartika, S B, Supriyadi, and Akbar Wiguna. 2023. “Modul Elektronik Berbasis Android Materi Perubahan Iklim Terintegrasi Nilai-Nilai Islam.” Edukasi Islami … 12: 2821–40. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4852.
- Sartika, Septi Budi, and Akbar Wiguna. 2022. “Procedia of Social Sciences and Humanities Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Materi Perubahan Iklim Dalam Perspektif Teknologi Pembelajaran Procedia of Social Sciences and Humanities,” 1489–97.
- Sukarni, 2016. “REVITALISASI ECOSOFI DAN ECO TAUHID (Alternatif etika lingkungan Ulama Banjar).” Dalam . https://idr.uin-antasari.ac.id/6321/.
- Yuliani, Wiwin. 2018. “METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING.” QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan 2: 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.