Main Article Content

Abstract

Perubahan iklim merupakan salah satu tantangan global yang berdampak luas terhadap ekosistem bumi dan kehidupan manusia. Dalam perspektif islam, perubahan iklim merupakan fenomena alam yang memerlukan perhatian serius karena dampaknya terhadap kesejahteraan umat manusia dan kelestarian alam. Studi awal ini bertujuan untuk mengemukakan pandangan Islam mengenai perubahan iklim, dengan fokus pada pemahaman etika lingkungan dan tanggung jawab manusia sebagai khalifah (pengelola) bumi. Oleh karena itu, tantangan perubahan iklim harus diatasi melalui upaya bersama yang meliputi pengurangan emisi karbon, pelestarian sumber daya alam, dan advokasi untuk keadilan sosial dalam konteks lingkungan. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif, data yang didapat dari website, perpustakaan online, buku, dan jurnal. Hasil utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa Islam mengajarkan pentingnya menjaga keseimbangan alam dan mendorong umatnya untuk berperan sebagai pelindung bumi. Prinsip-prinsip etika lingkungan dalam Islam menegaskan bahwa manusia memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga alam sebagai amanah dari Allah SWT. Dan semoga tulisan ini dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang peran agama dalam konteks perubahan iklim global.


Climate change is one of the global challenges that has a wide impact on the earth's ecosystem and human life. From an Islamic perspective, climate change is a natural phenomenon that requires serious attention because of its impact on the welfare of mankind and the preservation of nature. This initial study aims to put forward the Islamic view on climate change, focusing on the understanding of environmental ethics and human responsibility as khalifah (manager) of the earth. Therefore, the challenges of climate change must be addressed through joint efforts that include reducing carbon emissions, conserving natural resources, and advocating for social justice in the environmental context. the method used is a qualitative approach, data obtained from websites, online libraries, books and journals. The main results of this study show that Islam teaches the importance of maintaining the balance of nature and encourages its people to play a role as protectors of the earth. The principles of environmental ethics in Islam emphasize that humans have a moral responsibility to protect nature as a mandate from Allah SWT. And hopefully this paper can contribute to the understanding of the role of religion in the context of global climate change.

Keywords

perspektif islam Perubahan iklim

Article Details

References

  1. Ahmad, Hamsir. 2016. “Makalah Pemanasan Global Dan Perubahan Iklim.” Scribd.
  2. Ahmad, Maghfur. 2022. Jihad Melawan Perubahan Iklim. Scientist Publishing.
  3. Agusalim, Lestari, and Muhamad Karim. 2023. Transformasi Ajaran Agama Melawan Krisis Iklim. 1st ed.
  4. Ainurrohmah, Silfia, and Sudarti Sudarti. 2022. “Analisis Perubahan Iklim Dan Global Warming Yang Terjadi Sebagai Fase Kritis.” Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan 3 (3): 1. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.13359.
  5. Alwizar. 2016. “KERUSAKAN LINGKUNGAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN Oleh : Dr. Alwizar, M.Ag.” Jurnal Pendidikan Tambusai 2 (1): 1–22. http://repository.uin-suska.ac.id/.
  6. Cholili, M. S. (2016). Konservasi Sumberdaya Alam Dalam Islam Sebagai Wujud Pendidikan dan Akhlaq Manusia terhadap Lingkungan. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 3(1), 74–86.
  7. Fahmi, Agus. 2023. “Konservasi Alam Dalam Perspektif Etika Keilmuan Islam Dalam Perubahan Iklim.” Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perkebunan 5 (1): 16–29. https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/JIIP.
  8. Hairiah, Kurniatun. 2013. “Perubahan Iklim Global: Penyebab Dan Dampaknya Terhadap Lingkungan Dan Kehidupan.” Universitas Brawijaya, 1–141.
  9. Haryanto, Handrix Chris, and Sowanya Ardi Prahara. 2019. “Perubahan Iklim, Siapa Yang Bertanggung Jawab?” Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi 21 (2): 50–61. https://doi.org/10.26486/psikologi.v21i2.811.
  10. Hidayatulloh, Helmy. 2019. “Islam Dan Sains Perspektif Nurcholish Madjid.” Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin 5: 22–34. https://doi.org/10.15408/ushuluna.v1i1.15341.
  11. Hilabi, Abdurrahman. 2020. “Thawalib : Jurnal Kependidikan Islam” 1 (1): 45–52.
  12. Hilabi. 2023. “Dakwah Lingkungan Sebagai Alternatif Dalam Menyelesaikan Masalah Perubahan Iklim.” Syiar: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 3 (1): 1–8. https://doi.org/10.54150/syiar.v3i1.195.
  13. Ilyas, R. (2015). Konsep Mashlahah dalam Konsumsi Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 1(1), 9–24.
  14. Ilyas, Rahmat. 2016. “Manusia Sebagai Khalifah Dalam Persfektif Islam.” Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 7 (1): 169–95. https://doi.org/10.32923/maw.v7i1.610
  15. Jainuddin, Nanang. 2023. “Hubungan Antara Alam Dan Manusia Menurut Pandangan Islam.” Agustus 3 (2): 2809–3712.
  16. Kadarusman, Rafi Rasyad, Yeni Huriani, and Wahyudin Darmalaksana. 2022. “Islam Dan Perubahan Iklim Global: Studi Transmisi Hadis Era Kontemporer.” Gunung Djati 8 (328): 786–96. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/638/446.
  17. Kurnia Alfi, and Sudarti. 2021. “Efek Rumah Kaca Oleh Kendaraan Bermotor.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains 4 (2): 1–9.
  18. Leu, Baktiar. 2021. “Dampak Pemanasan Global Dan Upaya Pengen- Daliannya Melalui Pendidikan Lingkungan.” Jurnal At Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB 5 (2): 1–15.
  19. Meyresta Wijaya, Lovina, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto. 2022. “ETIKA PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM BERKELANJUTAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM Lovina.” Journal of Islamic Economics and Philanthropy (JIEP) 05: 125–38. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026.
  20. Prastiko, Taufiq Yugo. 2022. “Dinamika Cuaca Dan Iklim Perspektif Al-Quran Dan Sains.”
  21. Ritonga, Muhammad Soleh. 2018. “Alam Semesta Dalam Pandangan Filosofi Islam Dan Ahli Tafsir.” Alashriyyah 4 (2): 12–12.
  22. Rosia, R., Amalia, A., Syarifah, A., Rahmawati, L., Syariah, N., & Miskiyah, Z. (2021).
  23. PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENCIPTAKAN HUMAN
  24. WELFARE (Perspektif Ekonomi Islam). Al Hisab: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 12– 26
  25. http://jurnal.nuruliman.or.id/index.php/alashriyyah/article/view/40.
  26. Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6 (1): 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.
  27. Sartika, S B, Supriyadi, and Akbar Wiguna. 2023. “Modul Elektronik Berbasis Android Materi Perubahan Iklim Terintegrasi Nilai-Nilai Islam.” Edukasi Islami … 12: 2821–40. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4852.
  28. Sartika, Septi Budi, and Akbar Wiguna. 2022. “Procedia of Social Sciences and Humanities Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Materi Perubahan Iklim Dalam Perspektif Teknologi Pembelajaran Procedia of Social Sciences and Humanities,” 1489–97.
  29. Sukarni, 2016. “REVITALISASI ECOSOFI DAN ECO TAUHID (Alternatif etika lingkungan Ulama Banjar).” Dalam . https://idr.uin-antasari.ac.id/6321/.
  30. Yuliani, Wiwin. 2018. “METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING.” QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan 2: 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.