Main Article Content

Abstract

Masifnya penggunaan sarana elektronik untuk mendapatkan informasi selain membawa dampak positif disatu sisi, pada sisi lain juga berdampak negatif tanpa adanya filterisasi yang baik. Dampak negatif yang dapat ditimbulkan salah satunya adalah maraknya berita bohong (hoaks), artikel ini hendak mengulas terkait ayat tentang berita bohong (hoaks) yang merefleksikan hubugan antara manusia dengan manusia lain (muamalah) yang direpresentasikan dengan kata ′ifk dalam Al-Qur’an yang hendak dilihat dengan perspektif ma‘nā cum maghzā sehingga menghasilkan signifikansi baru agar tidak menerima mentah informasi dari siapapun. Tulisan ini hendak menjawab dua problem utama tentang apa urgensi pengaplikasian pendekatan ma‘nā cum maghzā dalam penafsiran Al-Qur’an dan bagaimana rekonstruksi signifikansi ayat tentang hoaks dalam Al-Qur’an dengan pendekatan ma‘nā cum maghzā. Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa, pertama, pendekatan ma‘nā cum maghzā dibutuhkan untuk merekonstruksi ulang signifikansi yang terkandung dalam Al-Qur’an dalan konteks kekinian dan kedisinian; kedua, signifikansi ayat tentang hoaks dalam konteks kekinian setidaknya ada empat di antaranya: 1) Membangun mindset positif; 2) Pentingnya melakukan klarifikasi; 3) Keburukan merupakan konsekuensi hoaks; 4) Objek hoaks adalah individu atau kolektif yang mempunyai kedudukan; 5) Hoaks dapat bersumber dari siapapun.


The massive use of electronic means to obtain information in addition to bringing positive impacts on the one hand, on the other hand also has a negative impact without good filtering. This article wants to review the verse about fake news (hoax) which reflects the relationship between humans and other humans (muamalah) represented by the word ′ifk in the Qur'an which is to be seen from the perspective of ma'nā cum maghzā so as to produce new significance so as not to accept raw information from anyone. This paper aims to answer two main problems: what is the urgency of applying the ma'nā cum maghzā approach in Qur'anic interpretation and how to reconstruct the significance of the verse about hoaxes in the Qur'an with the ma'nā cum maghzā approach. This study comes to the conclusion that, first, the ma'nā cum maghzā approach is needed to reconstruct the significance contained in the Qur'an in the current and contemporary context; second, the significance of the verse about hoaxes in the current context is at least four of them: 1) Building a positive mindset; 2) The importance of clarifying; 3) Badness is a consequence of hoaxes; 4) The object of hoax is an individual or collective that has a position; 5) Hoaxes can come from anyone.

Keywords

Hermeneutika ma‘nā cum maghzā hoaks

Article Details

References

  1. ‘Āsyūr, M. al-Ṭāhir I. (1997a). Tafsīr al-Taḥrīr wa al-Tanwīr Juz 18. Dār as-Sahnūn li an-Nasyr wa al-Tawzi’.
  2. ‘Āsyūr, M. al-Ṭāhir I. (1997b). Tafsīr al-Taḥrīr wa al-Tanwīr Juz 4. Dār as-Sahnūn li an-Nasyr wa al-Tawzi’.
  3. Abdillah, M. T., Maulida, R., & Budiarti, E. (2022). Pencegahan Hoaks Pada Era Digital 4.0 dalam Perspektif Tafsir Kontemporer (Studi terhadap Tafsir al-Misbah dan Muyassar). Hermeneutik, 16(1), 01. https://doi.org/10.21043/HERMENEUTIK.V16I1.12973
  4. Ahmad, S. B. (2008). Kamus Induk Al-Qur’an. Granada Investasi Islami.
  5. Al-′Andalusī, M. bin Y. al-S. ′Abū Ḥayyān. (1993). Tafsīr al-Baḥr al-Muhīṭ Juz 5. Dār al-Kitab al-‘Ilmiyah.
  6. Al-Ashfahani, A.-R. (2017). al-Mufradāt fī Gharībil Qur′ān (A. Z. Dahlan (ed.)). Pustaka Khazanah Fawaid.
  7. Al-Bukhārī, M. bin ′Ismā‘īl bin ′Ibrāhīm bin al-M. (1997). Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. Dār as-Salām.
  8. Al-Mubarakfuri, S. (1997). Sirah Nabawiyah (K. Suhardi (ed.)). al-Kautsar.
  9. Al-Zamakhsyarī, ′Abū Qāsim Maḥmūd bin ‘Umar. (1998). al-Kasyāf ‘an Ḥaqā′iq Gawāmiḍ al-Tanzīl wa ‘Uyūn al-′Aqāwīl fī wujūh al-Ta′wīl Juz 4. Maktabah al-‘Abīkah.
  10. Al-Zarkasyi, B. al-D. M. bin A. (1984). al-Burhan fi ’Ulum al-Qur’an Juz 1. Dar al-Turas.
  11. Al-Zauzanī, ′Abū ‘Abdullah al-Ḥusayn bin ′Aḥmad al-Ḥusayn. (1983). Syaraḥ al-Mu‘allaqāt al-‘Asyr. Dār Maktabah al-Ḥayāh.
  12. Anwar, M. khoiril, & Ridho, A. R. (2020). Kontroversi Penerapan Hermeneutika dalam Penafsiran Al-Qur’an. El-Umdah, 3(2), 217–244. https://doi.org/10.20414/ELUMDAH.V3I2.2877
  13. As-Suyuthi, I. (2014). Asbabun Nuzul: sebab-sebab turunnya ayat Al-Qur’an (A. M. S. Y. Maqasid (ed.)). Pustaka al-Kautsar.
  14. Bāqī, M. F. ‘Abdul. (2008). Al-Mu‘jam al-Mufahras li al-Fāẓ al-Qur′ān al-Karīm. Dār al-Ḥadīṡ.
  15. Darwazah, M. ‘Izzah. (2000). al-Tafsīr al-Ḥadīṡ Tartīb Suwar Hasab an-Nuzūl. Dār al-Garab al-′Islāmī.
  16. Gracia, J. (1995). A Theory of Textuality: The Logic and Epistemology. State University of New York Press.
  17. Khair, N., & Alfiyah, A. (2023). Penafsiran Ayat-Ayat Hoaks Perspektif Muhammad Husain Thabathabai: Solusi Kerukunan Masyarakat dalam Beragama. Studia Quranika, 7(2), 307–328. https://doi.org/10.21111/studiquran.v7i2.8759
  18. Manẓūr, J. al-D. M. bin M. I. (n.d.-a). Lisān al-‘Arāb Juz 10. Dār Ṣādir.
  19. Manẓūr, J. al-D. M. bin M. I. (n.d.-b). Lisān al-‘Arāb Juz 4. Dār Ṣādir.
  20. Mir, M. (2006). Language. In A. Rippin (Ed.), The Blackwell Companion to The Qur’an. Blackwell Publishing.
  21. Noldeke, T. (2000). Tārīkh al-Qur′ān. Dār Nasyr.
  22. Rahman, F. (1982). Islam & Modernity: transformation of an intellectual tradition. University of Chicago Press.
  23. Robikah, S. (2020). Reinterpretasi Kata Jilbab dan Khimar dalam Al-Qur’an: Pendektan Ma’na cum Magza Sahiron Syamsuddin. Ijougs, 1(1), 41–56.
  24. Saeed, A. (2006). Interpreting the Qur’an: toward a comtemporary approach (1st ed.). Routledge.
  25. Setiyanto, D. A. (2019). Hoax: Teks dan Konteks dalam Al-Quran. Indonesian Journal of Religion and Society, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.36256/ijrs.v1i1.5
  26. Shihab, M. Q., & Sahabuddin. (2007). Ensiklopedia Al-Qur’an: Kajian Kosa Kata Jilid 1. Lentera Hati.
  27. Simarmata, J., Iqbal, M., Hasibuan, M. S., Limbong, T., & Albra, W. (2019). Hoaks dan Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Yayasan Kita Menulis.
  28. Susanto, E. (2016). Studi Hermeneutika: kajian pengantar (1st ed.). Kencana.
  29. Syamsuddin, S. (2009). Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Qur’an. Pesantren Nawesea Press.
  30. Syamsuddin, S. (2018). Ma‘na-cum-Maghza Approach to the Qur’an: Interpretation of Q. 5: 51. Atlantis Press, 137, 131–136.
  31. Syamsuddin, S. (2020). Metode Penafsiran dengan Pendekatan Ma‘nā cum Maghzā. In S. Syamsuddin (Ed.), Pendekatan Ma’nā cum Maghzā atas Al-Qur’an dan Hadis: Menjawab Problematika Sosial Keagamaan Di Era Kontemporer. Ladang Kata dan Asosiasi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir se-Indonesia.
  32. Syamsuddin, S. (2022). Pendekatan Ma’na cum Magza atas Al-Qur’an: Paradigma, prinsip dan metode penafsiran.
  33. Zakariyā, ′Abū al-Ḥusayn ′Aḥmad Fāris bin. (1979a). Mu‘jam Muqāyyis al-Lugah Juz 1. Dār al-Fikr.
  34. Zakariyā, ′Abū al-Ḥusayn ′Aḥmad Fāris bin. (1979b). Mu‘jam Muqāyyis al-Lugah Juz 4. Dār al-Fikr.
  35. Zayd, N. H. A. (1995). an-Nas, al-Sultah, al-Haqiqah. al-Markaz al-Saqafi al-’Arabi.