Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan dampak penerapan antara keunggulan, manfaat, serta persipsi negatif atas Kurikulum Merdeka di sekolah dan madrasah. Penelitian ini adalah kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari tiga sumber “Google Scholar”, “ScienceDirect”, dan “DOAJ”. Adapun temuan dalam diskusi ini. Pertama, Kurikulum merdeka memiliki banyak keuntungan bagi guru, sekolah, dan madrasah. Ini termasuk peningkatan kreativitas guru dalam mengajar, fleksibilitas pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu, dan otonomi sekolah dan madrasah untuk merancang kurikulum yang sesuai dengan potensi siswa dan keadaan lokal. Kedua, manfaat Kurikulum Merdeka yaitu, meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa, memberi guru kebebasan untuk memilih pendekatan pengajaran, memberikan fleksibilitas bagi sekolah dalam merancang kurikulum, dan mengintegrasikan pembelajaran kontekstual yang relevan dengan lingkungan sosial dan kehidupan nyata siswa. Ketiga, dampak negatif kurikulum merdeka meliputi, ketidakjelasan dalam pemahaman materi; ketersediaan sumber daya yang tidak merata; pembagian waktu yang tidak seimbang; adanya tekanan untuk memilih bidang studi; berpengaruh pada lingkungan sosial. Untuk mengatasi efek tersebut, maka diperlukan pelatihan guru yang lebih merata, bimbingan yang lebih intensif bagi siswa dalam memilih mata pelajaran, penyediaan sumber daya pendidikan yang setara di semua sekolah dan madrasah, serta penyeimbangan alokasi waktu belajar untuk mencegah ketimpangan dalam prestasi akademik.

Keywords

Kurikulum Merdeka Belajar Keunggulan dan Manfaat Kurikulum Persepsi Negatif Sekolah dan Madrasah

Article Details

References

  1. Abd Haris, Anharul Ulum, Benny Afwadzi, Bima Fandi Asy’arie, Fathorrozy Fathorrozy, Ibnu Athoillah, Mad Sa’i, R. A. M. (2024). Filsafat Ilmu Pendidikan Islam (Berbasis Kajian Teoritis dan Studi Empiris). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. http://repository.uin-malang.ac.id/20894/
  2. Agung Heru Setiadi, Mahbub Humaidi Aziz, Moh. Ainin, Abdul Wahab Rosyidi, Bima Fandi Asy’arie, & Zainul Fuat. (2024). Design of Heyzine Flipbook Based Arabic E-Module as an Alternative Teaching Material for Basic’s Level. An Nabighoh, 26(2), 195–216. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v26i2.195-216
  3. Ainissyifa, H. (2024). Manajemen Pendidikan dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah. Garut: Cahaya Smart Nusantara.
  4. Ali Mursyid, Chyril Futuhana Ahmad, Anggun Kurnia Dewi, & Agnes Yusra Tianti. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Purwakarta. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 173–187. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.566
  5. Anisa, D. L. N. (2023). Implementation of Independent Learning Curriculum as A 21st Century Learning Model in Higher Education. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 233–248. https://doi.org/10.14421/manageria.2022.72-15
  6. Anwar, R. (2023). Harmoni Dalam Merdeka Belajar: Strategi Reduksi Stress Akademik Siswa. Feniks Muda Sejahtera.
  7. Asy’arie, B. F. (2023). Strategy For Islamic Religious Education Teachers in Growing Aqidah Towards Students in Batanghari, Lampung Timur. Jurnal Diskursus Islam, 11(3), 267–284. https://doi.org/10.24252/JDI.V11I3.40885
  8. Asy’arie, B. F., Mun’im, Z., Ma’ruf, R. A., Susanti, S. S., & Kurniawati, D. (2024). Kedudukan Politik Dalam Membangun Perkembangan Pendidikan Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(1), 126–145. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i1.2947
  9. Baser, D., Ozden, M. Y., & Karaarslan, H. (2017). Collaborative project-based learning: an integrative science and technological education project. Research in Science & Technological Education, 35(2), 131–148. https://doi.org/10.1080/02635143.2016.1274723
  10. Castro-Alonso, J. C., de Koning, B. B., Fiorella, L., & Paas, F. (2021). Five Strategies for Optimizing Instructional Materials: Instructor- and Learner-Managed Cognitive Load. Educational Psychology Review, 33(4), 1379–1407. https://doi.org/10.1007/s10648-021-09606-9
  11. Dian, D., Ahmad, C. F., Arsal, F. R., & Mahmudah, S. (2023). Implication And Application MBKM’s Curriculum In Education (Madrasah And Universities). At-Ta’dib, 18(1), 106–122. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9910
  12. Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep hingga Penulisan Praktik baik Pembelajaran di Kelas. Bogor: Penerbit Lindan Bestari.
  13. Fatimatuzzahrah, Lulu Sakinah, & Siti Alikha Alyasari. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah: Tantangan Membangun Kualitas Pendidikan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 43–53. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2339
  14. Goedhart, N. S., Blignaut-van Westrhenen, N., Moser, C., & Zweekhorst, M. B. M. (2019). The flipped classroom: supporting a diverse group of students in their learning. Learning Environments Research, 22(2), 297–310. https://doi.org/10.1007/s10984-019-09281-2
  15. Hamzah, A. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kaajian Filosofis, Teoritis, Aplikasi Proses dan Hasil. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
  16. Haq, A.-M. Q., & Fitriani, M. I. (2024). Lingkungan Belajar Terintegrasi Melalui Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1775–1784. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2394
  17. Hermawan, A. H., Nugraha, M. S., & Salsabila, N. (2024). Integration of Al-Kindi’s Holistic Education Philosophy and Its Relevance to the Implementation of the Independent Curriculum in Madrasah Aliyah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1261–1274. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5077
  18. Ibrahim, I., Husnah, A., Fadillah, A. R., Eriska, E., & Amanda, S. (2024). Preparation For The Implementation Of The Independent Curriculum. Journal Analytica Islamica, 13(1), 101–113. https://doi.org/10.30829/jai.v13i1.18427
  19. Jannah, M., Silahuddin, S., & Zulfatmi, Z. (2024). Implementation of the Independent Learning Curriculum in Increasing the Learning Spirit of Students at SMP N 3 Ingin Jaya. Arfannur, 5(2), 143–152. https://doi.org/10.24260/arfannur.v5i2.3125
  20. Juniardi, W. (2023). Keunggulan Kurikulum Merdeka Beserta Manfaat dan Dampak Positifnya. Quipper Blog. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/keunggulan-kurikulum-merdeka/
  21. Kantun, S., Herlindawati, D., & M, L. O. (2021). Merancang RPP Inovatif Dalam Program Merdeka Belajar Pada MGMP IPS SMP Se-Kabupaten Jember. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 1(2), 137–146. https://doi.org/10.46306/jub.v1i2.29
  22. Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
  23. Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Dalam Pendidikan. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 691–695. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i5.222
  24. Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819
  25. Maulana, M. A., Ubaedillah, U., & Rizqi, Z. F. (2022). Hubungan Level Good Governance Kepala Sekolah dengan Keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. The Academy Of Management and Business, 1(3), 134–144. https://doi.org/10.55824/tamb.v1i3.184
  26. Meti Muji, P., & Nurfuadi. (2024). Tinjauan Kritis Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Kasus di Kecamatan Purwokerto Barat. Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(2), 548–566. https://doi.org/10.47467/jdi.v6i2.2364
  27. Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Bumi Aksara.
  28. Okta, S. R., Hamdunah, H., & Fitri, D. Y. (2020). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Masalah pada Materi Statistika di SMAN 1 gunung Talang Kabupaten Solok. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 9(1), 284–292. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4252
  29. Onwumere, D. D., Cruz, Y. M., Harris, L. I., Malfucci, K. A., Seidman, S., Boone, C., & Patten, K. (2021). The Impact of an Independence Curriculum on Self-Determination and Function in Middle School Autistic Students. Journal of Occupational Therapy, Schools, & Early Intervention, 14(1), 103–117. https://doi.org/10.1080/19411243.2020.1799904
  30. Putri, E. E. (2023). Dampak Negatif Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Proses Pembelajaran pada Siswa. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/evelynaekaputri5737/6576dc18c57afb729f4426a2/dampak-negatif-kurikulum-merdeka-belajar-terhadap-proses-pembelajaran-pada-siswa?page=all#section1
  31. Quratul Aini, & Adiyono. (2023). Implementation of an Independent Curriculum in Supporting Students’ Freedom to Create and Learn. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 2(3), 999–1008. https://doi.org/10.58526/jsret.v2i3.187
  32. Rahmansyah, M. F. (2021). Merdeka Belajar: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13905
  33. Rama Putri, M., & Arismunandar. (2024). Peran Sekolah Penggerak dalam Mengoptimalkan Implementasi Kurikulum Merdeka. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(1), 99–111. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i1.196
  34. Rohman, S., Bima Fandi Asy’arie, & Bunayar, B. (2024). Desain Kurikulum Pendidikan Islam: Sebuah Kajian Literatur. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 51–72. https://doi.org/10.58577/dimar.v5i02.193
  35. Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153
  36. Rosa, N. (2023). Apa Itu Kurikulum Merdeka? Ini Pengertian & Prinsip Pembelajarannya. Detik Edu. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6818335/apa-itu-kurikulum-merdeka-ini-pengertian-prinsip-pembelajarannya
  37. Rozi, A. (2021). Kampus Merdeka dan Inovasi Pendidikan: Peluang dan Tantangan di Era 4.0. Serang: Desanta Publisher.
  38. Septiani Selly Susanti, Laila Nursafitri, Iri Hamzah, Rita Zunarti, Darmanto, Fitriyah, Bima Fandi Asy’arie, & Muhammad Syihab As’ad. (2024). Innovative Digital Media in Islamic Religious Education Learning. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(1), 40–59. https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.7553
  39. Singerin, S. (2024). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum Merdeka. Sumatera Barat Cv. Azka Pustaka.
  40. Sulistyani, F., Mulyono, R., & Mulyono, R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999–2019. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.506
  41. Susanna, S., Usman, J., & Suyanta, S. (2023). Guru di Persimpangan Kurikulum Baru: Dilema Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Keislaman. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(2), 356–369. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i2.478
  42. Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108
  43. Syafiudin, A. S., Roekhan, R., & Kusubakti Andajani. (2024). Pesan Asertif dalam Dokumen Kebijakan Pendidikan Kurikulum Merdeka: Sebuah Tinjauan Isi Wacana. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2651–2666. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3895
  44. Syah, H. F., Wardani, S., & Suminar, T. (2023). Analysis of the Implementation of the Independent Curriculum in the Bina Insani Integrated Islamic Elementary School in Semarang City. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 12(1), 27–36. https://doi.org/10.15294/ijcet.v12i1.71255
  45. Widyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya: Merdeka Guru Siswa, Merdeka Dosen Mahasiswa. Elex Media Komputindo.
  46. Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003–1009. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.907