Main Article Content
Abstract
Digital age yang semakin maju, tantangan bagi para pendidik untuk beradaptasi dengan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi semakin mendesak. Transformasi pendidikan yang berbasis teknologi bukan hanya sekadar pilihan, tetapi sebuah keharusan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan relevan. Penelitian ini mengungkapkan urgensi penggunaan teknologi sebagai penunjang pembelajaran guru, dengan fokus pada efektivitasnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif dan studi kepustakaan, penelitian ini mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk buku, jurnal ilmiah, dan laporan kebijakan. Metode analisis isi digunakan untuk mengidentifikasi tema-tema utama terkait penerapan teknologi dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teknologi menawarkan banyak kemudahan, tantangan dalam adaptasi dan integrasi masih menjadi hambatan signifikan bagi guru. Temuan ini menekankan pentingnya pelatihan berkelanjutan dan kolaborasi antar guru untuk mengatasi hambatan tersebut. Selain itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan kebijakan yang mendukung infrastruktur teknologi dan pelatihan yang memadai, sehingga guru dapat lebih efektif dalam memanfaatkan teknologi untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengambil kebijakan dan pendidik dalam upaya meningkatkan efektivitas teknologi dalam pendidikan.
In an increasingly advanced digital era, the challenge for educators to adapt to technology in the learning process has become more pressing. The transformation of education based on technology is not merely an option but a necessity to create a more interactive and relevant learning experience. This research reveals the urgency of using technology as a support for teacher learning, focusing on its effectiveness in enhancing the quality of education. Through a qualitative approach and literature review, this study collects data from various sources, including books, academic journals, and policy reports. Content analysis methods are employed to identify key themes related to the application of technology in education. The findings indicate that although technology offers numerous conveniences, challenges in adaptation and integration remain significant obstacles for teachers. These findings emphasize the importance of ongoing training and collaboration among teachers to overcome these barriers. Additionally, the study recommends the development of policies that support technological infrastructure and adequate training, enabling teachers to more effectively utilize technology to create engaging and interactive learning environments. Thus, this research provides valuable insights for policymakers and educators in their efforts to enhance the effectiveness of technology in education.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Ahsan Nadya, Salman Shiddiq, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Meningkatkan Strategi Pembelajaran Interaktif di Kelas. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 334–341. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i2.1139
- Benny, A. P. (2017). Media & Teknologi Dalam Pembelajaran. Kencana.
- Brown, J. (2020). Technology and Education: Bridging the Gap. Cambridge University Press.
- Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN MINAT BACA PADA ANAK SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311–328. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723
- Fardani, A. T. (2020). Penggunaan Teknologi Virtual Reality Untuk Sekolah Menengah Pertama Pada Tahun 2010-2020. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/et.v8i1.108475
- Febriani, Y., & Maritasari, D. B. (2015). Media Animasi Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas 1 Sd. Jurnal Educatio, 10(2), 280–297.
- Halim, D. & Sari, R. (2022). Perpajakan Digital: Implikasi dalam Industri Perbankan. Refika Aditama.
- Irwanto, I. (2019). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(2), 77. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).77-91
- Johnson, B., Smith, R., & Wiggins, T. (2016). Blended Learning Strategies. Springer Publishing.
- Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., Susilawati, E., Proses, T., Etika, P., Mahasiswa, K., Perguruan, D., Khairul, T., 1✉, M., Uin, ), Yunus Batusangkar, M., Transportasi, P., & Bali, D. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPTTerhadap Proses Pendidikan Etika dan KompetensiMahasiswa Di Perguruan Tinggi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201.
- Melanie Surya, I. A., & Moramowati, N. L. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Kinerja Akademik. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4 SE-Articles), 531–545. https://doi.org/10.37329/metta.v3i4.2740
- Prensky, M. (2010). Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. Corwin Press.
- Rahma, A. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Virtual Lab Phet Sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 50.
- Sari, D. (2020). Keterampilan Digital dalam Pembelajaran PAI: Tantangan dan Solusi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(4), 67–75.
- Siemens, G. (2004). Connectivism: A Learning Theory for the Digital Age. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 2. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:10302016
- Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908
- UNESCO. (2021). Digital Competence for Educators: Policy and Practice. UNESCO.
- Wicaksono, M. D. (2020). PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/INSP.V17I1.1568
- Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347–356. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.470