Main Article Content

Abstract

Krisis moral yang dihadapi masyarakat Indonesia saat ini menjadi tantangan serius yang memerlukan perhatian khusus, terutama dalam konteks pendidikan karakter anak. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran orang tua dalam menumbuhkan karakter Islami pada anak-anak mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, di mana penulis mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber yang relevan, termasuk buku, jurnal ilmiah, dan artikel yang membahas nilai-nilai Islam dalam pendidikan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari berkontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter anak. Melalui praktik ibadah, saling menghormati, dan berbagi, anak-anak dapat menyerap nilai-nilai moral yang mendasari karakter Islami mereka. Selain itu, program pendidikan bagi orang tua terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam mendidik anak secara Islami. Pembahasan dalam artikel ini menyoroti pentingnya menanamkan kualitas seperti kasih sayang, empati, dan tanggung jawab sosial sejak usia dini. Dengan demikian, orang tua diharapkan dapat berperan aktif dalam membentuk generasi yang beretika dan berempati. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa peran orang tua sangat krusial dalam menciptakan masyarakat yang lebih berbelas kasih dan adil. Melalui komunikasi terbuka dan contoh positif, orang tua dapat membantu anak-anak mereka tumbuh menjadi individu yang tidak hanya memahami nilai-nilai Islam, tetapi juga mampu berkontribusi positif terhadap masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan strategi praktis bagi orang tua dalam mendidik anak-anak mereka dengan nilai-nilai yang kuat.


The moral crisis currently faced by Indonesian society is a serious challenge that requires special attention, especially in the context of children's character education. This article aims to explore the role of parents in fostering Islamic character in their children. The research method used is a literature study, in which the author collects and analyzes various relevant sources, including books, scientific journals, and articles that discuss Islamic values ​​in children's education. The results of the study indicate that parents who apply Islamic values ​​in their daily lives contribute significantly to the formation of children's character. Through the practice of worship, mutual respect, and sharing, children can absorb the moral values ​​that underlie their Islamic character. In addition, educational programs for parents have proven effective in improving their understanding and skills in educating children in an Islamic way. The discussion in this article highlights the importance of instilling qualities such as compassion, empathy, and social responsibility from an early age. Thus, parents are expected to be able to play an active role in shaping an ethical and empathetic generation. The conclusion of this study confirms that the role of parents is crucial in creating a more compassionate and just society. Through open communication and positive examples, parents can help their children grow into individuals who not only understand Islamic values, but are also able to contribute positively to society. This study is expected to provide practical strategies for parents in educating their children with strong values.

Keywords

Karakter Islam Anak Program Bina Islam Orang Tua

Article Details

References

  1. Amaliana, A., Fauziah, N., Nursanti, A., & Apriyani, A. D. (n.d.). TANTANGAN DAN SOLUSI DALAM PEMBINAAN AKHLAK MAHASISWA DI ERA DIGITAL.
  2. Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
  3. Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
  4. Himawan, A., & Wahyudi, A. (2023). DAMPAK MEDIA SOSIAL PADA IDENTITAS KEAGAMAAN REMAJA MUSLIM. AL MUNTADA, 1(2), 85–99.
  5. Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona. Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 77–102.
  6. Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02).
  7. Imanti, D. S. P., Harsika, A., Pratiwi, K. A., Ariyani, R., & Fakhruddin, A. (2024). Edukasi Orang Tua dalam Membangun Kesiapan Anak Mengikuti Pendidikan di Pesantren. Jurnal Pendidikan Anak, 13(2), 167–188.
  8. Istikhoma, W., Keumalahayati, A. D., & Yaqin, A. (2024). Tindakan Orang Tua terhadap Ketidakjujuran Anak: Studi Pembentukan Karakter di Lembaga Pendidikan Informal. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 840–854.
  9. Jamil, S., Irawati, I., Taabudilah, M. H., & Haryadi, R. N. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kesadaran Sosial dan Kemanusiaan. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 35–38.
  10. Juliardi, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 3.
  11. Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
  12. Marwan, S. H., Pandu, Y., Untari, W., Dewi, N. M., Santi, S., Dorothea, H., … Purbayakti, I. (2021). Tantangan Dan Peluang Generasi Milenial Era Pandemi. Press. Unisri. Ac. Id.
  13. Mutamakin, M. (2024). REORIENTASI PENDIDIKAN MORAL ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA: Reorientation of islamic moral educationIn character building of students. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 137–159.
  14. Nabila, A. S., Idris, N. A., Arimbi, S. N., Rahmadani, S., Ramadhani, F., Ferawaty, F., … Abd Muis, A. (2023). Hakikat Manusia Dalam Pandangan Islam: Kesejahteraan dan Kesetaraan. At-Tuhfah, 12(2), 1–14.
  15. Nasution, H. A. (2020). Patologi sosial dan pendidikan Islam keluarga. Scopindo Media Pustaka.
  16. Novita, F. (2024). HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI DAN KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK IT MUTIA ROSSA KECAMATAN TALANG PADANG TAHUN 2024.
  17. Nurhaliza, S. (2024). Pendidikan Agama Islam dan Peningkatan Keterampilan Sosial dalam Memainkan Peran Penting Membentuk Karakter Moral dan Sosial Siswa. Integrated Education Journal, 1(1), 1–21.
  18. Nurhayati, D., Ekasari, I. Y. E., & Ani, R. N. A. (2024). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter untuk Mengatasi Dekadensi Moral Anak: Literature Review. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 433–446.
  19. Nurhayati, F., & Subhi, M. R. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Yang Mendorong Moderasi Beragama Pada Peserta Didik. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(02), 101–108.
  20. Peradila, S., & Chodijah, S. (2020). Bimbingan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 133–157.
  21. Putri, A. D. N. (2023). Strategi Komunikasi Penyuluh Agama dalam Menumbuhkan Kesadaran Beragama Anak Marjinal di TPA Al-Ikhlash Ciputat Tangerang Selatan. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….
  22. Rahman, A. (2018). Urgensi pedagogik dalam pembelajaran dan implikasinya dalam pendidikan. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 83.
  23. Ramadhan, M. A., & Dhian, S. (2024). Systematic Literature Review: Application of Servant Leadership in Security and Aviation Services. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Sistem Industri, 3(2), 91–101.
  24. Ridho, A., Wardhana, K. E., Yuliana, A. S., Qolby, I. N., & Zalwana, Z. (2022). Implementasi pendidikan multikutural berbasis teknologi dalam menghadapi era society 5.0. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 7(3), 195–213.
  25. Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(04), 696–711.
  26. Rosyad, A. M. (2019). The Implementasi Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (The Implementation Of Multiculturalism Values Through Learning Of Islamic Religion Education): Multicultural Education And Learning Of Islamic Religious Education. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1, March), 1–18.
  27. Rufaedah, E. A. (2020). Peranan pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 8–25.
  28. Solissa, E. M., Hayati, A. A., Rukhmana, T., Muharam, S., Mardikawati, B., & Irmawati, I. (2024). Mengembangkan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Menuju Society 5.0. Journal on Education, 6(2), 11327–11333.
  29. Sutoyo, A. (2017). Model bimbingan dan konseling sufistik untuk mengembangkan pribadi yang ‘alim dan saleh. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 8(1), 1–22.
  30. Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1).
  31. Tandiongan, M. N., & Riak, R. (2024). RELEVANSI NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM MENANGANI KRISIS MORAL DALAM MASYARAKAT MODERN. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 3(2), 85–94.
  32. Windrawanto, Y. (2015). Pelatihan dalam rangka pengembangan keprofesian berkelanjutan guru: suatu tinjauan literatur. Satya Widya, 31(2), 90–101.