Main Article Content

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan inisiatif terbaru dalam sistem pendidikan Indonesia yang dirancang untuk menjawab tantangan global dan perkembangan zaman. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis konsep, implementasi, dan implikasi Kurikulum Merdeka pada sekolah menengah atas (SMA)/sederajat sebagai kurikulum yang berorientasi pada masa depan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis konten. Data diperoleh dari berbagai sumber, termasuk dokumen resmi pemerintah dan artikel akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka menawarkan fleksibilitas pembelajaran, fokus pada pengembangan kompetensi abad ke-21, dan memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengeksplorasi minat dan potensi mereka. Namun, implementasi kurikulum ini menghadapi tantangan, seperti kesiapan tenaga pendidik, fasilitas pendukung, dan kesenjangan pemahaman di berbagai wilayah. Dengan penyempurnaan dan dukungan berkelanjutan, Kurikulum Merdeka diharapkan mampu menjadi fondasi pendidikan yang relevan dan adaptif terhadap kebutuhan masa depan.


The Merdeka Curriculum is the latest initiative in the Indonesian education system which is designed to answer global challenges and current developments. This article aims to analyze the concept, implementation and implications of the Independent Curriculum as a future-oriented curriculum. This research uses a descriptive qualitative method with a literature study and document analysis approach. Data was obtained from various sources, including official government documents, academic articles, as well as reports on the implementation of the Independent Curriculum in various educational institutions. The research results show that the Merdeka Curriculum offers learning flexibility, focuses on developing 21st century competencies, and provides space for students to explore their interests and potential. However, the implementation of this curriculum faces challenges, such as the readiness of teaching staff, supporting facilities, and gaps in understanding in various regions. With continuous improvement and support, it is hoped that the Independent Curriculum will be able to become the foundation for education that is relevant and adaptive to future needs.

Keywords

Abad 21 Kurikulum Merdeka Masa Depan

Article Details

References

  1. Abdullah, Ahmad dkk. 2024. “Karakteristik Kurikulum KBK, KTSP, K13 dan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat SMP dan Sederajat”. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam Vol.4 No.1
  2. Albi, Anggito dkk. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
  3. Aliftika, Olivia dkk. 2019. “Profil Keterampilan Abad 21 Siswa SMA Pada Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Gerak Lurus”. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) Vol.4 No.2
  4. Amiruddin, James, Pandapotan. 2021. Manajemen Kurikulum. Yogyakarta: K-Media
  5. Dewi, Zaqia Rahma dkk. 2024. “Peran Literasi Digital dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Adaptasi dan Transformasi di Era Digital”. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan Vol.4 No.1
  6. Ekowati, Beti Istanti Suwandayani Dyah Worowirastri. 2019. Literasi Numerasi Untuk Sekolah Dasar. Malang: UMM PRESS
  7. Hanissya, Olga Nadya Indra dkk. “Analisis Perubahan Kebijakan Kurikulum 2013 Sebelum Revisi Dan Kurikulum 2013 Sesudah Revisi Di Sekolah”, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  8. Hasybiyallah dan Nurul Mahlil Ihsan. 2011. Administrasi Pendidikan Perspektif Ilmu Pendidikan Islam. Bandung
  9. Ismawati, Esti. 2015. Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
  10. Kemdikbudristek. 2024. Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbud
  11. Lismina. 2019. Pengembnagan Kurikulum di Sekolah dan Perguruan Tinggi. (Ponorogo : Tim Uwais Inspirasi Indonesia
  12. Maharani, Delia. 2024. “Sisi Terang dan Gelap: Digitalisasi pada Perkembangan Pendidikan Indonesia”. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan Vol.3 No.1
  13. Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual; Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
  14. Nasir, Muhammad Nasir. 2024. Analisis Perkembangan Kurikulum di Indonesia: Masa Lalu, Kini, dan Masa Depan. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.4 No.2
  15. Nopiani, Sri dkk. 2023. “Kompetensi 4C dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri Vol.9 No.2
  16. Permendikbud Nomor 35 Tahun 2018
  17. Prayogi , Rayinda Dwi dkk. 2019. “Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan”. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 14 No. 2
  18. Rachmawati, Nugraheni. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu Vol.6, No.3
  19. Setiyaningsih, Suci dkk. 2022. “Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar”. Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol.8 No.4
  20. Sitika, Achmad Junaedi dkk. 2023. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
  21. Supriatna, Muh. Nana dkk. 2023. “Analisis Perbandingan Kurikulum KTSP, K13 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar”. Journal on Education Vol.06 No.01
  22. Tampubolon, Rameyanti dkk. 2022. “Pengaruh Reformasi Kurikulum Pendidikan Indonesia Tehadap Kualitas Pembelajaran”. Jurnal Darma Agung Vol.30 No.2
  23. Wahab, Muhbib Abdul. https://www.uinjkt.ac.id/id/pendidikan-masa-depan-berbasis-keterampilan-abad-21-aktualisasi-nilai-nilai-edukasi-dari-kisah-nabi-yusuf-as/, diakses pada tanggal 12 November pukul 21.08
  24. Wahyuni, Fitri. 2015. “Kurikulum dari Masa Ke Masa”. Jurnal Al-Adabiya Vol.10 No.2
  25. Wahyuningsari, Desy. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar”. Jurnal Jendela Pendidikan Vol.2 No.4