Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembiayaan pendidikan di MI Al-Fitroh Tangerang dalam peningkatan program sekolah. Metode penelitian kualitatif melalui studi kasus. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi . Pengolahan data dengan kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Al-Fitroh Tangerang memahami pentingnya pendanaan pendidikan mendukung program ekstrakurikuler yang penting bagi pengembangan bakat siswa. Sekolah mengalokasikan sebagian anggaran tahunannya untuk kegiatan ekstrakurikuler, sehingga siswa dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang memperkaya pengalaman belajar mereka. Selain itu, sekolah juga mengalokasikan dana untuk perbaikan infrastruktur dan pelatihan tenaga pengajar. Kegiatan seperti seminar dan workshop bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru.


This research aims to analyze education financing at MI Al-Fitroh Tangerang in improving school programs. Qualitative research method through case studies. Data collection using interviews, observation and documentation. Data processing by condensation, data presentation and drawing conclusions. The research results show that MI Al-Fitroh Tangerang understands the importance of educational funding to support extracurricular programs which are important for developing students' talents. Schools allocate a portion of their annual budget for extracurricular activities, so that students can participate in a variety of activities that enrich their learning experience. Apart from that, schools also allocate funds for infrastructure improvements and teaching staff training. Activities such as seminars and workshops aim to improve teacher skills.

Keywords

Pembiayaan Pendidikan Program Sekolah

Article Details

References

  1. Budaya, B. (2022). Manajemen pembiayaan pendidikan pada sekolah yang efektif. . Likhitaprajna: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 12-21.
  2. Chandler, A. D. (1990). Strategy and Structure: Chapters in The History of The Industrial. MIT press.
  3. Dhoyif, S. (2011). Al-Mu'jam Al-Washīth. Kairo: Maktabah Al-Syurūq Al-Dauliyyah.
  4. Djamal, H. (2011). Dasar-dasar Penyiaran. Jakarta: Prenada Media Group.
  5. Efendy, O. U. (1993). Ilmu Komunikai Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  6. Hafifuddin. (2021). Pengaruh Biaya Pelatihan Terhadap Laba Sebelum Pajak Bank Perkreditan Rakyat Syariah Periode 2014–2018. Tadbir Peradaban, 159-164.
  7. Hamzah, Y. (1992). Publistik Islam: Teknik Dakwah dan Leadership. Bandung: CV. Diponegoro.
  8. Hasan, A. (2022, Maret 28). Al-Bahtsu Al-Nau'i Fī Al-Ulūmi Alijtimā'iyyah. Retrieved from Ta'līm Jadīd: https://www.new-educ.com/
  9. Hidayat, A. N. (2022). Strategi Pembiayaan Pendidikan Pelatihan Kerja di BLK Komunitas Ponpes Al-Aitaam. Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 17-26.
  10. Junaedi, F. (2013). Jurnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi. Jakarta: Prenada Media Group.
  11. Kusnandar, V. B. (2019, October 23). Hanya 13% Masyarakat yang Masih Mendengarkan Radio. Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/23/hanya-13-persen-masyarakat-yang-masih-mendengarkan-radio
  12. Maharani, N. A. (2024). Analisis Sumber dan Jenis Pembiayaan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 25-39.
  13. Mahūdz, '. (1979). Hidāyatu Al-Mursyidīn Ilā Thuruqi Al-Wa'dzhi Wa Al-Khithōbati. Kairo: Dāru Al-I'tishōm.
  14. Mandzūr, I. (1998). Lisanu Al-'Arob. Beirut: Dāru Shōdir.
  15. Masbullah, M. A. (2022). Implementasi Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Pemenuhan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 92-101.
  16. Miranti. (2023). Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Mengembangkan Sarana Dan Prasarana di SMP Hasbunallah Kabupaten Tabalong. Adiba: Journal of Education, 73-84.
  17. Moleong, L. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  18. Munthe, M. (2018). Penggunaan Radio Sebagai Media Komunikasi Dakwah. Jurnal Komunika Islamika, 5.
  19. Nāhid Ubādah. (30 Maret, 2021). Nasy'ah Al-Idzā'ati Fī Al-Ālam. تم الاسترداد من sotor: https://sotor.com
  20. Nazarudin, S. K. (2020). Penerapan Prinsip Akuntabilitas Pada Pembiayaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Adaaea, 131-146.
  21. Porter. (1998). Competitive Strategy, Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: The Free Press.
  22. Pranata, G. (2021, September 10). Peran Serta Radio dalam Perkembangan Teknologi dan Informasi Indonesia. Retrieved from nationalgeographic: https://nationalgeographic.grid.id/read/132872860/peran-serta-radio-dalam-perkembangan-teknologi-dan-informasi-indonesia?page=all
  23. Sejarah Perkembangan Radio. (n.d.). Retrieved from https:// www.kpi.go.id/index.php/id/umum/38-dalam-negeri/34250-sejarah-perkembangan-radio
  24. Sulistiyowati, E. M. (2023). Manajemen Pembiayaan dan Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMAN 1 Kibang. UNISAN Jurnal: Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 495-503.
  25. Syarof, '. A.-'. (1989). Al-Madkhol Ilā Wasā'ili Al-I'lām Wa Al-Ittishōl. Kairo: Dāru Al-Kitābi Al-Mishri.
  26. Taimiyah, I. (1995). Majmū' Al-Fatāwā. Madinah: Majma Al-Malik Al-Fahd.
  27. Widiani, H. (2024). Pengaruh Aspek Pembiayaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Tehadap Kinerja Guru. Penelitian Pendidikan, 203-210.
  28. Yūsuf, M. K. (1986). Shifatu Muqoddimi Al-Barōmij Al-Islāmiy Fī Al-Idzā'ah Wa Al-Tilīfiziyun. Riyadh: Thibā'ah Al-Farozdaq Al-Tijāriyyah.