Main Article Content

Abstract

Di Indonesia sendiri untuk pelaksanaan Pendidikan agama islam mengacu pada dasar yang secara langsung mengatur pelaksanaan Pendidikan agama islam yang ada di Indonesia terdapat dalam Tap MPR No.IV/MPR/1973 yang kemudian dikukuhkan pada Tap MPR No.IV/1978 jo Ketetapan MPR No.II/MPR/1983, Ketetapan MPR No. II/MPR/1988, ketetapan MPR No.II/MPR/1993. Tentang GBHN yang pada pokoknya dinyatakan bahwa pelaksanaan Pendidikan agama secara langsung dimasukkan ke dalam kurikulum pada semua jenjang Pendidikan di Indonesia. landasan dalil QS. Al -Mujadalah ayat 11 mengenai Allah SWT memberikan keleluasan bagi manusia untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan Allah SWT angkat derajat manusia yang memiliki ilmu, terkait dengan penelitian ini sekaligus sebagai dasar indikator penelitian yang berjudul Pengaruh Media Pembelajaran Pada Pendidikan Agama Islam. Rumusan dari penelitian ini yaitu Bagaimana Pengaruh Media Pembelajaran Pada Pendidikan Agama Islam bagi aspek sikap kognitif mahasiswa. Bagaimana Implementasi Religiusitas mahasiswa saat pelaksanaan media pembelajaran Pendidikan Pendidikan Agama Islam. Penggunaan Metode yaitu kualittaif dengan menddeskripsikan hasil sebaran angket kepada mahasiswa dan memaparkan hasil Analisa sesuai dengan kondisi yang sebenarnya selama penelitian berlangsung. Dengan sumber sekunder penelitian yaitu dilaksanakan dengan menelaah literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan maupun laporan hasil penelitian dari peneliti terdahulu. Populasi penelitian mahasiswa Teknik informatika UNPAM semester 1 tahun ajaran ganjil 2024/2025. Dengan pengambilan sampel sebanyak 61 responden. Observasi, pengamatan perilaku menggunakan lembar observasi sikap untuk mengukur aspek sikap kognitif dan afektif mahasiswa pada penelitian ini terdiri dari sikap, Implementasi Religiusitas, disiplin, Interaksi, Keterampilan, dan Sikap proses berfikir. Hasil Analisa penggunaan media pembelajaran berbentuk aplikasi dengan responden sebanyak 18 (29.5%) Selalu menggunakan media pembelajaran berbentuk aplikasi, sebanyak 16 (26.2%)sering menggunakan media pembelajaran berbentuk aplikasi, dan 22 (36%) responden kadang – kadang, 4 (7%) menggunakan media pembelajaran berbentuk aplikasi, sebanyak 4 (7%) responden tidak pernah menggunakan media pembelajaran berbentuk aplikasi, pada saat memulai pembelajaran menggunakan Apk al-Qur’an kemenag terdapat kendala yang dihadapi menggunakan media pembelajaran tersebut ketika pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Rutinitas pelaksanaan penggunaan apk al-Qur’an kemenag dapat mengurangi kendala yang dihadapi menggunakan media pembelajaran dalam menyelsaikan tugas, dan aplikasi al-Qur’an kemenag digunakan secara berkesinambungan pada saat kegiatan belajar mengajar mata kuliah pendidikan islam.

Keywords

Islam Media Pembelajaran Pendidikan

Article Details

References

  1. A. Mukti Ali, Etika Agama dalam Pembentukan Kepnbadian Nasional dan Pembcrantasan Keniaksiatan Dari Segi Agama Islam (Yogyakarta: Yayasan Nida7 1969.
  2. Abdul Kosim dan fathurrohman. Pendidikan Agama Islam: sebagai Core Ethical Values untuk perguruan Tinggi.cet 1. Bandung:remaja Rosdakarya. 2018.
  3. Abdul Kosim dan fathurrohman. Pendidikan Agama Islam: sebagai Core Ethical Values untuk perguruan Tinggi.cet 1. Bandung:remaja Rosdakarya. 2018
  4. Kusumawati. Pembelajaran Religious Oriented dalam Format Pendidikan Islam. Yogyakarta:Deepublish. 2023.
  5. M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur’an (Bandung: Mizan, 1994).
  6. Mawar Sari, Dwi Andita Elvira, dkk. Media Pembelajaran berbasis Digital untuk meningkatkan minat baca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Volume 18, Nomor 1: 205-218 Januari 2024| ISSN (P): 1829-7463 \ ISSN (E) : 2716-3083
  7. Muhammad ‘Abd al-Rauf al-Manawi, al-Tauqif ‘ala Muhimmat al-Ta‘arif (Cet. I; Beirut: Dar al-Fikr, 1410 H.)
  8. Wahbah bin Mustafa al-Zuhaili, Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari‘ah wa al-Manhaj, Juz VI (Cet. II; Damsyiq: Dar al-Fikr al-Mu‘asir, 1418 H.)