Main Article Content
Abstract
Arus digital yang begitu pesat telah memunculkan kondisi baru, salah satunya adalah layanan evaluasi digital, seperti Wordwall, yang memiliki banyak fitur fungsional dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai mata pelajaran. Dalam proses penguasaan keterampilan maharah kitabah, ada beberapa hal yang dilatih dan dievaluasi, yaitu memahami kaidah dan penulisan huruf, kata, kalimat, paragraf, dan susunan paragraf menjadi sebuah karangan yang dapat diakomodir melalui Wordwall. Penelitian ini akan menguraikan tentang penggunaan aplikasi Wordwall yang digunakan sebagai media evaluasi dalam mata kuliah maharah kitabah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), sehingga dalam proses penelitian akan dilakukan penelusuran literatur baik dari web wordwall, buku, jurnal yang berkaitan dengan penggunaan wordwall dalam evaluasi pembelajaran maharah kitabah yang dijelaskan secara deskriptif. Penelitian ini diawali dengan tinjauan pustaka terkait media evaluasi pembelajaran maharah kitabah berbasis Digital Game Based Learning (DGBL). Pada penelitian ini, penulis akan memanfaatkan 18 fitur template yang disediakan oleh wordwall dan memilih fitur yang relevan untuk digunakan sebagai media evaluasi maharah kitabah. Setelah melakukan analisis data, ditemukan template wordwall yang tepat dan sesuai untuk diaplikasikan pada materi evaluasi maharah kitabah. Dari uji Wilcoxon pada tabel uji statistik diketahui nilai signifikansinya 0,000 kurang dari 0,05, dengan demikian hipotesa yang diajukan diterima yaitu adanya efektifitas dalam pemanfaatan wordwall sebagai media evaluasi maharah kitabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan Wordwall dalam evaluasi maharah kitabah dengan indikator kemudahan penggunaan media Wordwall, kemungkinan tumbuhnya minat dan motivasi, kemungkinan digunakan untuk belajar mandiri, kemungkinan tumbuhnya daya kritis, dan tingkat kontekstualitas dengan karakteristik pembelajar menunjukkan persentase 55-80% pembelajar memilih sangat setuju, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall cukup intensif dalam evaluasi maharah kitabah.
The rapid digital flow has given rise to new conditions, one of which is digital evaluation services, such as Wordwall, which has a wealth of functional features and can be utilized in various subjects. In the process of mastering the skills of maharah kitabah, there are several things that are trained and evaluated, namely understanding the rules and writing of letters, words, sentences, paragraphs, and paragraph arrangements into essays that can be accommodated through Wordwall. This study will elaborate on the use of the Wordwall application which is used as an evaluation medium in the maharah kitabah course. This study uses a descriptive qualitative research method with the type of library research, so that in the research process, a literature search will be carried out both from the web word wall, books, journals related to the use of wordwalls in evaluating maharah kitabah learning which are explained descriptively. This study begins with a literature review related to the evaluation media for maharah kitabah learning based on Digital Game Based Learning (DGBL). In this study, the author will utilize 18 template features provided by wordwall and select relevant features to be used as a maharah kitabah evaluation media. After analyzing the data, the right and appropriate wordwall template was found to be applied to the maharah kitabah evaluation material. Dari uji Wilcoxon pada tabel tes statistik diketahui nilai signifikansinya 0,000 kurang dari 0,05, dengan demikian hipotesnya diterima yakni adanya efektifitas dalam pemanfaatan wordwall sebagai media evaluasi maharah kitabah. it was found that the intensity of Wordwall use in the evaluation of maharah kitabah with indicators of ease of use of Wordwall media, the possibility of growing interest and motivation, the possibility of being used for independent learning, the possibility of growing critical thinking, and the level of contextuality with learner characteristics showed a percentage of 55-80% of learners choosing to strongly agree. this shows that the use of Wordwall is quite intensive in the evaluation of the maharah kitabah.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Al-Madani, Muhammad,.ST, & etl, Problematika Maharah Al-Kitabah Santri ICBB Yogyakarta. Amorti Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 2(3):167-174
- Alzubi, A. A., & Nazim, M. (2024). Students’ intrinsic motivation in EFL academic writing: Topic-based interest in focus Topic-based interest in focus. Helion 10, 1-11.
- Amri, F., & Sukmaningrum, R. (2023). Implementation of Wordwall as a Learning Media to Improve Students' Writing Skill. International Journal of Multidisciplinary Approach Research and Science, 1 (3), 495-502.
- Arrayyan, A. F., Suparmanto, S., Elidatunnisa, I., Handayani, L., & Hidayatullah, M. S. (2024). Penggunaan Puzzle Sebagai Media Evaluasipenguasaan Mufrodat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Al-Maraji', Vol. 8, No. 1, 14-22.
- Bakry, M. S., & Alsamadani, H. A. (2015). Improving the Persuasive Essay Writing of Students of Arabic as a Foreign Language (AFL): Effects of Self-Regulated Strategy Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences 182, 89 – 97.
- Google Scholar, penggunaan wordwall dalam bahasa Arab - Google Scholar, diakses 19 Oktober 2024.
- Husna, S., Sukarno, & Yulisetiani, S. (2023). Penggunaan Wordwall sebagai media evaluasi pembelajaran tematik pada peserta didik kelas IV di sekolah dasar. JPI UNS, 1-6.
- Iskandar, M. L. (2017). Strategi Pembelajaran Menulis (Kitabah) Bahasa Arab. Jurnal Raushan Fikr, 6 (1), 61-68.
- Larasati, P., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall.net Sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 3, No. 3, 395-412.
- Mardhiyah, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 4, 481-488.
- Munawarah, & Zulkiflih. (2020). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab . Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab & Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22-34.
- Musthafa, F. A., & Anam, H. (2023). Aqlamuna: Journal of Educational Studies, 1 (1), 156-166, Doi: https://doi.org/10.58223/aqlamuna.v1i1.238.
- Nur, R., Zulhannan, & Lena, M. D. (2024). Media Game Wordwall Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X Tkj 3 Smk Muhammadiyah Sekampung. Jurnal PENDAS, Vol. 9, N0. 2, 6389-6397.
- Putri, & Azzahra, F. (2024). Penggunaan Hibridisasi Canva dan Wordwall dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab bagi Pemelajar Dasar. Bandung: Fakultas Bahasadan Sastra Universitan Pendidikan Indonesia.
- Putri, F. A. (2024). Penggunaan Hibridisasi Canva dan Wordwall dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab bagi Pemelajar Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
- Putri, Kisardi, F. D., & Agustini, V. (2024). Implementasi Wordwall: Inovasi Menyenangkan untuk Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SD. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Vo. 4, No. 3, 1-13.
- Rahmawati, R. A., & Zakaria, H. (2024). Analisis Penerapana Media Wordwall Pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMPIT Insan Mulia Boarding School Pringsewu. Al-Mua'rrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4 (2), 87-99.
- Rahmayanti, I., & Abidin, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Wordwall Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Siswa kelas X di MAN Kota Batu. Jurnal Suistainable, Vol. 6, No. 2, 349-358. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3413
- Rathomi, A. (2020). Maharah Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiya Islamica Vol. 1, no. 1, 4.
- Saariah, Azzahra, L. Q., Syarafina, D. A., Nasiruddin, & Jariah, A. (2024). Wordwall Media Game In Mastery Of Arabic Vocabulary. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7 (2), 749-756, DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3831.
- Saariah, Azzahra, L. Q., Syarafina, D. A., Nasiruddin4, & Jariah, A. (2024). Wordwall Media Game In Mastery Of Arabic Vocabulary. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7 (2), 749-756, http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3831.
- Saariah, Azzahra, L. Q., Syarafina, D. A., Nasiruddin4, & Jariah, A. (2024). Wordwall Media Game In Mastery Of Arabic Vocabulary. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7 (2), 749-756, DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3831 .
- Sabilla, O. P. (2024). Penggunaan Wordwall Sebagai Media Berbasis Game Edukasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Plehan 1. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan. dan Pengelolaan Pendidikan, V0l. 4, No. 1, 1-6.
- Szopinski, Tomas, & Bachnik, K. (2022). Student evaluation of online learning during the COVID-19 pandemic. Technological Forecasting & Social Change, Vol. 174, 1-8.
- Wahdah, Y. A., Najihah, N., & Nasiruddin. (2023). Karakteristik Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Maharah Qiraah Dan Kitabah. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 6, No. 1, 257-278.
- Zunaidah, A., Mawaddah, S. N., & Ni’mah, I. K. (2023). Evaluasi Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Maharah Kitabah) Berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar. Nahdlatul Lughah: Jurnal of Applied Arabic Linguistics, Vol. 01, No. 01, 36-52.