Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Implementasi Model Pembelajaran Course Review Horay di MIS Amaliyah Ar Ridho Deli Serdang. 2. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS Amaliyah Ar Ridho Deli Serdang. 3. Faktor pendukung dan penghambat implementasi Model Pembelajaran Course Review Horay dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS Amaliyah Ar Ridho Deli Serdang.. Jenis penelitian ini adalah kulitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1.Implementasi Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) diterapkan dengan efektif dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS Amaliyah Ar Ridho mencakup kegiatan Review materi, kuis atau permainan, serta umpan balik yang dilakukan secara terstruktur. Perencanaan dan persiapan yang matang, serta dukungan dari fasilitas dan antusiasme guru, menjadi kunci keberhasilan metode ini. 2. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS Amaliyah Ar Ridho Deli Serdang diterima dengan baik oleh siswa, dengan banyak di antara mereka menghargai metode pembelajaran yang interaktif dan kreatif. Siswa menganggap topik-topik tertentu menjadi lebih menarik.3. Faktor Pendukung implementasi Model Pembelajaran Course Review Horay dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS Amaliyah Ar Ridho Deli Serdang adalah, antusiasme guru, keterlibatan aktif siswa, dan dukungan fasilitas: Sedangkan faktor penghambat diantaranya pengelolaan waktu, perbedaan kemampuan siswa:dan keterbatasan fasilitas berupa masalah teknis dengan fasilitas dapat mengganggu jalannya kegiatan CRH.


The purpose of this study is to determine: 1. Implementation of Course Review Horay Learning Model at MIS Amaliyah Ar Ridho Deli Serdang. 2. Learning Islamic Cultural History at MIS Amaliyah Ar Ridho Deli Serdang. 3. Supporting and inhibiting factors for the implementation of Course Review Horay Learning Model in learning Islamic Cultural History at MIS Amaliyah Ar Ridho Deli Serdang. This type of research is qualitative. Research data were obtained from observation, interviews and documentation. The results of the study show that: 1. The implementation of the Course Review Horay (CRH) learning model is effectively applied in learning the History of Islamic Culture at MIS Amaliyah Ar Ridho including reviewing material, quizzes or games, and feedback that is carried out in a structured manner. Thorough planning and preparation, as well as support from facilities and teacher enthusiasm, are the keys to the success of this method. 2. Learning the History of Islamic Culture at MIS Amaliyah Ar Ridho Deli Serdang is well received by students, with many of them appreciating the interactive and creative learning methods. Students consider certain topics to be more interesting. 3. Supporting factors for the implementation of the Course Review Horay learning model in learning the History of Islamic Culture at MIS Amaliyah Ar Ridho Deli Serdang are teacher enthusiasm, active student involvement, and support from facilities: While inhibiting factors include time management, differences in student abilities: and limited facilities in the form of technical problems with facilities that can interfere with the course of CRH activities

Keywords

Course Review Horay Sejarah Kebudayaan Islam

Article Details

References

  1. Al-Quran dan Terjemahan Departemen Agama Cetakan tahun 2019
  2. Andriansyah, F., & Hartono, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 9, No. 3, 2021.
  3. Arifin, Z. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Mata Pelajaran SKI. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 78-90.
  4. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2020.
  5. Azizah, Nurul. (2021). Penerapan Model Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Sejarah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 5, No. 2, 2021.
  6. Fadli, M. (2020). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Pembentukan Karakter Keagamaan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 215-230.
  7. Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
  8. Hidayat, R. (2020). Lingkungan Belajar yang Mendukung. Malang: Penerbit Sukses.
  9. Huda, M. (2020). Rencana Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jakarta: Penerbit Eduka.
  10. Hutauruk, Pindo, dan Rinci Simbolong. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Pelajaran IPS Kelas IV SD Swasta Xaverius Padang Sidimpuan”, SEJ (School Education Journal), Volume 8 Nomor 2, 2018, hal. 112.
  11. Jaya, T. (2020). Dampak Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa. Palembang: Penerbit Pendidikan.
  12. Juliawati, Heni, dan Desak Made Darmawati. 2022 “Pengaru Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, Volume 6 Nomor 5 Tahun, ahl. 8146-8153.
  13. Kurniasih, Imas. 2015. Ragam Pengambangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena,.
  14. Pahmi, S. Friska, et al.. 2021 “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPA”, Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, Volume 9 Nomor 1, , hal. 332.
  15. Prananda, Gingga, dkk. “Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar”, Jurnal IKA, Volume 8 Nomor 2, 2020, hal. 304-314.
  16. Prananda, Gingga. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD”, Jurnal Ilmiah Pendididkan dan Pembelajaran, Volume 6 Nomor 2, 2019.
  17. Purwanti, E., dkk. “Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 5, 2020, hal. 112-117.
  18. Purwanto, E. (2020). Pemanfaatan Sumber Belajar Digital dalam Pembelajaran Sejarah di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 101-115.
  19. Rachmawati, Aulia. (2022). Inovasi Pembelajaran Sejarah melalui Model Course Review Horay di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, Vol. 6, No. 1, 2022.
  20. Rahayu, S. (2020). Pendidikan Aktif dan Partisipasi Siswa. Yogyakarta: Penerbit Akademia.
  21. Ramanda, Vania Alifah. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Dalam Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Harapan Jaya Sukarame Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019, hal. 58.
  22. Ridwan, Abdullah. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
  23. Rini, P. (2020). Dukungan Fasilitas dalam Implementasi Metode Pembelajaran. Medan: Penerbit Berkualitas.
  24. Safitri, Widya. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Pemahaman Sejarah Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sejarah Islam, Vol. 7, No. 1, 2020.
  25. Saper, Md. Noor Bin. “Multicultural Guidance Counseling”, Proceedings International Conference on Guidance and Counseling (ICGC) 2017. Pontianak: Elmans Institute, 2017.
  26. Setiawan, B. (2020). Tantangan dalam Pembelajaran Berbasis Kelompok. Semarang: Penerbit Inovasi.
  27. Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdkarya, 2016.
  28. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
  29. Supriyadi, J. (2020). Pengelolaan Waktu dalam Pembelajaran Efektif. Surabaya: Penerbit Utama.
  30. Suryadi, A. (2020). Metode Pembelajaran Interaktif dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Siswa. Bandung: Penerbit Pendidikan.
  31. Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2017.