Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui jenis sumber belajar yang di gunakan dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Ulum Budi Agung. 2. Untuk mengetahui pengembangan sumber belajar fiqih yang dikembangkan oleh guru Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Ulum Budi Agung. 3. Untuk mengetahui kendala dan solusi dalam pengembangan sumber belajar fiqih yang dikembangkan oleh guru Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Ulum Budi Agung.. Jenis penelitian ini adalah kulitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1. Jenis sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Ulum Budi Agung masih didominasi oleh buku teks yang disediakan oleh Kementerian Agama. Kitab kuning dan modul tambahan juga digunakan sebagai referensi untuk memperkaya pemahaman siswa terhadap hukum-hukum Islam yang lebih mendalam. Meskipun demikian, ada upaya untuk memanfaatkan teknologi, seperti penggunaan video pembelajaran dan e-book, meskipun penggunaannya masih terbatas. 2. Pengembangan sumber belajar fiqih yang dikembangkan oleh guru Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Ulum Budi Agung telah dilakukan dengan berbagai cara, termasuk penggunaan buku teks, modul buatan guru, serta referensi dari kitab klasik. Para guru juga mulai memanfaatkan teknologi, meskipun penggunaannya masih terbatas akibat kendala teknis seperti ketersediaan perangkat dan akses internet. 3. Kendala dalam pengembangan sumber belajar fiqih yang dikembangkan oleh guru Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Ulum Budi Agung diantaranya keterbatasan infrastruktur teknologi, keterbatasan waktu guru untuk mengembangkan materi pembelajaran karena beban administratif yang cukup besar, kurangnya keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi dan media digital sebagai sumber belajar dan keterbatasan akses terhadap referensi kontemporer dan literatur tambahan yang relevan dengan Fikih. Sedangkan solusi yang telah diterapkan atau direncanakan untuk mengatasi kendala tersebut, antara lain: pelatihan teknologi bagi guru untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam memanfaatkan media digital, peningkatan infrastruktur teknologi, dan kolaborasi antar-guru dalam mengembangkan sumber.
The objectives of this study are: 1. To determine the types of learning resources used in fiqh learning at Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Budi Agung. 2. To determine the development of fiqh learning resources developed by teachers of Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Budi Agung. 3. To determine the obstacles and solutions in the development of fiqh learning resources developed by teachers of Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Budi Agung. This type of research is qualitative. Research data were obtained from observation, interviews and documentation. The results of the study show that: 1. The types of learning resources used in fiqh learning at the Darul Ulum Budi Agung Junior High School are still dominated by textbooks provided by the Ministry of Religion. Yellow books and additional modules are also used as references to enrich students' understanding of Islamic laws in more depth. However, there are efforts to utilize technology, such as the use of learning videos and e-books, although their use is still limited. 2. The development of fiqh learning resources developed by teachers at the Darul Ulum Budi Agung Junior High School has been carried out in various ways, including the use of textbooks, teacher-made modules, and references from classical books. Teachers have also begun to utilize technology, although its use is still limited due to technical constraints such as the availability of devices and internet access. 3. Constraints in the development of fiqh learning resources developed by teachers at the Darul Ulum Budi Agung Junior High School include limited technological infrastructure, limited time for teachers to develop learning materials due to the large administrative burden, lack of teacher skills in utilizing technology and digital media as learning resources and limited access to contemporary references and additional literature relevant to Fiqh. Meanwhile, solutions that have been implemented or planned to overcome these obstacles include: technology training for teachers to improve their skills in utilizing digital media, improving technology infrastructure, and collaboration between teachers in developing learning resources
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Afandi, M.Yazid. Fiqh Muamallah. Yogyakarta: Logung Pustaka, 2019.
- Aminudin, Zen. Ushul Fiqh.Yogyakarta: Teras, 2019.
- Anwar, H. (2021). Pembelajaran Fikih di Madrasah: Sebuah Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Pustaka Islam.
- Anwar, Rosihon. Ulum Al-Qur‟an.Bandung: Pustaka Setia, 2017.
- Ash-Shiddieqy, Teungku MuhammadHasbi. Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits.Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2019.
- Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta: Pustakapelajar, 2017.
- Fitri, R. (2020). Peran Al-Qur'an dan Hadis dalam Pembelajaran Fikih. Yogyakarta: Penerbit Tarbiyah.
- Fitriani, L. (2020). Kendala dalam Implementasi Media Digital di Madrasah. Jakarta: Penerbit Cendekia.
- Fitriani, L. (2020). Kendala dalam Implementasi Teknologi di Pendidikan Madrasah. Jakarta: Penerbit Cendekia.
- Hidayat, S. (2021). Infrastruktur dan Kualitas Pembelajaran di Madrasah: Studi Kasus di Sumatera. Bandung: Pustaka Al-Qalam.
- Hidayat, S. (2021). Praktik Ibadah dalam Pembelajaran Fikih: Perspektif Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Al-Qalam.
- Hidayatullah, M. (2020). Pendekatan Praktik dalam Pembelajaran Fikih. Bandung: Al-Ma'arif.
- Husna, R. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
- Ismail, Z. (2020). Kerjasama Lembaga Pendidikan dan Swasta dalam Meningkatkan Fasilitas Sekolah. Medan: Mitra Ilmu.
- Khasanah, A. (2021). Penggunaan Buku Teks dalam Pembelajaran Fikih. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.
- Lexy, Meleong J. Penelitian Kualitatif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2021.
- Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia, 2011. Mudjiono, Dimayanti. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta, 2017.
- Mulyani, S. (2020). Penerapan Sumber Belajar Lingkungan dalam Pembelajaran Agama. Malang: Bina Cipta.
- Mulyani, S. (2021). Pelatihan Guru dalam Mengembangkan Sumber Belajar Berbasis Teknologi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.
- Mulyani, S. (2021). Pembelajaran Fikih Berbasis Lingkungan di Madrasah Tsanawiyah. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Munadi, Yudi. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru.Jakarta: Gaung Persada Press, 2018.
- Pratama, R. (2020). Pengaruh Media Digital dalam Pembelajaran Fikih. Jakarta: Lentera Ilmu.
- Pratama, R. (2020). Project-Based Learning dalam Pembelajaran Fikih. Jakarta: Alfabeta.
- Rahman, A. (2021). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Islam. Semarang: Pustaka Al-Azhar.
- Rahmawati, D. (2021). Kolaborasi Guru dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Alfabeta.
- Rahmawati, D. (2021). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Agama Islam. Bandung: Mitra Pustaka.
- Rahmawati, D. (2021). Penggunaan Sumber Digital dalam Pembelajaran Agama Islam. Bandung: Pustaka Tarbiyah.
- Rahmawati, Nurul.Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV Semester Gasal di MI Ma’arif Karangnangka Kedungbanteng Banyumas Tahun Pelajaran 2011/2017. Skripsi. Purwokerto: STAIN, 2017.
- Rofi‟i, Ahmad. Pembelajaran Fiqih.Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RepublikIndonesia. 2019.
- Saondi, Ondi, Dkk. Etika Profesi Keguruan.Bandung: PT. Refika Aditama, 2010.
- Sari, D. (2020). Buku Teks dan Perannya dalam Pembelajaran Fikih. Medan: Mitra Pustaka.
- Sari, N. (2020). Modul Pembelajaran Mandiri dalam Pendidikan Madrasah. Jakarta: Penerbit Cerdas.
- Sari, N. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Mandiri untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.
- Sitepu, B.P. Pengembangan Sumber Belajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2020.
- Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. Teknologi Pengajaran.Bandung: Sinar Baru, 2015.
- Sudono, Anggraini. Sumber Belajar dan Alat Permainan:Untuk Anak Usia Dini.Jakarta: PT Grasindo, 2020.
- Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
- Syukur NC, Fatah. Teknologi Pendidikan.Semarang: Rasail Media Group, 2018.
- Tim penyusun Depdiknas, Panduan Pengembangan Bahan ajar, Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Pendidikan Nasional. 2018.
- Undang-undang Refublik Indonesia. No 20 Tahun 2003. Beserta Penjelasannya.
- Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta:Rineka Cipta, 2018
- Yusuf, A. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Pendidikan Islam. Medan: Mitra Ilmu