Main Article Content

Abstract

Penilitian ini membahas tentang tujuan pengulangan kisah nabi Nuh dalam Alquran dan relevansinya dengan repetisi pembelajaran. Dalam penulisan ini menjelaskan tujuan-tujuan pengulangan kisah nabi Nuh dalam Alquran, diantara tujuan-tujuan tersebut yaitu Pembelajaran nilai-nilai kehidupan dari kisah nabi Nuh, Peringatan untuk umat manusia agar bertaqwa dan tidak mengingkari wahyu, penguatan pesan moral dalam menghadapi tantangan hidup. Dari tiga hal diatas dijabarkan kembali pada pembahasan. Dalam kisah nabi Nuh yang sering kali diulang yang tedapat dibebeapa ayat menjelaskan bagaimana sabarnya nabi nuh menghadapi kaumnya yang sangat membangkang, memiliki relevansi dengan repetisi pembelajaran, Adapun relevansi kisah nabi nuh dengan repetisi pembelajaran yaitu menyangkut:  Efek positif dari repetisi terhadap pemahaman dan daya ingat siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kisah nabi nuh bukan hanya memperkuat daya ingat siswa melainkan untuk menciptakan pemahaman yang mendalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif (Library Research) dengan pendekatan tafsir dan pendidikan. Dalam penelitian ini penulis menuliskan Beberapa surah-suah dalam Alquran yang membahas tentang kisah nabi Nuh seperti dalam surah Nuh ayat 1-3 dari penelitian yang dilakukan oleh Nadila, Hasah, Siti Fauziah,  Nuh 26-27 penelitian yang dilakukan oleh Alizaki, dan suah Ala’raf pada ayat 60-61 dari penelitian Muhammad Thaib. Dan dalam penelitian ini penulis berusaha menjelaskan tujuan pengulangan kisah nabi Nuh dalam alquran beserta elevansinya dengan repetisi pembelajaran.


This research discusses the repetition of the story of Prophet Noah (Nabi Nuh) in the Qur'an and its relevance to repetition in learning. The study elaborates on the objectives behind the repeated narration of Prophet Noah's story in the Qur'an. Among these objectives are: teaching life values derived from Prophet Noah's story, providing a warning to humanity to be pious and not reject divine revelations, and reinforcing moral messages for overcoming life's challenges. These three aspects are further detailed in the discussion. The repeated mention of Prophet Noah’s story across various verses demonstrates his patience in dealing with a highly defiant community. This repetition has relevance to learning repetition, particularly regarding the positive effects of repetition on students' comprehension and memory retention. The findings of this research indicate that the repetition of Prophet Noah's story in the Qur'an not only strengthens students' memory but also fosters deeper understanding. This study employs a qualitative descriptive method (library research) with an interpretative approach that combines Quranic exegesis and education. The research refers to several surahs in the Qur'an discussing Prophet Noah’s story, such as Surah Nuh (verses 1–3), based on the research by Nadila, Hasah, and Siti Fauziah; Surah Nuh (verses 26–27), as explored by Alizaki; and Surah Al-A’raf (verses 60–61), as examined by Muhammad Thaib. This study aims to explain the objectives of the repetition of Prophet Noah's story in the Qur'an and its relevance to repetition in learning

Keywords

Alqur’an Kisah nabi Nuh Repetisi

Article Details

References

  1. Ahmadi. 2011, Konsep repetisi dalam proses belajar mengajar (Kajian linguistik, tematik, dan kritis paktis, matan hadist), Jurnal Tarbiyatuna Pendidikan Agama Islam Vol. 1, Nomor 1.
  2. Alizaky, 2020. “Bencana Alam Perspektif Al-Qur’an Analisis Kisah Nabi Nuh, Nabi Hud dan Nabi Luth (Kajian Tematik).” Al-Misykah: Jurnal Kajian Al-Quran dan Tafsir Vol 1 No 1.
  3. Amarullah, Risal Qori, Nasibah, Nok. 2024, Penguatan etika dan moralitas dalam dakwah pendidikan islam di lingkungan akademis, Ahsan: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol. 3 Nomor 1.
  4. Luqman. 2015, Urgensi latihan mengulang dalam belajar bahasa arab, Jurnal El-Hikmah: Vol. VIII/ No.1.
  5. Majida, Faruq. 2022. “Wawasan Al-Quran Tentang Takwa.” Al Tadabbur: Jurnal kajian sosial, peradaban dan agama Vol.8, No. 1.
  6. Muhammad Thaib Muhammad. 2017. “Kisah nabi Nuh dalam perspektif Alqur’an.” Jurnal Al-Mu‘ashirah Vol. 14, No. 2, Juli.
  7. Nadila, dkk. 2024. “Kisah nabi Nuh dalam Alqur’an alkarim (Kajian Analisis Intrinsik).” Al Syamail: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Volume 1 Nomor 1.
  8. Samin, Suriyadi. 2023 “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Dakwah Nabi Nuh as (Kajian Surat Nuh).” Proceeding Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kerinci Vol. 1 No. 1
  9. Sopian, Asep, 2017 “Stilistika Dialog Qur’ani dalam Kisah Nabi Nuh AS. Volume 45, Nomor 2.
  10. Subri. 2014. “Teori Belajar Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Qathruna volume 1 Nomor 1.
  11. Thohir, moh. Muafi Bin. 2021, Konsep Dakwah Nabi Nuh Dalam Kitab Tafsir Al-Qurtubi Karya Abu Abdullah Muhammad, DAKWATUNA Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam Volume 7, Nomor 1.