Main Article Content

Abstract

Amṡāl dalam Al-Qur'an sering kali ditafsirkan oleh para ulama yang menguasai ilmu bahasa (lughah) dan kaidah-kaidahnya. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna, unsur-unsur sertaragam perumpamaan dari Amṡāl. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif-deskriptif berbasis library research dengan pendekatan ilmu tafsir. Hasil penelitian menemukan bahwa Amṡāl dalam Al-Qur'an, memberikan penjelasan bahwa Amṡāl adalah cara untuk menyerupakan satu hal dengan hal lainnya berdasarkan kesamaan hukum, dengan tujuan mendekatkan konsep yang bersifat rasional kepada sesuatu yang dapat ditangkap oleh indera, atau menjelaskan hubungan antara dua hal yang berhubungan dengan indera melalui kemiripan yang dimilikinya. Selain itu Amṡāl terdiri dari beberapa bagian serta unsur-unsut yang saling melengkapi untuk menghasilkan perumpamaan yang efektif dan penuh makna.


Proverbs in the Qur'an are often interpreted by scholars who master the science of language (lughah) and its rules. This research aims to analyze the meaning, elements and various parables of Proverbs. This research uses field methods and literature studies with a descriptive qualitative approach. The approach used is tafsir to analyze proverbs in the Qur'an. The results of the study found that proverbs in the Qur'an, provide an explanation that proverbs are a way to resemble one thing with another based on legal similarities, with the aim of bringing a rational concept closer to something that can be captured by the senses, or explaining the relationship between two things related to the senses through their similarity. In addition, Proverbs consists of several parts and elements that complement each other to produce an effective and meaningful parable.

Keywords

Amṡāl Al-Qur’an Perumpamaan

Article Details

References

  1. Abdul, J. (2008). Ulum al-Qur’an. Dunia Ilmu.
  2. As-Suyuṭi. (2018). Al-Itqân fî Ulūm Al-Qur‟ân. Risalah.
  3. Atiratun, N. J., Abidin, M. Z. H. Z., Hasan, A. R. A., Ismail, M., & Ahmad, B. J. (2020). Analisis Ayat-Ayat Amsal Al-Quran dalam Kemahiran Komunikasi Pengajaran dan Pembelajaran. Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporari, 21(3), 1.
  4. Baidan, N. (2015). Wawasan Baru Ilmu Tafsir. Pustaka Pelajar.
  5. Fayyadh (al), M. J. (1995). al-Amṡāl fī al-Qur’an al-Karīm. al-Dār al-‘Alamiyyah li al-Kitāb al-Islāmiy.
  6. Halida, P. A. (2021). Amsal Al-Qur’an (Teori dan Aplikasi Gaya Bahasa Perumpamaan dalam Al-Qur’an).
  7. Hamid, S. (2002). Studi Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Inti media Cipta Nusantara.
  8. Jailani, A., & Hasbiyallah, H. (2019). Kajian Amtsal dan Qasam dalam Al Qur’an. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 16–26. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.373
  9. Karim, D. A., Nurcahyati, N., Hasan, A. R., & Iskandar, N. M. (2024). Rahasia Amtsal Dalam Al-Qur’an:(Kajian Etnografi Aktualisasi Manusia Berkualitas Berdasarkan QS Ibrahim 24-25). Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(1), 117–136.
  10. Kefi, K. M. U. (2023). Scientific Approach To Study Of Al-Quran Mathematics. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 5(2), 143–155. https://doi.org/10.20885/tullab.vol5.iss2.art14
  11. M. Suud, F. (2017). Amsal al-Qur’an: Sebuah Kajian dalam Psikologi Pendidikan Islam. Fikrotuna, 5(1). https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2952
  12. Ratnasari, D., & Shodikin, E. N. (2021). Nilai Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an Kajian Amtsal (Perumpamaan) Al-Qur’an. Jurnal At-Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3.
  13. Rifa’in, A., & Latif, A. (2024). Amsal in the Qur’an. TAFASIR: Journal of Quranic Studies, 2(1), 85–97. https://doi.org/10.62376/tafasir.v2i1.33
  14. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
  15. Tim Penyempurnaan Terjemahan Al-Qur’an. (2019). Al-Quran dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an,.