Main Article Content
Abstract
Khat merupakan salah satu cabang dari ilmu kaligrafi yang membahas akan bagaimana melukis arab indah serta kaidah menggoreskan huruf demi huruf dengan baik dan benar. Khat sering menjadi sorotan, terutama di kalangan mahasiswa dan dosen prodi Pendidikan Bahasa Arab lantaran berfungsi sebagai media pembelajaran berbasis estetika dan seni yang diharapkan dapat memacu semangat peserta didik dalam mempelajari bahasa arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana mata kuliah khat dapat mempengaruhi kompetensi maharah kitabah (menulis) mahasiswa S1 PBA UIN Sunan Kalijaga. Adapun metode penelitian yang digunakan antara lain adalah metode kuesioner dan observasi. Setelah melakukan riset mendalam mengenai pendapat para responden, peneliti menyimpulkan bahwa mata kuliah wajib tersebut memiliki peranan penting bagi peningkatan kompetensi maharah kitabah mahasiswa dan masih ada mahasiswa yang menilai bahwa khat kurang sesuai jika dijadikan mata kuliah wajib lantaran kurang sesuai dengan passion sebagian besar mahasiswa
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Afifi, F. S. 2002. Cara Mengajar Kaligrafi (Pedoman Guru) (D. Sirojuddin, Trans.). Jakarta: Darul Ulum Press.
- AR, Sirojuddin. 2007. Koleksi Karya Master Kaligrafi Islam: Naskhi, Sulus, Diwani, Diwani Jali, Farisi, Kufi, Riq'ah. Banten : Darul Ulum Press
- Ni'mah, K. (2024). Implementasi media papan mahir bahasa Arab dalam pembelajaran maharoh kitabah. SHAF: Jurnal Sejarah, Pemikiran, Dan Tasawof, 1(1). Jurnal Dar elIlmi, 5(19), May. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/1321
- Sibarani, N., Al-Jumar, R. H., Putra, F. S., Junaidi, P., Salsabila, D. F., & Nasution, S. (2024). Teknik Penerapan Ilmu Kaligrafi Dalam Peningkatan Maharah Kitabah. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 249-252.
- Taufik, M., Aisyah, S., & Khusairi, A. (2024). Belajar Asyik Dengan Kaligrafi: Mengasah Minat Keterampilan Menulis Bahasa Arab. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(4), 14-27