Main Article Content

Abstract

Fokus penelitian ini adalah pentingnya menerapkan etika komunikasi di media sosial di kalangan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mengidentifikasi bagaimana etika mahasiswa menggunakan media sosial dan menyebarkan informasi yang mereka peroleh dari media sosial. Kebebasan, penggunaan bahasa, sikap ikut-ikutan dalam mencemooh orang lain, dan banyaknya informasi yang mudah dijangkau merupakan problematika dalam untuk tetap mempertahankan privasi dan etika dalam komunikasi.


The focus of this study is the importance of implementing communication ethics on social media among students. The purpose of this study is to find and identify how students' ethics use social media and disseminate information they obtain from social media. Freedom, use of language, attitudes of joining in mocking others, and the abundance of easily accessible information are problematic in maintaining privacy and ethics in communication.

Keywords

Etika Media Sosial Privasi

Article Details

References

  1. Faridah, Yusuf, M., & Setiawati, N. (2022). Etika Keterbukaan dan Perlindungan Privasi di Media Sosial. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah dalam Mata Tinta, 37.
  2. Kasali, R. (2007). Motivasi Saja Tidak Cukup Menghadapi Lawan-Lawan Tak Kelihatan dalam Peradaban. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  3. Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
  4. Mutiarani, U. P., Karimah, I. N., & Syarafa, Y. P. (2024). Etika Komunikasi dalam Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Harmoni Nusa Bangsa, 205.
  5. Paujiah, J. (2023). Etika dan Filsafat Komunikasi dalam Realita Sosial. Jakarta Selatan: PT Mahakarya Citra Utama Group.
  6. Taufik, M., & Muzairi. (2016). Problematika Privasi dalam Media (Kajian Privasi sebagai Nilai Moral). Refleksi, 142-143.