Main Article Content
Abstract
Abstrak Artikel ini membahas tentang pendidik dalam persfektif Al-qur’an. Pendidik merupakan elemen terpenting dalam pendidikan. Dalam Al-qur’an terdapat beberapa kata dengan makna yang sama tetapi berbeda dari segi pengucapannya atau biasa disebut Taraduf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ayat-ayat Al-qur’an untuk memberikan penjelasan tentang perbedaan definisi kata pendidik dalam Al-qur’an. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi pustaka (library research). analisis isi (context analysis), yaitu analisis ilmiah terhadap Taraduf (sinonim) dalam penafsiran Al-qur’an. Analisis ini bertujuan untuk menemukan isi dan makna yang terkandung dalam al-qur’an mengenai istilah pendidik. Objek kajian dalam penelitian ini adalah analisis Taraduf dari kata pendidik dalam Al-qur’an. Pendekatan dalam penelitian ini adalah semantik Al-qur’an. Hasil dari penelitian ini adalah, objek pendidik yang terdapat dalam al-qur’an yaitu Allah, rasulullah, dan orang tua. Sedangkan Istilah pendidik dalam Al-Qur’an yaitu murabbi, muallim, muaddib, musryid, dan muzakki. Istilah tersebut memiliki makna yang sama namun memiliki lafaz kata yang berbeda-beda dan memiliki ciri khas masing-masing dari segi definisi dan peranannya.
This article discusses educators from the perspective of the Qur’an. Educators are the most important element in education. In the Qur'an there are several words with the same meaning but different in terms of pronunciation or what is usually called Taraduf. The aim of this research is to analyze the verses of the Al-Qur'an to provide an explanation of the different definitions of the word educator in the Al-Qur'an. Researchers used qualitative descriptive methods with library research. content analysis (context analysis), namely scientific analysis of Taraduf (synonyms) in the interpretation of the Al-Qur'an. This analysis aims to find the content and meaning contained in the Koran regarding the term educator. The object of study in this research is the Taraduf analysis of the word educator in the Al-Qur'an. The approach in this research is the semantics of the Koran. The results of this research are that the educational objects contained in the Koran are Allah, Rasulullah, and parents. Meanwhile, the terms educator in the Qur'an are murabbi, muallim, muaddib, musryid, and muzakki. These terms have the same meaning but have different pronunciations and each have their own characteristics in terms of definition and role.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Ahmad Fawaid. 2015. “Kaidah Mutaradif Al-Alfaz Dalam Al-Qur’an.” Keilmuan Tafsir Hadist 5: 144–56.
- Aini, Lia Qurrota. 2018. “Konsep Ilm Dalam Al-Qur’an (Kajian Semantik).” Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadits 1 (2): 154–77.
- Amin, Rizqy Mutmainnah, Nadrah, and La Ode Ismail Ahmad. 2021. “Guru Dalam Perspektif Islam.” Pendidikan Agama Islam 1 (1): 46–47. https://www.ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/24%0Ahttp://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/download/223/214/.
- Asmuki, Asmuki, and Asrul Anan. 2021. “Menjadi Guru Super: Sebagai Referensi Bagi Pendidik Islam Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas.” Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 6 (1): 49–58. https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i1.1429.
- Desman, Robi Aroka, Edi Safri, and Rehani. 2023. “Muhammad Rasulullah Sebagi Pendidik.” Journal Of Social Science Research 3 (2): 4852–64.
- Faruqi Dwi, Lestari Ayu, Hidayah Nur. 2023. “Guru Dalam Perspektif Islam.” Pendidikan Agama Islam 16 (1): 72–88. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/download/223/214/.
- Fikratul Jamilah, Sri Wahyuni. 2024. “Kata Tsawabun Dan Ajrun Dalam Al-Qur’an (Analisis Semantik).” Bara Aji: Jurnal Keilmuan Bahasa Arab Dan Pengajarannya 01 (02): 1–19.
- Iskandar, Iskandar. 2021. “Kontroversi Kaidah Taraduf Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu Al-Quran Dan Tafsir 1 (2): 131–47. https://doi.org/10.19109/jsq.v1i2.10164.
- Juarman, Juarman, Arivaie Rahman, and Sri Erdawati. 2021. “Pendidik Dalam Perspektif Al-Quran Dan Pendidikan Islam.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI 7 (1): 10–24. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v7i1.204.
- Lalahwa, Illa Fadhliya, Yuyun Rahmatul Uyuni, and Ahmad Habibi Syahid. 2024. “Pendidik Dan Objek Pendidikan Ditinjau Dari Persfektif Al-Qur’an.” Ad-Dhuha Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam 5 (1).
- Mukhlis, M Hasbi, and Nandang Sarip Hidayat. 2024. “Pengertian Dan Ruang Lingkup Mustaraq Al Lafzi , Ta ’ Addud.” Journal of Practice Learning and Education Development 4 (4): 337–42. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i4.383.
- Putri, Adelia, Fatimah Zahara, and Gusmaneli. 2024. “Hakikat Pendidik Dalam Strategi Pembelajaran.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2 (3): 98–108.
- Putri, Luqyana Azmiya, Nurul Alamin, and Muhammad Yusuf. 2022. “Role Model Karakteristik Pendidik Sebagai Sosok Teladan” 9: 356–63.
- Qomariah, Rafi’atun Najah, and Radiatun Nazwa. 2022. “Taraduf (Sinonim) Dalam Penafsiran Al-Qur’an.” Tarbawi 10 (01): 1. https://doi.org/10.62748/tarbawi.v10i01.75.
- Ridwan, Wawan. n.d. “Pendidik Dalam Perspektif Al-Sunnah Kajian Atas Istilah Murabbi, Muallim, Muaddib, Mudarris, Muzakki, Ustadz, Mursyid, Dan Mukhlis.” Jurnal At-Tarbiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam.
- Rokimin, and Moh. Rofiq. 2022. “Konsep Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darunanjah Jakarta).” Edukasiana: Journal of Islamic Education 1 (1): 29–44. https://doi.org/10.61159/edukasiana.v1i1.4.
- Sada, Heru juabdin. 2015. “Pendidik Dalam Persfektif Al-Qur’an.” At-Tadzkiyyah, Jurnal Pendidikan Islam 6: 93–105.
- Samsudin, Mohamad. 2019. “Pendidik Dalam Persfektif Islam.” Jurnal Al-Ashriyyah 5 (1): 259–80.
- Siompu, Nurjaliyah Aljah. 2019. “Relasi Makna Dalam Kajian Semantik Bahasa Arab.” Konferensi Nasional Bahasa Arab V 53 (9): 690–701.
- Suharmoko. 2007. “Beberapa Pandangan Tentang Guru Sebagai Pendidik.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 10 (1): 15–33. https://doi.org/10.24252/lp.2007v10n1a2.
- Sya’bani, Mohammad Ahyan Yusuf, Su’aib Muhammad, and Mohammad Samsul Ulum. 2020. “Kualifikasi Dan Tanggung Jawab Pendidik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Qur’an-Hadits.” Tadarus 9 (2). https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6754.
- Syarifuddin, H. 2003. “Hakikat Pendidik,” 26–33.
- Umam, Muhammad Syaiful, and Mohammad Makinuddin. 2023. “PERAN GURU DINIYAH DALAM PEMBENTUKAN SIKAP MODERAT SISWA (Studi Kasus Di Madrasah Diniyah Nurul Jannah Dsn. Rayung Ds. Turirejo ….” Jurnal Ilmiah Nusantara 1 (5): 300–314. https://library.unkafa.ac.id/index.php?p=show_detail&id=10310&keywords=.