Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna denotasi dan konotasi dalam syi’ir Al-I’tiraf karya Abu Nawas berdasarkan teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data yang  dilakukan  pada penelitian ini adalah dengan pendekatan semiotika Barthes untuk mengidentifikasi tanda-tanda denotatif dan konotatif yang terdapat dalam syi’ir tersebut. Makna denotatif menggambarkan arti langsung dari kata-kata, sedangkan makna konotatif mencakup lapisan-lapisan makna yang lebih dalam yang menggambarkan pengalaman batin yang universal bagi seseorang yang beriman serta mengungkapkan rasa penyesalan, ketakutan, kerendahan hati, ketergantungan penuh, harapan, dan keyakinan akan rahmat Allah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa syi’ir Al-I’tiraf tidak hanya sekadar karya sastra estetis, melainkan juga sebuah medium komunikasi yang sarat dengan pesan-pesan sosial dan refleksi filosofis. Penelitian ini memberikan wawasan baru dalam pemahaman karya sastra Arab melalui lensa semiotika modern, serta memperkaya kajian literasi dengan menggunakan teori semiotika Barthes sebagai alat analisis.


This study aims to analyze the denotative and connotative meanings in the poem Al-I'tiraf by Abu Nawas based on Roland Barthes' semiotic theory. The research employs a qualitative method, with data collection techniques including observation and documentation. The data analysis utilizes Barthes' semiotic approach to identify denotative and connotative signs present in the poem. Denotative meaning reflects the direct meaning of the words, while connotative meaning encompasses deeper layers of meaning, illustrating a universal inner experience of faith, expressing regret, fear, humility, complete dependence, hope, and trust in Allah's mercy. The findings indicate that Al-I'tiraf is not merely an aesthetic literary work but also a medium of communication rich in social messages and philosophical reflection. This study provides new insights into understanding Arabic literary works through the lens of modern semiotics and enriches literary studies by employing Barthes' semiotic theory as an analytical tool.

Keywords

Analisis Semiotika Makna Denotasi Makna Konotasi Syi’ir Al I’tiraf

Article Details

References

  1. Ach Dwi Alfandi, Setya Yuwana Sudikan, Ririe Rengganis. 2024 . "Analisis Semiotik Roland Barthes pada Karya Eka Kurniawan ." Bahtera Indonesia : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1116. https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.462.
  2. Alfin, J. 2014. Apresiasi Sastra Indonesia . Surabaya : UIN Sunan Ampel Press .
  3. Azizah, A. (2022). Makna Denotasi dan Konotasi dalam Puisi “Al-Quds” Karya Nizar Qabbani (Kajian Semiotika Roland Barthes). Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 5(02), Article 02. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v5i02.4884
  4. Fathoni, H. (2012). Gaya Bahasa Dalam Syair “Al-i’tiraf” Karya Abu Nuwas: Sebuah Analisis Stilistik. At-Ta’dib, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v7i2.72
  5. Husna, A. M. (2018). Asy-Syi’rul Arabiyy Abad ke 8: Anailisis Stilistika Syair Abu Nawas dan Imam Syafi’i. Diwan: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/diwan.v4i1.4146
  6. Mawaddah, H. M., & Supena, A. (2024). ANALISIS SEMIOTIKA TEORI ROLAND BARTHES DALAM KUMPULAN PUISI “KOPI, KRETEK, CINTA” KARYA AGUS R. SARJONO. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.729
  7. Mufid, M., Tawakkal, M. I., & Mujahid, M. (2024). Interpretasi Makna Denotasi dan Konotasi dalam Lagu “Wa Ana Ma’ak” oleh Mohammed Alsahli / Interpretation of the Meaning of Denotation and Connotation in the Song “Wa Ana Ma’ak” by Mohammed Alsahli. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.36915/la.v5i1.230
  8. Muhammad. 2011 . Metode Penelitian Bahasa . Jakarta : Arruz Media .
  9. Mu’izzuddin, Mochamad. “ANALISIS MAKNA DENOTATIF DAN KONOTASI LINGUISTIK ARAB DALAM ISTILAH SYARI’AT ISLAM.” JOEL: Journal of Educational and Language Research 1, no. 10 (31 Mei 2022): 1445–52. https://doi.org/10.53625/joel.v1i10.2286.
  10. Prasetyo, H. 2023 . "Analisis Semiotika Teori Roland Barthes Dalam Puisi "Cinta Yang Agung" Karya Kahlil Gibran ." Jurnal Elsa " Edukasi Libgua Sastra 183-191 .
  11. Septiana, Rina. 2019. "MAKNA DENOTASI, KONOTASI DAN MITOS DALAM FILM KEIN WHO AM I KEIN SYSTEM IST SICHER (SUATU ANALISIS SEMIOTIK)." Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas SAM RATULANGI 1-4.
  12. Shandy, Devie Arie. 2014. "Representasi Makna Pesan Dakwah Dalam Lirik Lagu Tomat (Tobat Maksiat) Pada Album Ingat Shalawat Karya Wali Band ." Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 1-15.
  13. Sinaga, Y. C., Cyntia, S., Komariah, S., & Barus, F. L. (2021). ANALISIS MAKNA DENOTASI DAN KONOTASI PADA LIRIK LAGU “CELENGAN RINDU” KARYA FIERSA BESARI. METABASA, 3(1), Article 1. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/mbsi/article/view/3510
  14. Wati, T. W. T., Ikmaliani, D. S., & Mustolehudin. (2022). Representasi Makna Denotasi dan Konotasi dalam Lirik Lagu Kun Fayakun (Analisis Semiotika Roland Barthes). Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5172
  15. Zai, B. (2021). ANALISIS MAKNA KONOTATIF PADA KUMPULAN PUISI KETIKA CINTA BICARA KARYA KAHLIL GIBRAN. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i1.420