Main Article Content

Abstract

Group investigation merupakan model pembelajaran yang dilakukan dengan pengaturan siswa bekerja dalam kelompok kecil menggunaan pertanyaan kooperatif, diskusi kelompok, serta perencanaan dan proyek kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan bagaimana suatu model pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diharapkan dapat tercapai. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas.Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus. Peningkatan hasil belajar ditandai dengan peningkatan prosentase hasil kerja kelompok dari siklus I sebesar 79,16 dan meningkat menjadi 86,67 pada siklus II. Hasil ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 70,3% dan meningkat pada siklus II menjadi 82%.


Group investigation is a learning model that is carried out by setting students to work in small groups using cooperative questions, group discussions, and cooperative planning and projects. This study aims to describe the application of the Group Investigation Learning Model in improving student learning outcomes in learning Islamic Religious Education. This research uses a qualitative descriptive approach, namely research that describes how a learning model is applied and how the expected results can be achieved. This type of research is action research (action research), because the research was conducted to solve learning problems in the classroom. The research was carried out in two cycles. The increase in learning outcomes was marked by an increase in the percentage of group work results from cycle I of 79.16 and increased to 86.67 in cycle II. The results of learning completeness in the first cycle were 70.3% and increased in the second cycle to 82%.

Keywords

Group investigation hasil pelajar PAI student results

Article Details

References

  1. Anam, N. (2021). Manajemen Kurikulum Pembelajaran PAI. Ta’limdiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies),, 1(2), 129–143.
  2. Anita, N., Karyasa, N., & Tika, I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Self-Efficacy Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3(1), 50-52.
  3. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  4. Astra, I., Wahyuni, C., & Nasbey, H. (2015). Improvement of Learning Process and Learning Outcomes in Physics Learning by Using Collaborative Learning Model of Group Investigation at High School (Grade X, SMAN 14 Jakarta). Journal of Education and Practice, 6(11), 75-79.
  5. Ayuwanti, I. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Smk Tuma’ninah Yasin Metro. Jurnal SAP, 1(2), 105-114.
  6. Fathurrohman, F. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 270–288.
  7. Hartoto, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal HISTORIA, 4(2), 131-142.
  8. Hasim, W., Kusen, Hartini, & Daheri, M. (2021). Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3 (6), 3884 - 3897.
  9. Irwan, N., & Sani, R. A. (2015). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Teamwork Skills terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 41-48.
  10. Listiana, L. (2017). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Biologi Melalui Model Kooperatif Tipe GI (GROUP INVESTIGATION) DAN TTW(THINK, TALK, WRITE). Semarang: FKIP UNS.
  11. Sangadji, S. (2016). Implementation of cooperative learning With group investigation model to improve learning Achievement of vocational school students in indonesia. International Journal of Learning and Development, Macrothink Institute,, 6(1), 91-103.
  12. Vidiarti, E., Zulhaini, Z., & Andrizal, A. (2019). Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. J-Pai: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 102–112.
  13. Wiratama, Y. (2017, juny 10 ). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation . Adventure Works Daily, pp. 50-62.