Main Article Content

Abstract

Latar belakang dari penelitan ini adalah karena banyak nya informasi tentang ilmu psikologis dan kesehatan mental yang mudah sekali kita dapatkan dan akses di zaman ini. Melalui proses membaca, mengumpulkan informasi, dan mengkaji tentang salah satu isu dari kesehatan mental yaitu inner child penulis merasa tertarik dan ingin mengkaji lebih dalam lagi. Setelah pengamatan sederhana yang dilakukan, penulis merasa tertarik untuk mengangkat tentang keterkaitan isu inner child ini dengan kepribadian mahasiswi di Sekolah Tinggi Pendidikan Ilmu Bahasa Arab Arraayah Sukabumi dan beberapa cara penyembuhan nya dengan penambahan perspektif Islam. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka berupa pengumpulan data dan informasi yang layak dijadikan sebagai sumber penelitian dan metode observasi serta wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan kesadaran terhadap pembaca tentang dampak inner child terhadap terhadap kepribadian dan karakter anak yang tentunya akan terbawa hingga ia tumbuh menjadi seseorang yang dewasa. Penyebab yang paling banyak memberikan pengaruh pada hal ini adalah orang-orang yang berada di sekitarnya, seperti keluarga, teman, guru dll. Lalu, bagaimana cara penyembuhannya, agar hal yang sama tak terjadi lagi pada generasi selanjutnya, mengingat bahwa para mahasiswi kelak akan menjadi orang tua di kemudian hari. Dari hasil penelitian ini, beberapa sampel menunjukkan bahwa benar adanya pengaruh inner child terhadap kepribadian mahasiswi di Stiba Arraayah Sukabumi.


The background of this research is because there is a lot of information about psychology and mental health that we can easily get and access in this day and age. Through the process of reading, gathering information, and studying one of the issues of mental health, namely inner child, the author feels interested and wants to study it more deeply. After the simple observations made, the author feels interested in raising the relevance of this inner child issue to the personality of female students at the Arraayah Sukabumi Arabic Language Education College and several ways of healing it with the addition of an Islamic perspective. The method used by the authors in this research is the method of literature study in the form of collecting data and information that is feasible to be used as a source of research and methods of observation and interviews. This research aims to provide education and awareness to readers about the impact of the inner child on the child's personality and character which of course will be carried over until he grows into an adult. The causes that have the most influence on this are the people around them, such as family, friends, teachers etc. Then, how to cure it, so that the same thing doesn't happen again to the next generation, remembering that female students will become parents in the future. From the results of this study, several samples showed that there was an inner child influence on the personality of female students at Stiba Arraayah Sukabumi.

Keywords

inner child kepribadian personality

Article Details

References

  1. Aderibigbe. 2018. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Energies 6(1): 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8.
  2. Awwad, Muhammad, and Eliza Afriani. 2021. “QAWWAM: JOURNAL FOR GENDER MAINSTREAMING MENGATASI TRAUMA PADA ANAK MELALUI TERAPI INNER CHILD DAN TERAPI DZIKIR Studi Kasus Klien Di Rumah Hijau Consulting.” Journal for Gender Mainstreaming 15(2): 69–90. http://journal.uinmataram.ac.id/indeks.php/qawwam.
  3. Dino Rizadman Rahia, Muhammad Syukran, Nurani, Feti, Wa Ode Musfira, Sindi Nurawalia Munawar, Lilis Endriani, Emiati, Anriati. 2022. “Sosialisasi ‘Keterkaitan Pola Asuh Dan Inner Child Terhadap Tumbuh Anak Di RA. Al-Muslim Waborobo.’” Kewarganegaraan 6(2): 3780–85.
  4. Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21(1): 33–54.
  5. Framanta, Galih Mairefa. 2020. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 2(1): 126–29.
  6. Gumiandari, Septi. 2011. “Kepribadian Manusia Dalam Perspektif Psikologi Islam (Telaah Kritis Atas Psikologi Kepribadian Modern).” Holistik 12(1): 259–96.
  7. Ilsan, Ellyana, Eka Putri, Annisa Damayanti, and Viena Wanidha Andriani. 2022. “Gaya Pengasuhan Orangtua Untuk Kesehatan Inner Child Anak.” International Journal of Educational Resources 03(04).
  8. Mufidah, Elia Firda, Ragil Saloka, and Wijaya Isya. 2020. “Inner Child : Dalam Pandangan Konseling Analisis Transaksional.” Prosiding Seminar dan Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling: 76–83.
  9. Nuroh, Siti. 2022. “Keterkaitan Antara Pola Asuh Dan Inner Child Pada Perkembangan Anak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Konseptual.” Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications 2(2): 61–70.
  10. Robiyana, Syaiful. 2021. “Penerapan Teknik Psikodrama Untuk Mengatasi Inner Child Pada Orang Dewasa Awal Di Ponpes Al-Hidayah Kecamatan Ciomas Kbupaten Serang.” Journal skripsi 10(3): 1–16.
  11. Sastrawidoyo, Ina. 2021. “Teori Kepribadian Rollo May.”
  12. Simbolon, Maropen. 2008. “Persepsi Dan Kepribadian.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 2(1): 52–66. https://jurnal.unai.edu/index.php/jeko/article/view/516.
  13. Surianti, Surianti. 2022. “Inner Child: Memahami Dan Mengatasi Luka MasaKecil.” Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani 8(2): 10–18.