Main Article Content

Abstract

Allah swt telah memilih salah satu bahasa yang ada di dunia sebagai bahasa penutur agama Islam, yaitu bahasa Arab. dimana bahasa ini memiliki banyak keutamaan yang seyogyanya dipertahankan keasliannya dan dipelajari secara sistematik semua cabang ilmunya oleh umat Islam sampai akhir zaman. Bahasa ini Allah pilih karena merupakan bahasa paling baik diantara  bahasa yang lain dimuka bumi. didasari dengan kuatnya pemahaman akan ilmu ini, kita semua bisa mempelajari lebih lanjut warisan keIslaman dari orang orang terdahulu sebelum kita, yang mencakup berbagai cabang keilmuan seperti: Al-Quran, Al-Hadits, filsafat, ekonomi, politik, kesehatan, matematika dan sosial. Dengan mamahami keutamaan bahasa Arab  lebih dalam, maka bagi orang yang ingin berkontribusi untuk kemajuan Islam wajib baginya mendalami bahasa Arab, terkhusus bagi para da`I yang memiliki peran besar dalam menjaga keaslian bahasa ini untuk terus mewariskan keilmuan Islam.


Allah swt has chosen one of the languages ​​in the world as the language of speakers of the Islamic religion, namely Arabic. where this language has many virtues that should be maintained in its originality and systematically studied all branches of knowledge by Muslims until the end of time. This language God chose because it is the best language among other languages ​​on earth. based on a strong understanding of this science, we can all learn more about the Islamic heritage of those who preceded us, which includes various branches of knowledge such as: Al-Quran, Al-Hadith, philosophy, economics, politics, health, mathematics and social affairs. By understanding the virtues of Arabic more deeply, it is obligatory for those who wish to contribute to the advancement of Islam to study Arabic, especially for preachers who have a big role in maintaining the authenticity of this language to continue to pass down Islamic scholarship.

Keywords

Bahasa Arab Dakwah Islam Arabic Da'wah

Article Details

References

  1. Amirudin, Noor. 1947. “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Plant Physiology 1 (1): 11–19.
  2. Anwar, Fuady. 1996. “Dlajukan Dalom Diskusi IlmiaC Pada UPT MKDU IKlP PADANG.” Upt Mkdu Ikip Padang, 1–14.
  3. Dodego, Subhan Hi Ali. 2016. “Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” 1 (2): 1–23.
  4. Fabriar, Silvia Riskha. 2019. “Urgensi Psikologi Dalam Aktivitas Dakwah.” An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam 11 (2). https://doi.org/10.34001/an.v11i2.1027.
  5. Fahrurrozi Aziz. 2014. “Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika Dan Solusinya.” Arabiyat (Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban) 1 (November 2014).
  6. Fathoni, Fathoni. 2021. “Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab Bagi Pendakwah.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 8 (1): 140–52.
  7. Hi, Subhan, and Ali Dodego. 2022. “Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” 1 (2): 55–70.
  8. Hidayat, Ansori. 2019. “DAKWAH PADA MASYARAKAT PEDESAAN DALAM BINGKAI PSIKOLOGI DAN STRATEGI DAKWAH Ansori Hidayat.” Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam 01 (02): 169–92.
  9. Masnun, Masnun. 2019. “Teori Linguistik Dan Psikologi Dalam Pengajaran Bahasa Arab Di Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 8 (1): 172–204. https://doi.org/10.38073/jpi.v8i1.107.
  10. Muhbib Abdul Wahab. 2014. “Peran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Ilmu Dan Peradaban Islam.” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1 (1).
  11. Mustofa, Ali. 2018. “Masa Keemasan Pendidikan Islam ( Studi Tentang Peran Khalifah Harun Al-Rasyid Dalam Pendidikan Islam ).” Jurnal Pendidikan Islam 4 (2): 107–32.
  12. Rohbiah, Tatu Siti. 2017. “Perubahan Makna Kata Serapan Bahasa Arab Dalam Bahasa Inggris Pada Istilah Ekonomi.” Buletin Al-Turas 23 (2). https://doi.org/10.15408/bat.v23i2.5790.
  13. Suhaemi, Babay. n.d. “URGENSI PENGUASAAN BAHASA ARAB BAGI JURU DAKWAH” 4 (15): 85–116.
  14. Wahab, Muhbib Abdul. 2022. “Peran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Peradaban Islam.” Jurnal Literasiologi 8 (4). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i4.393.
  15. Yunof Candra, Bach. 2019. “Problematika Pendidikan Agama Islam.” Journal ISTIGHNA 1 (1): 134–53. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.21.