Main Article Content

Abstract

Laporan ini membahas tentang pengembangan penilaian keterampilan produk dan portofolio mata pelajaran bahasa Arab di Al Wafi IBS Bogor, sebuah lembaga pendidikan yang mencakup tiga kurikulum: Diniyah, kurikulum k13 & kurikulum merdeka, dan Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengobservasi dan mewawancarai siswa kelas 11 SMA Al-Wafi Islamic Boarding School tentang penilaian produk dan portofolio yang mereka lakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian produk dan portofolio dapat menilai aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa secara menyeluruh. Penilaian produk meliputi penilaian kemampuan siswa membuat produk-produk teknologi dan seni, seperti kaligrafi, peta konsep, rekaman pidato, dan naskah drama berbahasa Arab. Penilaian portofolio merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan siswa dalam satu periode tertentu, seperti karangan, puisi, hasil diskusi, hasil penelitian, dan hasil wawancara3. Penilaian portofolio juga melibatkan siswa untuk menilai karyanya sendiri dan melakukan perbaikan. Penilaian produk dan portofolio memerlukan pendekatan yang sesuai, salah satunya adalah dengan investigasi sederhana. Laporan ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas penilaian produk dan portofolio di Al Wafi IBS Bogor. Kata kunci: Penilaian Produk, Portofolio, Al-Wafi IBS

Keywords

kata kunci

Article Details

References

  1. Ahmad Fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2004.
  2. Allivna, A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Afektif dan Psikomotor Peserta Didik pada Model Pembelajaran Kooperatif Metode Team Games Tournament (TGT) dalam Mata Pelajaran Fisika SMA. Thesis. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
  3. Arnie Fajar, Portofolio dalam Pembelajaran IPS, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004
  4. Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajaaranmja, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003 Burhan Nurgiyantoro, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, (Yogyakarta: BPFE, 1988)
  5. Dasim Budimansyah, Model Pembelajaran Berbasis Portofolio; Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Genesindo, 2003.
  6. Hamid, M. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kemendikbud
  7. M. Ainin, dkk, Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: Misykat, 2006)