Main Article Content
Abstract
Laporan ini membahas tentang pengembangan penilaian keterampilan produk dan portofolio mata pelajaran bahasa Arab di Al Wafi IBS Bogor, sebuah lembaga pendidikan yang mencakup tiga kurikulum: Diniyah, kurikulum k13 & kurikulum merdeka, dan Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengobservasi dan mewawancarai siswa kelas 11 SMA Al-Wafi Islamic Boarding School tentang penilaian produk dan portofolio yang mereka lakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian produk dan portofolio dapat menilai aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa secara menyeluruh. Penilaian produk meliputi penilaian kemampuan siswa membuat produk-produk teknologi dan seni, seperti kaligrafi, peta konsep, rekaman pidato, dan naskah drama berbahasa Arab. Penilaian portofolio merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan siswa dalam satu periode tertentu, seperti karangan, puisi, hasil diskusi, hasil penelitian, dan hasil wawancara3. Penilaian portofolio juga melibatkan siswa untuk menilai karyanya sendiri dan melakukan perbaikan. Penilaian produk dan portofolio memerlukan pendekatan yang sesuai, salah satunya adalah dengan investigasi sederhana. Laporan ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas penilaian produk dan portofolio di Al Wafi IBS Bogor. Kata kunci: Penilaian Produk, Portofolio, Al-Wafi IBS
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Ahmad Fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2004.
- Allivna, A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Afektif dan Psikomotor Peserta Didik pada Model Pembelajaran Kooperatif Metode Team Games Tournament (TGT) dalam Mata Pelajaran Fisika SMA. Thesis. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
- Arnie Fajar, Portofolio dalam Pembelajaran IPS, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004
- Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajaaranmja, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003 Burhan Nurgiyantoro, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, (Yogyakarta: BPFE, 1988)
- Dasim Budimansyah, Model Pembelajaran Berbasis Portofolio; Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Genesindo, 2003.
- Hamid, M. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kemendikbud
- M. Ainin, dkk, Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: Misykat, 2006)