Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk memaparkan beberapa metode character building yang dianggap memiliki lingkup fleksibel untuk di terapkan dan memiliki nilai pengaruh tersendiri, dengan berdasarkan perspektif Islam sebagai sumber yang diyakini kebenarannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif berupa kajian literatur (literature research) dari berbagai sumber seperti al Quran dan hadist, artikel dan jurnal- jurnal perspektif islam dan barat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembangunan sebuah karakter sangat penting , dan usaha-usaha pun dapat dilakukan melalui pengamalan metode-metode yang dapat diambil pemikirannya dari karakteristik akhlak islam yang baik dalam Alquran dan hadist serta teori-teori para tokoh Pendidikan yang telah menyuguhkan perjuangan mereka dalam perhatian terhadap keterjuwudan sebuah karakter yang baik. Kesadaran akan pentingnya pembangunan karakter, akan membawa individu kedalam usaha mewujudkan pembangunan nya, dan hal itu dapat dilakukan melalui proses pendidikan. Pendidikan dilakukan dengan berbagai metode , dan pada jurnal ini dikemukakan metode fleksibel berspektif islam yang berpengaruh pada individu tersebut.
The aim of this research is to explain several character building methods which are considered to have a flexible scope for application and have their own influence value, based on the Islamic perspective as a source that is believed to be true. The research method used is a qualitative approach in the form of literature research from various sources such as the Koran and hadith, articles and journals from Islamic and western perspectives. The results of the research show that character development is very important, and efforts can be made through the practice of methods that can be taken from the characteristics of good Islamic morals in the Koran and hadith as well as the theories of educational figures who have presented their struggles in attention to the realization of a good character. Awareness of the importance of character development will bring individuals into efforts to realize their development, and this can be done through the educational process. Education is carried out using various methods, and in this journal a flexible method with an Islamic perspective is presented which has an influence on the individual.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- A.sukmawati. 2020. “PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS KETELADANAN GURU DAN PEMBIASAAN MURID SIT AL BIRUNI JIPANG KOTA MAKASSAR” 5 (April): 91–99.
- Adha, Muhammad Mona, Eska Prawisudawati Ulpa, Jack McGregor Johnstone, and Billy L. Cook. 2019. “Pendidikan Moral Pada Aktivitas Kesukarelaan Warga Negara Muda.” Journal of Moral and Civic Education 3 (1): 28–37.
- Apriana, Amanda Nur, and Nan Rahmiwati. n.d. “Proses Pembentukan Karakter Disiplin Tanggung Jawab Dan Kemandirian Melalui Program Pembiasaan Dan Keteladanan Di TK A Kota Cimahi,” 26–29.
- DRA. SITI HASANAH, M.Pd. 2021. “Rasulullah Sebagai Pemimpin Teladan Bagi Ummat Manusia.”
- Erlistiana, Devi, Elitawati, Hesti, and Meti Andani. 2020. “Efektivitas Olahraga 3B (Berenang, Berkuda, Berpanah) Sebagai Sarana Dakwah Islam.” Busyro: Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies 02 (01): 1–8. https://doi.org/10.55352/kpi.v2i1.209.
- Fauziah, Siti. 2022. “Pengaruh Shalat Dalam Perspektif Islam Terhadap Psikologi Individu.” Proceedings Radenfatah 02 (01): 215–20.
- Firmansyah, M., and I Dewa Ketut Yudha , Masrun. 2021. “Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif” 3 (2).
- Fitriyani, Indri. 2021. “Implementasi Teori Thomas Lickona Terhadap Problem Ketidak Jujuran.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 4 (1): 94–109. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.932.
- Hafid, Ubabuddin Din. 2018. “Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Islam.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 7 (1): 93–98. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3428.
- Malla Avila, Diana Esperanza. 2022. “PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER (CHARACTER BUILDING) SEBAGAI PENCEGAHAN DEGRADASI MORAL PADA ANAK.” הארץ 18 (8.5.2017): 2003–5.
- Masrukhin, Agus. 2013. “Model Pembelajaran Character Building Dan Implikasinya Terhadap Perilaku Mahasiswa.” Humaniora 4 (2): 1229. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3566.
- Muali, Chusnul. 2019. “Kajian Refleksi Teori Pengembangan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Agama.” Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam vol.9.
- Mursalin, Hisan. 2023. “Teori Pendidikan Ibn Miskawaih Dan Thomas Lickona” 7 (3): 1722–36.
- Mustofa, Ali. 2019. “METODE KETELADANAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM” 5.
- Nasihatun, Siti. 2021. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam 3 (1): 78–90. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.93.
- Nur Indah Sari. 2014. “Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Sina Dan Relevansinya Dengan Pembangunan Karakter Di Indonesia.” As-Salam.
- Nur Said Rahmatullah. 2017. “Strategi Dakwah Komunitas Sahabat Muda Surabaya Dalam Membentuk Pemuda Social Entrepreneur Yang Islami Berdasarkan Teori Sayyid Muhammad Nuh.” (Bachelor’s Thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40316.
- NURSEHA, AFIF. 2023. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Quran Surat Ali-Imran Ayat 159.” ISEDU : Islamic Education Journal 1 (1): 91–104. https://doi.org/10.59966/isedu.v1i1.635.
- Prasetyo, Iwan J. 2017. “Mengapa Perlu Adanya Pendidikan Karakter?” http://dinaspendidikan.blorakab.go.id/home/?p=317.
- Putri, Ananda, Yuliharti Yuliharti, and Yanti Yanti. 2021. “Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan.” Kutubkhanah 20 (1): 19. https://doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i1.13341.
- Putri, Tanri Aulia. 2019. “KONSEP-KONSEP DASAR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MENURUT KARAKTER ISLAM.”
- Ramdhany, Nur Anisah Riska, Weni Yulastri, and Wira Solina. 2023. “Kontribusi Kegiatan Mentoring Terhadap Pembentukan Karakter Kerja Keras Peserta Didik Kelas VIII Di SMP-IT Adzkia Padang.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1): 28–40. https://doi.org/10.56832/edu.v1i1.14.
- Rusdin, Rusdin, Salahudin Salahudin, and Ewan Irawan. 2022. “Peran Olahraga Dalam Pembentukan Karakter Islami Mahasiswa Di Stkip Taman Siswa Bima.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (3): 2576–83. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3808.
- Setio Wati. 2017. “Pendidikan Sebagai Sosialisasi Pembentuk Kepribadian Di Ma Al-Ihsan Boarding School Kubang Raya, Kampar ± Riau).” Jom Fisip 4 (1): 1–14.
- Shafwan, Hambal Muhammad. 2021. “KONSEP AL- QUR ’ AN TENTANG KECERDASAN ( Studi Analisis Tematik Surat Luqman Ayat 12-19 ).” Staim Journal 4 (2): 128–41. http://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/147.
- Somantri, Gumilar Rusliwa. 2005. “Makara Human Behavior Studies in Asia Memahami Metode Kualitatif” 9 (2): 57–65.
- Tanis, Hibur. 2013. “Pentingnya Pendidikan Character Building Dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa.” Humaniora 4 (2): 1212. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3564.
- Yuliharti. 2018. “Pembentukan Karakter Islam Dalam Hadis…” 4 (2): 216–28.
- Al-Ghazali mendefinisikan akhlak sebagai sifat yang tertanam dalam jiwa yang darinya timbul perbuatan-perbuatan yang mudah dilakukan tanpa memerlukan pertimbangan atau pemikiran mendalam. Akhlak mencakup perilaku yang baik (akhlak mahmudah) dan perilaku yang buruk (akhlak mazmumah).
- Menurut Lickona, karakter adalah kualitas moral dan etika yang terinternalisasi dalam diri seseorang, yang tercermin dalam tindakan dan perilaku sehari-hari.