Main Article Content
Abstract
Perspektif Islam mengenai pendidikan multikultural dan respons Islam terhadap keberagaman yang ada dalam masyarakat, terutama di lembaga pendidikan, sebagai upaya untuk menjamin setiap kelompok etnis agar memiliki hak yang setara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pandangan Islam terhadap pendidikan multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi pustaka, dimana berbagai referensi bersumber dari buku, jurnal, dan penelitian terdahulu yang relevan dengan topik penelitian dianalisis secara mendalam. Pendidikan ini merupakan pendidikan yang fokus pada kesetaraan dalam perbedaan budaya. Pendidikan multikultural merupakan suatu pendekatan yang menitikberatkan pada pemahaman dan penghargaan terhadap keberagaman budaya yang berbeda. Dalam perspektif Islam, perbedaan bukanlah menjadi penyebab konflik dan ukuran keagungan seseorang, tetapi dianggap sebagai kesempatan untuk saling memahami dan menghargai satu sama lain. Pendidikan multikultural adalah landasan penting dalam menjaga persatuan dan integrasi sosial di tengah masyarakat yang heterogen, dengan cara mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesetaraan, keadilan, keberagaman, persatuan, ras, suku, bahasa, tradisi, serta menghargai kepercayaan agama, sehingga diharapkan terwujud kehidupan yang harmonis dan damai. Pendidikan Multikultural ini sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam, yang terkandung dalam al-Qur'an yang menekankan tentang pentingnya menghargai keragaman. Hal ini juga telah diimplementasikan oleh Nabi Muhammad saw, dan para sahabat Rasul, sebagaimana yang tercantum dalam piagam Madinah.
Islamic perspectives regarding multicultural education and Islamic responses to the diversity that exists in society, especially in educational institutions, as an effort to guarantee that every ethnic group has equal rights. The aim of this research is to explain the Islamic view of multicultural education. This research uses a qualitative literature study approach, where various references sourced from books, journals and previous research that are relevant to the research topic are analyzed in depth. This education is education that focuses on equality in cultural differences. Multicultural education is an approach that focuses on understanding and giving respect to the diversity of different cultures. In the Islamic perspective, differences are not a cause of conflict and a measure of someone's greatness, but are considered an opportunity to understand and respect each other. Multicultural education is an important foundation in maintaining social unity and integration in a heterogeneous society, by educating people about the importance of equality, justice, diversity, unity, race, ethnicity, language, traditions, as well as respecting religious beliefs, so that it is hoped that a harmonious life will be realized . and peaceful. Multicultural education is in accordance with the values of Islamic teachings, contained in the Koran which emphasizes the importance of respecting diversity. This has also been implemented by the Prophet Muhammad saw, and the companions of the Prophet, as stated in the Medina charter.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- al- Qur’an
- Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
- Amin, M. (2018). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. 09(1), 24–34.
- Banks, J. A. ., & Banks, C. A. . M. (n.d.). Multicultural Education. Washington: Wiley.
- Handayani, F., Ruswandi, U., Erihadiana, M., & Basari, M. H. (2020). Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Islam (Ipi). MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 5(2), 67. https://doi.org/10.33511/misykat.v5n2.67-80
- Harahap, A. S., Swanto, Y. A., Winda, W., & Arif, M. (2023). Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Pendidikan Islam. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(4), 1105–1115. https://doi.org/10.47006/er.v7i4.16456
- Ilmiah, J., & Futura, I. (2013). Sikap Tasamuh Dalam Pendidikan Multikultural. 13(1), 12–27.
- Mardika, F. (2022). Pendidikan Multikultural Perspektif Islam. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 48. https://doi.org/10.31958/atjpi.v3i1.4033
- Muhammedi. (2016). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM: UPAYA PENGENALAN NILAI-NILAI ISLAM YANG UNIVERSAL KEPADA PESERTA DIDIK MELALUI DUNIA PENDIDIKAN. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., VI(2), 5–24.
- Muhhammad Yusuf, F. F. (2023). Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Pendidikan Islam. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(4), 1105–1115. https://doi.org/10.47006/er.v7i4.16456
- Mulyadi, Elza Rahilla AlHadjrath, Purti Wulan Hutami, M. A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter generasi z. … Pembelajaran Dan Pendidikan), 7, 30380–30384.
- Muzaki, I. A. (2018). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Islamic Worldview. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 57–76. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.154
- Muzakkir, M., & Dani, A. U. (2020). Analisis Nilai-Nilai Kebangsaan Dan Kebhinekaan Di Madrasah Madani Alauddin Makassar. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 1. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.14938
- Nasihin, S. (2017). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL(problema dan solusinya) DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS. Al-Muta’aliyah STAIN Darul Kamal NW Kembang Karang, I No 1(2502–247), 162–176.
- Nurasmawi, & Ristiliana. (2021). Pendidikan MULTIKULTURAL. Riau: CV. Asa Riau.
- Nurhuda, A. (n.d.). Sejarah Munculnya Paham Pendidikan Multikultural.
- Prayoga, T., Bahri, S., & Shofiyah, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Islam ( Telaah Tafsir Al-Quran Surat Ar-Rum Ayat. 1–7.
- Rizal, sobri muhammad. (2020). Islam dan pendidikan multikultural. Journal of Indonesian Tafsir Studies, 01(1), 30–34.
- S, P. S. M., Qoriatunnisa, Pratama, Z. S., & Komariah, K. S. (2022). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM. 6, 159–166.
- Sabran. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(November), 1–21.
- Sari, I. K., & Siregar, N. (2021). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. 18, 108–118.
- Sari, N. I., Sari, T. W., EdvinaSyahnanda, Khadijah, & Darlis, A. (2023). Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Islam. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 9(2), 413–420.
- Sartika, D., Nasehudin, & Suniti. (2020). Pengaruh Penerapan Pendidikan Multikultural Terhadap Sikap Dan Toleransi. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(1), 27–42. https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6229
- Sinta Utami, P. (2017). Pengembangan Pemikiran James a. Banks Dalam Konteks Pembelajaran. PENGEMBANGAN PEMIKIRAN JAMES A. BANKS DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN, 2(2), 68–76. https://doi.org/10.24269/v2.n2.2017.68-76
- Sopiah. (2009). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 157–166. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.3
- Srinarwati, D. R. (2023). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Purbalingga: CV.Eureka Media Aksara.
- Suluri. (2019). Pendidikan Multikulturalisme Dalam Islam. Religi Jurnal Studi Agama-Agama, 15(1), 76. https://doi.org/10.14421/rejusta.2019.1501-05
- Syamsi, M. (2019). NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM. 15, 16–32. Retrieved from https://www.minsal.cl/wp-content/uploads/2019/01/2019.01.23_PLAN-NACIONAL-DE-CANCER_web.pdf
- TALOKON, J. V. (2023). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN MULTIKULTURALISME. OSF Preprints.
- Ubadah. (2022). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Konsep, Pendekatan, dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Palu Sulteng: Pesantren Anwarul Qur’an.
- Wahyuddin, W., & Hanafi. (2016). KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 721–744. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i1.610
- Wulandari, T. (2020). Konsep dan Praksis PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Yogyakarta: UNY Press.
- Yusuf, M., & Faridah, F. (2021). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Islam. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 2(4), 1105–1115. https://doi.org/10.47006/er.v7i4.16456
- Zakiyatun. (2019). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PRESPEKTIF ISLAM. 1(2), 6–12.
- Zakiyatun, S., Islam, U., Sunan, N., & Email, K. (2019). Pendidikan Multikultural Dalam Persepektif Islam. 1(2), 6–12.