Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan layanan terhadap motivasi menabung di BTH Ummat Mandiri Kota Balikpapan. Kepuasan layanan merupakan faktor penting yang dapat memengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan, khususnya dalam hal menabung. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah BTH Ummat Mandiri dan dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan layanan dengan motivasi menabung. Semakin tinggi tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas layanan yang diberikan, semakin tinggi pula motivasi mereka untuk menabung di BTH Ummat Mandiri. Faktor-faktor seperti keramahan petugas, kecepatan layanan, kemudahan akses, dan kejelasan informasi layanan berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan motivasi menabung. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengelola BTH Ummat Mandiri dalam meningkatkan kualitas layanan untuk mendorong lebih banyak nasabah menabung.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Al-Ghazali, Abu Hamid. Ihya Ulumuddin. Terj. Jakarta: Pustaka Amani, 2013, hal. 45-48.
- Hibban, Nafisul. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di BMT Taman Indah Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh, 2023.
- Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. Terj. Jakarta: Erlangga, 2016, hal. 138-140.
- Lovelock, Christopher, dan Jochen Wirtz. Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, dan Strategi. Terj. Jakarta: Erlangga, 2011, hal. 210-212.
- Manan, Abdul Ghofur Anshori. Hukum Perbankan Syariah di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers, 2012, hal. 89-91.
- Maslow, Abraham H. A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 1943, pp. 370-396.
- Nasution, M. N. Total Quality Management. 2nd ed. Bogor: Ghalia Indonesia, 2004, pp. 45-47.
- Schiffman, Leon G., dan Leslie Lazar Kanuk. Perilaku Konsumen. Terj. Jakarta: Indeks, 2008, hal. 53-56.
- Zeithaml, Valarie A., dkk. Pemasaran Jasa. Terj. Jakarta: Salemba Empat, 2006, hal. 102-105.