Main Article Content

Abstract

Abstrak berisi: Artikel ini membahas islam dan Pendidikan pada revolusi masyarakat Madinah, yang menjadi pondasi bagi pengembangan masyarakat Muslim yang beradab dan berilmu. Pendidikan di Madinah dipusatkan di Masjid Nabawi, yang berfungsi sebagai pusat ibadah, pendidikan, dan sosial. Penelitian ini merupakan library research yang menjadikan buku, jurnal dan artikel lainnya sebagai sumber utama. Rasulullah menerapkan berbagai metode pendidikan yang inklusif dan interaktif, yang tidak hanya berfokus pada pengajaran agama tetapi juga membangun keterampilan sosial, kepemimpinan, dan literasi. Artikel ini mengacu pada sumber-sumber primer seperti Sirah Nabawiyah, Hadis, dan Piagam Madinah.


Write abstract in This article discusses Islam and Education in the revolution of Medina society, which became the foundation for the development of a civilized and knowledgeable Muslim society. Education in Medina was centered in the Prophet's Mosque, which functioned as a center of worship, education, and social. This research is a library research that uses books, journals and other articles as the main sources. The Prophet implemented various inclusive and interactive educational methods, which not only focused on religious teaching but also built social skills, leadership, and literacy. This article refers to primary sources such as the Prophet's Sirah, Hadith, and the Medina Charter.

Keywords

Madinah Pembelajaran Islam Pendidikan Rasulullah Sirah Nabawiyah Strategi Pendidikan

Article Details

References

  1. Al-Faruqi, I. R. (1988). Tauhid: its implications for thought and life, terj, Rahmi Astuti. Bandung: 109.
  2. Al-Mubarakpuri, S.-u.-R. (2008). Sirah Nabawiyah. Pustaka Al-Kautsar.
  3. Bukhari, A. (n.d.). Shahih Bukhari .
  4. Hamidullah, M. (1941). The First Written Constitution in the World: An Important Document of the Time of the Holy Prophet. 28-30.
  5. Hisham, I. (2000). Sirah Nabawiyah. Beirut: Dar al-kutub al-ilmiyah.
  6. Husin, G. I. (2018). Pemikiran Tentang Sistem Dan Kelembagaan Pendidikan Islam Di Masa Rasulullah Pada Periode Mekkah Dan Periode Madinah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 11.24 (2018), 69–88 , 69-88.
  7. Ishaq, I. (1955). Sirat Rasul Allah. Oxford University Press.
  8. Khatib, I. (2011). Sejarah Peradaban Islam: Dari Masa Nabi Muhammad hingga Khulafaur Rasyidin. Pustaka Al-Kautsar, 2011.
  9. Qutbh, M. (1998). Sistem Pendidikan Islam. Bandung: al-Ma'arif.
  10. Raji', I. (n.d.). Tauhid: its implications for thought and life. In terj. Rahmi.
  11. Siregar, L. F. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 58.
  12. Syukur, F. (2011). Sejarah Peradaban Islam. Semarang: PT Pustaka Rizki.