Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi program hiwar untuk menguasai kosakata bahasa Arab bagi siswa SMP IT Al Andalus Pekanbaru Riau. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana implementasi program hiwar untuk menguasai kosa kata bahasa Arab bagi siswa di SMP IT Al Andalus Pekanbaru Riau?” Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP IT Al Andalus tahun pelajaran 2023/2024, dengan sampel 1 siswa per kelas. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa SMP IT Al Andalus Pekanbaru. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sebagai berikut: (1) Observasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi. Dari hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa implementasi program Hiwar SMP IT Al Andalus Pekanbaru telah dilaksanakan sejak tahun 2021, namun masih terdapat beberapa kekurangan yang mana program ini memerlukan perbaikan dan peningkatan lebih lanjut, baik dari segi metode maupun sarana dan prasarana.


This research is a qualitative study which aims to determine the implementation of the hiwar program to master Arabic vocabulary for Al Andalus IT Middle School students, Pekanbaru Riau. The formulation of the problem in this research is "how is the implementation of the hiwar program to master Arabic vocabulary for students at SMP IT Al Andalus Pekanbaru Riau?" The population of this research is all students at SMP IT Al Andalus for the 2023/2024 academic year, with a sample of 1 student per class. The subjects of this research were teachers, principals, deputy principals for curriculum, and students. The object of the research is to improve Arabic vocabulary mastery of Al Andalus IT Middle School students in Pekanbaru. Data collection for this research was carried out using the following methods: (1) Observation (2) Interview (3) Documentation. From the analysis of the data obtained, it can be concluded that the implementation of the Hiwar SMP IT Al Andalus Pekanbaru program has been carried out since 2021, but there are still several shortcomings with which this program requires further improvement and improvement, both in terms of methods and facilities and infrastructure.

Keywords

Implementasi Penguasaan Kosa Kata Program Hiwar SMP IT Al Andalus

Article Details

References

  1. A, Ahmad Baeni. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Pustaka.
  2. Akib, Haedar dan Antonius Tarigan.(2010). Artikulasi Konsep Implementasi Kebijakan: Perspektif, Model dan Kriteria Pengukurannya : Jurnal Administrasi Publik Vol.1 No.1
  3. Al-Khuli, Muhammad Ali. (2010). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Basan Publishing.
  4. Anwar , Moch & Anwar Abu Bakar. (2005). Ilmu Nahwu Terjemahan Matan Al-Jurumiyyah dan Imrithy Berikut Penjelasannya. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  5. Canfield, J., Truong, V., Bereznicka, A., Bridden, C., Liebschutz, J., Alford, D. P., Saitz, R., Samet, J. H., Walley, A. Y., & Lunze, K. (2023). Evaluation of a Student Clinical Research Education Program In Addiction Medicine. Annals of Medicine: 55(1).
  6. Chadijah, S., Syariatin, N., Rohmiyati, Y., Utomo, J., & Rukmana, A. Y. (2023). A Correlational Study of Gadget Used Towards Reading Interest. Journal Of English Culture, Language, Literature and Education. 11(1).
  7. Cresweel, Jhon W.(2016). RESEARCH DESIGN Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
  8. Efendi, Ahmad Fuad.2005 Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Miskat.
  9. Gultom, B., B. Gultom. (2020). Upaya Pelayanan Kepada Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Kerja Kecamatan di Kantor Camat Hamparan Perak. Jurnal Digital Repository: Gastronomía Ecuatoriana Turismo Local. 1.69.
  10. Hafidzah, Vivi Nurul. (2017). Peran Hot Radio dalam Menyukseskan Sosialisasi Program-Program Pemerintah Provinsi Banten. Diploma atau S1 Thesis: Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
  11. Hamsah,Herdah. (2022) AL-ASMA’ Pengenalan isim dalam bahasa arab,Depok : Rajawali Press.
  12. Hasbullah. (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
  13. Hijriyah, Umi. (2018). Analisis Pembelajaran Mufradat dan Struktur Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah. Surabaya: CV. Gemilang.
  14. Kapici, H. O., & Akcay, H. (2023). Improving Student Teachers’ TPACK Self-Efficacy through Lesson Planning Practice in the Virtual Platform. Educational Studies. 49(1).
  15. Kartono, Kartini & Dani Gulo. (1987). Kamus Psikologi. Bandung : Pionir Jaya.
  16. Machali, Rochayah. (2009). Pedoman Bagi Penerjemah: Panduan Lengkap Bagi Anda yang Ingin Menjadi Penerjemah Profesional. Bandung: Kaifa.
  17. Marimba, Ahmad. D. (1962). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: AlMa’arif.
  18. Moleong, L.J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda karya.
  19. Muhammad Rijal fadli,(2021)“Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif”, Humanika,kajian ilmiah mata kuliah umum, Vol.21. No.1
  20. Mustofa, Syaiful. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press.
  21. N. S., Sukma Dinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya.
  22. Suharsimi, Arikanto. (1995). Dasar-dasar reasearch. Tarsono.
  23. Tachjan,2006. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI.
  24. Tayibnapis, Farida Yusuf. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  25. Tomy, Juliani. (2019). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Perkembangan Akhlak Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu
  26. Triwiyanto, Teguh .2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.