Main Article Content

Abstract

Pendidikan Islam moderat, yang menekankan nilai-nilai keseimbangan, toleransi, dan keterbukaan, memainkan peran penting dalam menciptakan masyarakat yang harmonis dan damai. Kitab Ta'limul Muta'allim karya Syaikh Az-Zarnuji memberikan panduan berharga mengenai pendidikan Islam yang mengintegrasikan pengajaran agama dengan pembentukan karakter yang mulia. Artikel ini bertujuan untuk menggali konsep pendidikan Islam moderat dalam perspektif Ta'limul Muta'allim dan relevansinya dalam menghadapi tantangan pendidikan saat ini. Melalui metode riset kepustakaan, artikel ini mengidentifikasi Konsep Pendidikan Islam Moderat yang diajarkan dalam kitab tersebut, yang meliputi bagaimana kurikulum Pendidikan islam modereat, tujuan Pendidikan islam moderat, peran seorang guru dalam Pendidikan islam moderat, murid dalam Pendidikan islam moderat dan metode Pendidikan islam moderat serta relevansinya pada Pendidikan di masa kini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam moderat yang diuraikan dalam Ta'limul Muta'allim memiliki lima konsep Pendidikan dan relevan pada pada pendidikanmasa kini bahkan dapat membentuk generasi yang tidak hanya cerdas dalam bidang agama, tetapi juga mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan menjaga keberagaman sosial. Dengan demikian, konsep pendidikan ini dapat menjadi solusi dalam memperkuat pemahaman agama yang moderat dan menghindari potensi konflik sosial yang disebabkan oleh perbedaan pemahaman.


Moderate Islamic education, which emphasises the values of balance, tolerance and openness, plays an important role in creating a harmonious and peaceful society. Syaikh Az-Zarnuji's Ta'limul Muta'allim provides valuable guidance on Islamic education that integrates religious teaching with noble character building. This article aims to explore the concept of moderate Islamic education in the perspective of Ta'limul Muta'allim and its relevance in facing current educational challenges. Through the literature research method, this article identifies the concept of moderate Islamic education taught in the book, which includes how the curriculum of moderate Islamic education, the objectives of moderate Islamic education, the role of a teacher in moderate Islamic education, students in moderate Islamic education and methods of moderate Islamic education and its relevance to education today. The results show that moderate Islamic education described in Ta'limul Muta'allim has five educational concepts and is relevant to today's education and can even form a generation that is not only intelligent in the field of religion, but also able to adapt to the times and maintain social diversity. Thus, this educational concept can be a solution in strengthening moderate religious understanding and avoiding potential social conflicts caused by differences in understanding.

Keywords

Pendidikan Islam Moderat Syaikh Az-Zarnuji Ta'limul Muta'allim

Article Details

References

  1. Agama, Badan Litbang dan Diklat Kementerian. Peranan Pesantren Dalam Mengembangkan Budaya Damai. Cet. Ke .1. Jakarta: Maloho Jaya Abadi Press, 2010.
  2. Agama, Departemen. Al-Qur‟an Dan Terjemah. Jakarta: Hati Emas, 2014.
  3. AJI, PRATAMA. “KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS PERSPEKTIF IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM.” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2024.
  4. Al-Abrasyi, M. Athiyah. Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam, Terj. Syamsuddin et.Al. Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 2005.
  5. Al-Falasy, Herwan, Sri Wahyuni Hakim, Hakmi Kurniawan, Masrun Saridin, Zulbaida Zulbaida, and Ahmad Wahyudi. “Kurikulum Pendidikan Islam Menurut Burhanuddin Al-Zarnuji.” Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 19, no. 2 (n.d.).
  6. Al-Ghazali, Al-Imam Abu Hamid. Ihya Ulumuddin Juz 3. Surabaya: Al-Hidayah, 1992.
  7. Anam, Ibrahim. Guru Makhluk Serba Bisa. Bandung: PT. Al-Ma‟arif, 2000.
  8. Anshori, A. Ma’ruf. Etika Belajar Bagi Penuntut Ilmu Terjemah Ta’limul Muta’allim. Surabaya: Almiftah, 2012.
  9. Arifin, H. M. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
  10. Asy’ari, Muhammad Hasyim. Adabul ‘Alim Wal Muta’Allim. Jombang: maktabah turats alislami, n.d.
  11. Barizi, Imam Tholkhah dan Ahmad. , Membuka Jendela Pendidikan, Mengurai Akar Tradisi Dan Interaksi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakart: Raja Grafindo Persada, 2004.
  12. Daulay, Haidar Putra, Zaini Dahlan, Muhammad Ilham Syahputra, and Muhammad Siddik Arfandi. “Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Thariq Al-Ta’allum Karya Syaikh Burhanuddin Az-Zarnuji.” Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM) 1, no. 3 (2021): 134–40.
  13. Dr. H. Abdurrachman Mas’ud, M. A. dkk. Paradigma Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar, n.d.
  14. Fatimah, Titim. “Penerapan Pendidikan Akhlak Melalui Kajian Kitab Taklim Al-Mutaâ€TM Alim: Studi Kasus Di Pesantren At-Taufiqiyah Sukabumi, Jawa Barat.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 03 (2023).
  15. HENY, NURHASANAH. “EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI DIPONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BARURANJI KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN.” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022.
  16. Husain, Abu Lubabah. Tarbiyah Fi Sunnah An-Nabawiyah. Riyad: Darul Liwa‟, 1977.
  17. Irawati, Dini, and Izzuddin Musthafa. “Konsep Ilmu Menurut Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Dan Urgensinya Pada Pendidikan.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4, no. 8 (2021): 931–41.
  18. Isma‟il, Syekh Ibrahim bin. Syarh Ta‟lim Al-Muta‟allim „ala Thariiqa Ta‟allum. Semarang: Karya Toha Putra, 1993.
  19. Mauliana, Sri. “Konsep Belajar Menurut Syekh Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim.” IAIN Padangsidimpuan, 2021.
  20. Muhibbinsyah. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
  21. Nasution, S. Asas-Asas Kurikulum, Dasar-Dasar Dan Pengembangannya. Bandung: Mandar Maju, 2003.
  22. Nurmayuli, Nurmayuli, Khalilullah Harmaini, Yus Rijal, Rauzatul Jannah, Miswatul Khaira, Tuti Hartati Lubis, and Baiti Nurhidayah. “Ontologi Filsafat Manajemen Pendidikan Islam.” Desultanah-Journal Education and Social Science 1, no. 2 (2023): 84–106.
  23. Paul Suparno, SJ, Dkk. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendas. Yogyakarta: Kanisius, 2002.
  24. Rika, Rika, Fahrudin Fahrudin, and Elan Sumarna. “Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 18, no. 1 (2020): 23–36.
  25. Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011.
  26. Suwanto, Suwanto, Anisah Sari Lubis, and Azizah Hanum. “Ethical Education in the Perspective of Imam Az-Zarnuji.” EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 8, no. 3 (2024).
  27. Syuhud, A.Fatih. Ahlussunah Wal Jammah Islam Wasathiyah, Tasamuh, Cinta Damai. Cet. Ke 1. Malang: Pustaka Alkhoirot, 2017.
  28. Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Prespektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.
  29. Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2012.
  30. Wicaksono, Imam Alhakam, S Pd I Triono Ali Mustofa, and S H I Muthoifin. “Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Ibnu Sahnun Dalam Kitab Adab Al-Mu’allimin Dan Menurut Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2024.
  31. Zainal, Abdul Qahar, and Ansar Ansar. “Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim.” Education and Learning Journal 2, no. 2 (2022): 126–32.
  32. Zarnuji, Az-. Ta‟lim Al-Muta‟allim Thoriq Al-Ta‟allum. Semarang: Toha Putra, n.d.
  33. Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.
  34. Zuhairini. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. Ke 6. Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2012.