Main Article Content

Abstract

Pola pendidikan pada masa Khulafaur Rasyidin merupakan periode yang sangat penting dalam sejarah pendidikan Islam. Setelah wafatnya Nabi Muhammad Saw., para khalifah seperti Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib berperan signifikan dalam memajukan pendidikan berbasis ajaran Islam. Pada masa ini, fokus utama pendidikan adalah pengajaran Al-Qur'an, Hadits, serta penanaman nilai-nilai moral dan etika yang menjadi landasan hidup umat Islam. Di bawah kepemimpinan Umar, pendidikan diatur dengan lebih sistematis melalui pembentukan lembaga pendidikan di masjid-masjid dan penunjukan guru-guru yang berkualitas. Selain itu, kurikulum pendidikan pada era tersebut tidak hanya mencakup aspek keagamaan, tetapi juga ilmu pengetahuan umum yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa meskipun menghadapi sejumlah tantangan dalam pelaksanaannya, pola pendidikan Khulafaur Rasyidin tetap menjadi acuan penting dalam pengembangan sistem pendidikan Islam di zaman modern. Dengan memahami pola ini, diharapkan generasi sekarang dapat menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan masyarakat yang beretika dan beradab.


The pattern of education during the Khulafaur Rasyidin period was a very important period in the history of Islamic education. After the death of the Prophet Muhammad (peace be upon him), caliphs such as Abu Bakr, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, and Ali bin Abi Talib played a significant role in advancing education based on Islamic teachings. At this time, the main focus of education is the teaching of the Qur'an, Hadith, as well as the cultivation of moral and ethical values that are the foundation of the life of Muslims. Under Umar's leadership, education was regulated more systematically through the establishment of educational institutions in mosques and the appointment of qualified teachers. In addition, the educational curriculum in that era not only includes religious aspects, but also general science that is relevant to the needs of society. Various studies show that despite facing a number of challenges in its implementation, the Khulafaur Rasyidin education pattern remains an important reference in the development of the Islamic education system in modern times. By understanding this pattern, it is hoped that the current generation can apply these values in their daily lives to create an ethical and civilized society.

Keywords

Khulafaur Rasyidin Sistem Pendidikan Transformasi

Article Details

References

  1. Adib, A. (2021). POLA PENDIDIKAN ISLAM PERIODE KHULAFAUR RASYIDIN. JURNAL MUBTADIIN, 7(02), Article 02. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/149
  2. Aqshal Shafatullah Putra Rindra, Alimni Alimni, & Yusuf, M. (2023). Peran Utsman Bin Affan Dalam Perkembangan Pendidikan Islam. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 4(2), Article 2. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/835
  3. Asrowi, A. (2019). Prinsip-Prinsip Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Aksioma Ad Diniyah : The Indonesian Journal Of Islamic Studies, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.55171/jad.v7i1.281
  4. Astuti, N. C., Abdul Latif, Khoirun Nofik, Nur Widad Mazaya, Roshifah Jauhari, Nurul Lathifah, Nur Hasan, Dinda Helmi Kayana Juwita, Muhammad Rifqi Zam Zami, Muhammad Hafizh, Soimah Lailah, Ismail Marzuki Hasibuan, Mulia Sari, Ma’ruf Syifa’udin, Nika Luky Santoso, Nur Arifa, Widia. (2024). PENGANTAR FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM: Kajian Filosofis Pedagogis. Wahid Hasyim University Press.
  5. BERLIANTO GESHA. (2022). PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA UMAR BIN KHATTAB DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER [Undergraduate, UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. https://repository.radenintan.ac.id/18405/
  6. Daimah, D. (2018). Pendidikan Inklusif Perspektif QS. Al-Hujurat Ayat 10-13 Sebagai Solusi Eksklusifisme Ajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), 53–65. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1837
  7. Fauziah Rusmala Dewi, Mukhlisin, & Mohammad Thoriq Aqil Fauzi. (2022). KONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM PERDAMAIAN PADA MASA RASULULLAH SAW. Dar El-Falah: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, Keagamaan, dan Humaniora, 2(1). https://jurnal.stiedarulfalahmojokerto.ac.id/index.php/Jurnal-Dar-El-Falah
  8. Hakim, L. A. (2021). Pendidikan Islam pada masa Khalifah Utsman Bin Affan tahun (23-35 H/644-656 M) [Undergraduate, IAIN Padangsidimpuan]. https://etd.uinsyahada.ac.id/6973/
  9. Hermawansyah, H. (2015). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.52266/kreatif.v13i1.73
  10. Hidayat, 18913021 Imam. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kehidupan Ali Bin Abi Thalib serta Relevansinya dengan Konsep Pendidikan Karakter di Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31418
  11. Holis, N. (2023). PERKEMBANGAN PENDIDIKAN PADA MASA UTSMAN BIN AFFAN. Indonesian Journal of Religion Center, 1(3), Article 3. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJRC/article/view/265
  12. Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580
  13. Lestari, A., & Bahar, H. (2024). Pendidikan Inklusi dalam Perspektif Pendidikan Islam: Mewujudkan Keadilan dan Kesetaraan untuk Semua. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i11.3889
  14. Lubis, S. (2020). PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KHALIFAH UMAR BIN KHATTAB. 03(02).
  15. Maisyaroh, M. (2019). Kepemimpinan ’Utsman bin ’Affan dan ’Ali bin Abi Thalib. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30821/ihya.v5i2.5991
  16. Meliantina, M. (2024). Nilai Pendidikan dalam Pemikiran Ali Bin Abi Thalib. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i2.654
  17. Munirom, A., & Wawan, A. (2023). PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA SAHABAT NABI. Jurnal Ilmiah AZZIQRI: Kajian Keislaman Dan Kependidikan, 1(9), Article 9. https://doi.org/10.47902/multidisipliner.v5i1.656
  18. Nurhasanah, I. (2020). Gagasan Pendidikan Islam Umar Bin Khattab [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/11190/
  19. Patimah, P. S., Fauzan, F., Hayati, H., & Alimir, A. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KISAH UMAR BIN KHATTAB SEBAGAI KHALIFAH. KOLONI, 1(3), 618–627. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.214
  20. Rachman, U., & Widodo, A. (2023). Pendidikan Islam Masa Khulafaur Rasyidin dan Kontekstualisasinya Pada Pendidikan Islam Masa Kini. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), Article 1. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikraj/article/view/3355
  21. Setiyowati, A., Putri, C. J., Jannah, F. M., & As’ad, M. R. (2021). Kepemimpinan Islam Periode Khulafaur Rasyidin (Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib). YASIN, 1(2), 262–274. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i2.132
  22. Supriani, Y., Nurwadjah, N., & Suhartini, A. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 438–445. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4151
  23. Turmudji, N. (2021). Kepemimpinan Ali bin Abi Thalib dan Relevansinya dalam Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (Studi Pustaka Biografi Ali bin Abi Thalib) [Diploma, UIN SMH BANTEN]. https://repository.uinbanten.ac.id/7701/
  24. Widiani, D. (2018). Konsep Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.321