Main Article Content

Abstract

Landasan pendidikan Islam dan etika ekonomi dari perspektif Al-Qur'an, dimana hal tersebut menjadi fungsi sebagai panduan moral dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana tujuan dari pendidikan Islam itu sendiri tidak hanya untuk mengembangkan pengetahuan dari segi akademik, tetapi juga membentuk moral dan akhlak individu seseorang agar selaras dengan nilai-nilai Islam. Dalam konteks ekonomi, Al-Qur'an menekankan pentingnya prinsip-prinsip seperti keadilan, kejujuran, dan tanggung jawab sosial. Etika ekonomi Islam mengajak umat untuk menjalankan aktivitas ekonomi dengan integritas dan menghormati hak orang lain, serta berkontribusi positif terhadap masyarakat. Meskipun masih ada tantangan untuk menerapkan nilai-nilai islam, setidaknya dengan berpedoman pada Al-Qur'an diharapkan dapat menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki komitmen moral yang kuat. Dengan demikian, artikel ini berupaya menunjukkan relevansi pendidikan Islam dan etika ekonomi dalam membangun masyarakat yang adil dan berkelanjutan, serta pentingnya integrasi nilai-nilai syari’at Islam dalam praktik bisnis sehari-hari.


The foundation of Islamic education and economic ethics from the perspective of the Qur'an, where it functions as a moral guide in everyday life. As the purpose of Islamic education itself is not only to develop knowledge in terms of academics, but also to shape a person's individual morals and morals to be in line with Islamic values. In the context of economics, the Qur'an emphasizes the importance of principles such as justice, honesty, and social responsibility. Islamic economic ethics invites people to carry out economic activities with integrity and respect for the rights of others, as well as to contribute positively to society. Although there are still challenges to implementing Islamic values, at least being guided by the Qur'an is expected to create a generation that is not only intellectually intelligent, but also has a strong moral commitment. Thus, this article seeks to demonstrate the relevance of Islamic education and economic ethics in building a just and sustainable society, as well as the importance of integrating Islamic shari'a values in daily business practices

Keywords

Etika Ekonomi Moralitas Pendidikan Islam Prinsip Keadilan

Article Details

References

  1. Abuddin Nata. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Prenada Media.
  2. Bafadhol, I. (2017). PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), Article 02. https://doi.org/10.30868/ei.v6i12.178
  3. Bashori, B. (2017). PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM (Konsep Pendidikan Hadhari). JURNAL PENELITIAN, 11(1), 141. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2031
  4. Ben‐Dor, G. (1996). The uniqueness of Islamic fundamentalism. Terrorism and Political Violence, 8(2), 239–252. https://doi.org/10.1080/09546559608427356
  5. Chaidir Iswanaji & Muhammad Wahyudi. (t.t.). Etika Bisnis Islam Perspektif Al-Qur’an dan Hadist. Penerbit Adab.
  6. Dr. Husamah, S. P. (t.t.). Pengantar pendidikan. Diambil 8 Oktober 2024, dari https://www.academia.edu/32929629/pengantar_pendidikan
  7. Fadlil Yani Ainusyamsi & Husni. (2021). Perspektif Al-Qur’an tentang Pembebasan Manusia Melalui Pendidikan Akhlak. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/Ihttps://doi.org/ 10.36667/jppi.v9i1.670
  8. Hasan, M. (2018). Pembinaan Ekonomi Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), Article 1. https://ojs.unm.ac.id/JEKPEND/article/view/5063
  9. Mokh. Iman Firmansyah, Cucu Surahman, Widia Lestari, Silmi Septiani, & Ridwan Sudaryat. (2022). ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AND CHARACTER BUILDING OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS: EXPLORATION STUDY. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 21(1), 46–58. http://jurnaledukasikemenag.org
  10. Muaz, M., & Ruswandi, U. (2022). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3194–3203. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.820
  11. Muhyiddin, M., & Chudzaifah, I. (2021). Konsep Pendidikan Perspektif Al-Qur’an: Kajian Tematik. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.47945/alfikr.v7i1.109
  12. Rinjani, E. D. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), Article 1. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1244
  13. Rudisa, R., Elpisah, E., Fahreza, M., & Yahya, M. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1804
  14. Setiawan, H., & Syaifurizal, M. (2021). METODE KEILMUAN PENDIDIKAN ISLAM. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 11(II). https://doi.org/10.54459/aktualita.v11iII.353