Main Article Content

Abstract

Abstrak berisi: Metode Pembelajaran PBL (Problem-Based Learning) dan PJBL (Project-Based Learning) adalah dua pendekatan pembelajaran yang berfokus pada keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Penelitian ini mengeksprolasi penggunaan metode PBL dan PJBL dalam pemelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memahami Pengertian, Karakteristik, Sintak model dan Penerapan pada pembelajaran PAI. Penelitian ini melibatkan analisis literature. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metrode PBL dan PJBL dalam pembelajaran PAI memiliki manfaat yang signifikan. Juga termasuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep agama, mempromosikan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah mereka. Ini termasuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konsep agama, mendorong mereka untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar, dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka. Namun, menajadi tantangan juga terkait dengan penggunaan metode ini. seperti persiapan materi yang rumit. efesiensi waktu yang lebih lama dan eavaluasi yang mandalam. Pendidikan mendesain suatu masalah yang sesuai dengan konteks Agama Islam, memfasilitasi diskusi kelompok dan membimbing peserta didik.  Kesimpulanya, penerapan metode Problem-Based Learning dan Project-Based Learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam dapat memberikan manfaat signifikan dalam hal pemahaman konsep agama dan penembangan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.   

Keywords

Problem-Based Learning Project-Based Learning Pembelajaran PAI

Article Details

References

  1. Afriana, Jaka. 2016. “PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ).” (January). doi:10.13140/RG.2.1.3338.2486.
  2. Asiah, Nur. 2014. Inovasi pembelajaran. Bandar Lampung: Anugrah Raharja.
  3. Hermansyah. 2020. “Problem Based Learning in Indonesian Learning.” Social, Humanities, and Educations Studies (SHEs): Conference Series 3(3): 2257–62. https://jurnal.uns.ac.id/shes.
  4. Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  5. Kasmirudin, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Dan Project Based Learning ( PjBL ) Pada Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Kepahiang,” 2019.
  6. Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  7. Meisa, Nurul Reivy. 2014. “Makalah Problem Based Learning.” Nurul,Meisa (May): 1–15. doi:10.13140/RG.2.2.11617.99688.
  8. Niam, Z. W. (2021). Implikasi Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadis Terhadap Internalisasi Nilai Agama Islam Di MA Nurul Ummah Yogyakarta. Al Ghazali, 4(2), 126-143, 18.
  9. Noviani, M. N. (2021). Penerapan Kombinasi Metode Problem Based Learning Dan Metode Information Search Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah (MA). In Proceeding AEC (Arabic Education Conference) (Vol. 1, No. 1, pp. 227-239), 13.
  10. Novyanti. 2019. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti, dalam Jurnal SPeSIA Vol. 5, No. 2 Agustus
  11. Pringgar, R. F. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317-329, 13.
  12. Syamsidah. 2018. "Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan." CV Budi Utama. Ed.1, Cet. 1--Yogyakarta.
  13. Torp, Sage. 2012. “Problems as Possibilities: Problem-Based Learning.”
  14. Trianto. 2014. “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual.” Prenadamedia Group.
  15. Triono, ageng. 2020. “Sintaks PBL (Problem Based Learning) Menurut Para Ahli.” https://www.haidunia.com/sintaks-pbl-problem-based-learning/.
  16. Wahyuni, Eka. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Mengingkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 7 Kota Tangerang, dalam Jurnal Tarbawy Vol. 3 No. 1 Juni.
  17. Wena. 2010. “Strategi Pembelajaran Inovatif Kontempore.” Bumi Aksara.
  18. Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.