Main Article Content
Abstract
Abstrak berisi: Metode Pembelajaran PBL (Problem-Based Learning) dan PJBL (Project-Based Learning) adalah dua pendekatan pembelajaran yang berfokus pada keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Penelitian ini mengeksprolasi penggunaan metode PBL dan PJBL dalam pemelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memahami Pengertian, Karakteristik, Sintak model dan Penerapan pada pembelajaran PAI. Penelitian ini melibatkan analisis literature. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metrode PBL dan PJBL dalam pembelajaran PAI memiliki manfaat yang signifikan. Juga termasuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep agama, mempromosikan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah mereka. Ini termasuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konsep agama, mendorong mereka untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar, dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka. Namun, menajadi tantangan juga terkait dengan penggunaan metode ini. seperti persiapan materi yang rumit. efesiensi waktu yang lebih lama dan eavaluasi yang mandalam. Pendidikan mendesain suatu masalah yang sesuai dengan konteks Agama Islam, memfasilitasi diskusi kelompok dan membimbing peserta didik. Kesimpulanya, penerapan metode Problem-Based Learning dan Project-Based Learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam dapat memberikan manfaat signifikan dalam hal pemahaman konsep agama dan penembangan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Afriana, Jaka. 2016. “PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ).” (January). doi:10.13140/RG.2.1.3338.2486.
- Asiah, Nur. 2014. Inovasi pembelajaran. Bandar Lampung: Anugrah Raharja.
- Hermansyah. 2020. “Problem Based Learning in Indonesian Learning.” Social, Humanities, and Educations Studies (SHEs): Conference Series 3(3): 2257–62. https://jurnal.uns.ac.id/shes.
- Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Kasmirudin, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Dan Project Based Learning ( PjBL ) Pada Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Kepahiang,” 2019.
- Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Meisa, Nurul Reivy. 2014. “Makalah Problem Based Learning.” Nurul,Meisa (May): 1–15. doi:10.13140/RG.2.2.11617.99688.
- Niam, Z. W. (2021). Implikasi Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadis Terhadap Internalisasi Nilai Agama Islam Di MA Nurul Ummah Yogyakarta. Al Ghazali, 4(2), 126-143, 18.
- Noviani, M. N. (2021). Penerapan Kombinasi Metode Problem Based Learning Dan Metode Information Search Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah (MA). In Proceeding AEC (Arabic Education Conference) (Vol. 1, No. 1, pp. 227-239), 13.
- Novyanti. 2019. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti, dalam Jurnal SPeSIA Vol. 5, No. 2 Agustus
- Pringgar, R. F. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317-329, 13.
- Syamsidah. 2018. "Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan." CV Budi Utama. Ed.1, Cet. 1--Yogyakarta.
- Torp, Sage. 2012. “Problems as Possibilities: Problem-Based Learning.”
- Trianto. 2014. “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual.” Prenadamedia Group.
- Triono, ageng. 2020. “Sintaks PBL (Problem Based Learning) Menurut Para Ahli.” https://www.haidunia.com/sintaks-pbl-problem-based-learning/.
- Wahyuni, Eka. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Mengingkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 7 Kota Tangerang, dalam Jurnal Tarbawy Vol. 3 No. 1 Juni.
- Wena. 2010. “Strategi Pembelajaran Inovatif Kontempore.” Bumi Aksara.
- Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.