Main Article Content
Abstract
Studi ini mengkaji pentingnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan dan dampaknya terhadap prestasi akademik siswa melalui metode studi literatur. Keterlibatan orang tua sebagai pendidik pertama memainkan peran vital dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, meningkatkan motivasi siswa, dan mengajarkan tanggung jawab. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan kurangnya pengetahuan, penelitian menunjukkan bahwa solusi seperti program pelatihan untuk orang tua dan komunikasi yang lebih baik antara sekolah dan orang tua dapat mengatasi hambatan tersebut. Dengan kolaborasi yang efektif antara orang tua, sekolah, dan komunitas, diharapkan siswa dapat mencapai potensi terbaik mereka dalam pendidikan. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik dan pemangku kepentingan lainnya mengenai strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam proses belajar mengajar.
This study examines the importance of parental involvement in education and its impact on students' academic achievement through a literature review method. Parents, as the primary educators, play a vital role in creating a supportive learning environment, enhancing student motivation, and teaching responsibility. Despite challenges such as time constraints and a lack of knowledge, research indicates that solutions like training programs for parents and improved communication between schools and parents can help overcome these barriers. With effective collaboration among parents, schools, and the community, it is hoped that students can reach their full potential in education. These findings provide valuable insights for educators and other stakeholders on strategies that can be implemented to enhance parental involvement in the teaching and learning process.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- A’yun, Qurroti, et al. "Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Peran Orang Tua dalam Mendukung Anak." Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 9.4 (2023): 1851-1862.
- Adriana, Nhimas Galuh, and Zirmansyah Zirmansyah. "Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orangtua Di Lembaga Paud." Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 1.1 (2021): 40-51.
- AGUSTINE, CHANDRA KARTIKA. HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA SEMEN GRESIK. Diss. Universitas Muhammadiyah Gresik, 2018.
- Alfira, Dhea, and Mhd Fuad Zaini Siregar. "Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memajukan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Komunikasi." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini1.4 (2024): 15-15.
- Apriliyanti, Fressi, Fattah Hanurawan, and Ahmad Yusuf Sobri. "Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6.1 (2021): 1-8.
- Arini, Ni Wayan. "Pentingnya Komunikasi Guru Dengan Orang Tua Dalam Membangun Karakter Peserta Didik." Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu 7.2 (2020): 154-159.
- Burhamzah, Muftihaturrahmah, et al. "Pelatihan Pengembangan Diri, Bakat, dan Kreativitas untuk Remaja di Era Global." Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat) 1.04 (2023): 737-745.
- DHARMAWAN, FIQRY. "Pola Komunikasi Interpersonal Hubungan Jarak Jauh Anak Lakilaki Terhadap Orangtua Dalam Menjaga Hubungan Keluarga (Studi Kualitatif Pada Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia Yang Berasal Dari Luar Daerah)." (2022).
- Diadha, Rahminur. "Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak." Edusentris 2.1 (2015): 61-71.
- Fadilah, Dila Nurhayati, and Ekasatya Aldila Afriansyah. "Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online." Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1.3 (2021): 395-408.
- Giantama, Rendy. Kerja Sama Guru Dan Orang tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran AKIDAH AKHLAK Kelas VII Di MTS MUHAMADIYYAH Pakis Baru Nawangan Pacitan. Diss. IAIN PONOROGO, 2022.
- Hoover-Dempsey, Kathleen V., and Howard M. Sandler. "Why do parents become involved in their children’s education?." Review of educational research 67.1 (1997): 3-42.
- Indramawan, Anik. "Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak." J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam 1.1 (2020).
- Irwan, Irwan, Nuryani Nuryani, and Masruddin Masruddin. "Kolaborasi Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Meningkatkan Proses Belajar Peserta Didik." Kelola: Journal of Islamic Education Management 8.1 (2023): 131-154.
- Jeynes, W. H. "A meta-analysis: The relationship between parental involvement and African American students’ academic achievement." Urban Education 51.1 (2016): 101-118.
- Lickona, Thomas. Character matters (Persoalan karakter): Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya. Bumi Aksara, 2022.
- Mujahidah, Mujahidah. "Implementasi teori ekologi bronfenbrenner dalam membangun pendidikan karakter yang berkualitas." Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi 17.2 (2015): 145304.
- Mulia, Pupun Suci, and Euis Kurniati. "Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7.3 (2023): 3663-3674.
- Na'im, Zulfatun, and Eva Luthfi Fakhru Ahsani. "Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring." Pedagogika (2021): 32-52.
- National Center for Education Statistics (NCES). A New Model of Student Engagement: A Study of the Influence of Family and Community Involvement on Student Achievement. (2003).
- Natsir, Nanat Fatah, et al. "Mutu pendidikan: kerjasama guru dan orang tua." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8.2 (2018): 311-327.
- Nisa, Afiatin. "Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial." Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2.1 (2017): 1-9.
- Pangastuti, Ratna, et al. "Pengaruh pendampingan orangtua terhadap kemandirian dan tanggung jawab anak selama belajar dari rumah." JECED: Journal of Early Childhood Education and Development 2.2 (2020): 132-146.
- Pohan, Muhammad Munawir. "Peran komite Sekolah dalam meningkatkan mutu pendididikan." ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 2.2 (2018): 97-106.
- Putri, Anastasia, and Maria Nugraheni M. Rahayu. "Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Masuk Universitas pada Siswa Sekolah Menengah Atas Tingkat Akhir dalam Situasi Covid-19." Bulletin of Counseling and Psychotherapy 4.2 (2022): 365-372.
- Putro, Khamim Zarkasih, et al. "Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah." Fitrah: Journal of Islamic Education 1.1 (2020): 124-140.
- Qiptiyah, Titin Mariatul. "Teori Perkembangan Kognitif Anak (Vygotsky)." Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2024): 204-220.
- Qomariah, Dede Nurul, et al. "Keterlibatan Orang Tua dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini." Early Childhood: Jurnal Pendidikan 6.2 (2022): 31-44.
- Qomariah, Dede Nurul, et al. "Keterlibatan Orang Tua dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini." Early Childhood: Jurnal Pendidikan 6.2 (2022): 31-44.
- Rahayu, Puji, Rohana Rohana, and Eka Febriani. "Analisis Peran Orang Tua Sebagai Pengganti Guru Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMP Negeri 1 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu." Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6.1 (2021): 87-95.
- Rahmawati, Aeni. Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini. LovRinz Publishing, 2022.
- Saefullah, Aep, et al. "Peran Orang Tua, Masyarakat dan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 03 Sukadana." Journal on Education 5.4 (2023): 13057-13066.
- Salsabila, Unik Hanifah. "Teori ekologi Bronfenbrenner sebagai sebuah pendekatan dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam." Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 7.1 (2018): 139-158.
- Saputra, Ade, et al. "PERAN MOTIVASI DALAM MENGINSPIRASI KESUKSESAN SISWA DAN KINERJA GURU." HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam 12.2 (2023): 252-270.
- Saputra, Andi Muh Akbar, et al. Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
- Sulistiani, Sefty, Babang Robandi, and Arie Rakhmat Riyadi. "Hubungan antara keterlibatan orang tua dalam pendidikan dengan prestasi belajar siswa SD." Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4.1 (2019): 57-68.
- Supardi, Supardi, Ahmad Qurtubi, and Hasim Fatoni. "Kemitraan Sekolah dan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon." Journal on Education 5.4 (2023): 11196-11203.
- Ulfathana, Suci Auga. Kerjasama Guru PAI dan Orangtua dalam Mengoptimalkan Belajar Anak Pasca Covid-19 pada Kelas V di MIN 39 Aceh Besar. Diss. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2023.
- Walker, Joan MT, et al. "Parental involvement in homework." A review of current research and its implications for teachers, after school program staff, and parent leaders. Harvard Family Research Project (2004).
- Winata, Adelia, and Sabrina Sihombing. "Memprediksi loyalitas orang tua murid: suatu studi empiris." Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 2.2 (2014): 147-162