Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran berbasis riset dalam meningkatkan keterampilan meneliti mahasiswa. Pembelajaran berbasis riset memposisikan mahasiswa sebagai pembelajar aktif, mendorong mereka untuk terlibat langsung dalam proses penemuan pengetahuan baru melalui kegiatan penelitian. Sebuah tinjauan literatur mengungkapkan bahwa pembelajaran berbasis penelitian menawarkan banyak manfaat, seperti meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan pemecahan masalah, serta meningkatkan motivasi siswa. Selain itu, pembelajaran berbasis penelitian dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi di kalangan mahasiswa. Tantangan dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis riset antara lain kurangnya dukungan fakultas, fasilitas penelitian yang terbatas, dan motivasi mahasiswa yang kurang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis riset merupakan pendekatan pedagogis yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Implementasi yang konsisten dan berkelanjutan diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di era global


This study aims to analyze the implementation of research-based learning in enhancing students' research skills. Research-based learning positions students as active learners, encouraging them to be directly involved in the process of discovering new knowledge through research activities. A literature review reveals that research-based learning offers numerous benefits, such as improving critical thinking, analytical, and problem-solving skills, as well as boosting students' motivation. Additionally, research-based learning can foster creativity and innovation among students. Challenges in implementing research-based learning include a lack of faculty support, limited research facilities, and insufficient student motivation. This study concludes that research-based learning is an effective pedagogical approach for enhancing higher education quality. Consistent and sustainable implementation is expected to produce graduates who are well-qualified and capable of competing in the global era.

Keywords

pembelajaran berbasis riset keterampilan meneliti mahasiswa pendidikan tinggi

Article Details

References

  1. Amaliyah, Rohmawati, Lukman Hakim, and Lefudin Lefudin. 2023. “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di Sma.” Jurnal Kumparan Fisika 6(1):65–74. doi: 10.33369/jkf.6.1.65-74.
  2. Amir, M. T. 2016. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Prenada Media.
  3. Aprilya, A. P., and A. Press. 2020. PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN. Ahlimedia Book.
  4. Azizah, Aulia. 2012. “INQUIRY TRAINING UNTUK MENGEMBANGKAN KETRAMPILAN.” 1(1).
  5. Budi, Arif. 2019. “Jurnal Ilmiah Sebagai Bahan Pembelajaran Berbasis Riset Pada Pendidikan Sarjana Administrasi Negara.” Journal of Public Administrator and Local Convenance 1(1):10–19.
  6. Haryati, Sri, and Fifit Firmadani. 2018. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS RISET ( PBR ) DALAM MATA KULIAH PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah KKNI Merupakan Kerangka Penjenjangan Kualifikasi Kompetensi Yang Dapat Menyandingkan , Mengintegrasikan Antara Bidang Pendidikan Dan Bidang Pelatihan Ker.” 1(2):70–82. doi: 10.31002/ijel.v1i2.628.
  7. Ikram, Muhammad, Muhammad Ilyas, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Cokroaminoto Palopo, Kesulitan Mahasiswa, Respon Dosen, Keterampilan Meneliti, and Lintasan Belajar. 2022. “ANALISIS KESULITAN DAN RESPON DOSEN TERHADAP KETERAMPILAN MENELITI RISET BAGI MAHASISWA : STUDI PENDAHULUAN UNTUK MERANCANG HIPOTESIS LINTASAN BELAJAR.” 5:198–214.
  8. M. Andi Setiawan, M. P. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. 2017th ed. edited by Funky. Uwais Inspirasi Indonesia.
  9. Maknun, Djohar, Ria Yulia Gloria, and Jajang Aisyul Muzakki. 2020. “Keterampilan Meneliti Yang Dimiliki Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Se-Wilayah III Cirebon Research Skills Held by Biology Education Study Program Students in Region III Cirebon.” 6(1):39–47.
  10. Maria, Paulina, Ekasari Wahyuningrum, M. Abdun Jamil, Muhammad Latif Nawawi, Donny Aditia, Ni Gusti, and Ayu Lia. 2023. “Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar.” 06(01):1–11.
  11. Masfingatin, Titin, Wasilatul Murtafiah, and Ika Krisdiana. 2017. “Pembelajaran Berbasis Riset Untuk Mengembangkan Kompetensi Profesional Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri.” Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA 139–45.
  12. Musa, Lisa Aditya. 2020. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENELITI MAHASISWA.” 6(1):1–12.
  13. Nurlaelah, Ilah, Ari Widodo, Sri Redjeki, and Taufik Rahman. 2021. “Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Meneliti Pada Program Riset Autentik Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi.” 13:37–44. doi: 10.25134/quagga.v13i2.4232.Received.
  14. Rahman, Dr. Abdul. 2020. MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RISET. juli 2020. GUEPEDIA.
  15. Rangkuti, Ahmad Nizar. 2016. “Pembelajaran Berbasis Riset Di Perguruan Tinggi.” Batusangkar International Conference I (October 2016):15–16.
  16. Retno, Siminto, Purnama Irawati, Hasan Busri, and Ummi Qudsiyah. 2023. Manajemen Pembelajaran Berbasis Riset.
  17. Rr.Forijati. 2018. “MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS RISET PADA MATAKULIAH EKONOMI MIKRO DI PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN EKONOMI PASCASARJANA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.”
  18. Slameto, Slameto. 2015. “Pembelajaran Berbasis Riset Mewujudkan Pembelajaran Yang Inspiratif.” Satya Widya 31(2):102. doi: 10.24246/j.sw.2015.v31.i2.p102-112.
  19. Sudarsri Lestari. 2018. “PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI.” 2(2):94–100.
  20. Wibawa, Samodra. 2017. “Pembelajaran Berbasis Riset.” Journal of Public Administration and Local Governance 1(1):46–50.
  21. Wiwin Sunarsih, S. P. 2021. Pembelajaran CTL (Contextual Teach and Learning), Belajar Menulis Berita Lebih Mudah. Penerbit Adab.