Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan program mengaji terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SMA Plus Melati Samarinda. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program mengaji yang dilaksanakan secara rutin telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan program ini antara lain motivasi siswa, dukungan guru, dan metode pengajaran yang efektif. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kendala yang perlu diatasi, seperti kurangnya minat beberapa siswa dan keterbatasan fasilitas. Secara keseluruhan, program mengaji ini telah berkontribusi dalam membentuk karakter siswa yang religius dan berakhlak mulia. Penelitian ini merekomendasikan agar program serupa dapat diterapkan di sekolah-sekolah lain sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama siswa.
This study aims to examine the effect of implementing a Quranic recitation program on improving students' ability to read the Quran at SMA Plus Melati Samarinda. Using a qualitative descriptive approach, this study analyzes data obtained from interviews, observations, and documentation. The results of the study show that the regular implementation of the Quranic recitation program has had a positive impact on improving students' ability to read the Quran. Factors supporting the success of this program include student motivation, teacher support, and effective teaching methods. However, there are still some obstacles that need to be overcome, such as a lack of interest from some students and limited facilities. Overall, the Quranic recitation program has contributed to shaping students' characters to be religious and have noble morals. This study recommends that similar programs can be implemented in other schools as an effort to improve the quality of students' religious education.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Adhim, A. 2016. Al Quran Sebagai Sumber Hukum. JPBOOKS.
- Afdhal, A., D. A. Putri, R. Yusran, M. Martius, D. Herdiansyah, R. Riyanda, L. Hasan, Z. Zulkifli, H. Hwihanus, and U. A. A. Anwar. 2023. Pengantar Ilmu Manajemen: Organisasi Dan Perkembangannya. CV. Gita Lentera.
- Ahsantudhonni, A. 2021. Keutamaan Al-Qur’an Dalam Perspektif Hadits. Academia Publication.
- Al-Qaththan, S. M. 2018. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Salsabila Al-kautsar.
- Amal, T. A. 2013. Rekonstruksi Sejarah Al-Quran. Pustaka Alvabet.
- Amaliah, R. A. 2018. Jodohku Hafal Al-Qur`an. Elex Media Komputindo.
- Buhaiti, A., and C. Sari. 2021. Modul Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Bismillah (Baca-Tulis-Tela’ah) PAUDQu Kementerian Agama Kota Depok. Penerbit A-Empat.
- Bukhori, Didin Saefuddin, Adian Husaini, and Ulil Amri Syafri. 2019. “Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam , Vol : 08 / No : 01 , Februari 2019 DI PONDOK PESANTREN MUKMIN MANDIRI SIDOARJO - JAWA TIMUR.”
- Dr. Abu Zakariya Sutrisno, M. S. 2017. PANDUAN MUSLIM SESUAI AL QUR’AN DAN AS SUNNAH. Yayasan/Pesantren Masyarakat Hubbul Khoir,Kab.Sukoharjo,Jawa Tengah.
- Firmansyah, A. 2016. Sadar Allah Dengan Dzikir Nafas. Pandiva Buku.
- Honggowiyono, P. 2015. PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK UNTUK GURU DAN CALON GURU. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].
- https://quran.kemenag.go.id/
- Karo, M. B. n.d. Motivasi Belajar. PT Kanisius.
- Muftisany, H. 2021. Gerakan Maghrib Mengaji. Intera.
- Nurjannah, Raudahtun, and Setria Utama Rizal. 2024. “Efektivitas Kegiatan Les Mengaji (Metode Tahsin) Untuk Meningatkan Literasi Al- Qur’an Pada Siswa Kelas Iii Di Mis Hidayatul Muhajirin Palangka Raya.” 2(02):122–29.
- Prof. Dr. H. Amroeni Drajat, M. A. 2017. Ulumul Qur’an: Pengantar Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Prenada Media.
- Prof. Dr. H. Haidar Putra Daulay, M. A. 2014. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Kencana.
- Rahman, Abd. 2021. Pemahaman Praktis Ulumul Qur’an. Kaaffah Learning Center.
- Shihab, M. .. 2020. Al-Quran Dan Maknanya. Lentera Hati.
- Trygu. 2021. Teori Motivasi Abraham H. Maslow Dan Hubungannya Dengan Minat Belajar Matematika Siswa. GUEPEDIA.
- Yeni, M. 2019. Berdamai Dengan Rasa Malas: Cara Paling Cepat Mengubah Kebiasaan Malas Menjadi Super-Produktif Dan Disiplin. Anak Hebat Indonesia.