Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai Dwi Pramuka Siaga dalam menanamkan karakter Islami di Kutai Timur. Dalam konteks pendidikan, pembentukan karakter Islami melalui kegiatan Pramuka menjadi sarana penting yang mendukung perkembangan moral dan spiritual siswa. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi bagaimana penerapan nilai-nilai Dwi Satya dapat membantu pembentukan karakter Islami serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Melalui metode pengumpulan data yang komprehensif meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, penelitian mengungkap bahwa implementasi nilai-nilai Dwi Satya merupakan ruang dialektika antara struktur normatif kepramukaan, praktik pedagogis, dan konteks sosio-kultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas internalisasi nilai bergantung pada kemampuan menciptakan ekosistem pendidikan yang responsif, inklusif, dan mampu mentransendensikan batas-batas formal pendidikan. Signifikansi penelitian terletak pada kontribusinya dalam mengembangkan model pendidikan karakter yang integratif, yang mampu menjawab kompleksitas pembentukan kepribadian anak usia dini di era kontemporer.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Albany, D. A. (2021). Perwujudan Pendidikan Karakter pada Era Kontemporer Berdasarkan Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 7(2), 93–107. https://doi.org/10.29408/jhm.v7i2.3393
- Amalia, A., Selvi, N., & Hastati, S. (2024). IMPLEMENTASI NILAI DASA DARMA PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN 254 TEBBA KECAMATAN SALOMEKKO KABUPATEN BONE. Journal of Elementary Education, 2(1), 65–73.
- Aziz, R. A., & Ulya, V. F. (2022). Internalisasi Nilai Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 171–187. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2705
- Darmawan, D., Ritonga, D. C., & Haila, H. (2024). Pendekatan Learning by Doing dalam Membangun Sikap Percaya Diri Peserta Kursus Tata Kecantikan Rambut di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Prostyle Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 564–568. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2024
- Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78.
- Dharmayana, I. W. B., & Wiguna, I. B. A. A. (2021). Peranan Pendidikan Pramuka Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Anak Usia 11-15 Tahun. Jurnal Ilmu Pendidikan, 01(01), 56–70. http://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/PS/article/view/352/212
- Fadilah, L. A., Kurniawan, B., & Trisnawati, O. R. (2022). Relevansi Nilai Akhlak Peserta Didik dalam Ekstrakurikuler Pramuka Di MIN 3 Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(55), 381–391.
- Giovanni, R., Panjaitan, D. H., Amaliyah, A. M. B., Marga, P. A., Sandevi, I Gusti Kade Putri Ayu Rahma, Sitorus, Intan Claudya, Alfatih, M., & Chandrawati, Chandrawati. (2024). Implementasi dan Evaluasi Strategi dalam Manajemen Rumah Sakit: Tinjauan Literatur Metodologi dan Pendekatan Terkait. Health & Medical Sciences, 2(1), 14. https://doi.org/10.47134/phms.v2i1.237
- Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2).
- Ismayani, A. (2019). Metodologi penelitian. Syiah Kuala University Press.
- Kristi, C. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di UPT SD Negeri 18 Gresik. Artikel Dalam Buku Pendidikan Karakter, 8(3), 569–580.
- Kusumawati, E. R. (2021). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Ciri Khusus Makhluk Hidup Dengan Model Pembelajaran Experiential Learning di Kelas VI SDN Bendogerit 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 289–300. https://doi.org/10.62775/edukasia.v2i2.56
- Kusumawati, I. (2012). Pembentukan karakter siswa melalui pendidikan kepramukaan. Academy of Education Journal, 3(1).
- Maemonah, sri A. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(3), 328–333.
- Maharani, A. D. (2024). Implementasi kegiatan kepramukaan di sekolah dasar: analisis kualitatif terhadap dampaknya pada pengembangan soft skills siswa. JURNAL PENA KARAKTER Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter, 06(02).
- Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 8(1), 11. https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072
- Nur, A., & Utami, F. Y. (2022). Proses dan langkah penelitian antropologi: Sebuah literature review. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 3(1), 44–68.
- Oktia, R., Sari, N. I. K., Siregar, I., & Purnomo, B. (2023). Analisis Konsep Dan Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Di Indonesia. KRINOK: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah FKIP Universitas Jambi, 2(3), 92–104. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i3.25607
- Ramdan, A. Y., Sururuddin, M., Syamsiar, H., Astuti, A. P., & Agustina, A. (2023). Peningkatan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik. Al-Tafani: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17–27.
- Reksiana. (2020). GRAND DESIGN OF EDUCATIONAL INSTITUTIONS DALAM PENDIDIKAN KARAKTER (Sebuah Analisa/ Permasalahan dan Formulasi Baru dalam Pendekatan Pendidikan Krarkter). In Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–25).
- Sakinah, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 152–167. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1432
- Sudarsono, B. (2017). Memahami dokumentasi. Acarya Pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 47–65.
- Sukriyah, E., Sapri, S., & Syukri, M. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Bagi Remaja Di Lingkungan Keluarga. Research and Development Journal of Education, 10(1), 156. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.21104
- Suratman, Muttaqin, M. F., & Fitryani, F. N. (2024). Internalisasi Nilai Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 57–66. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/pedagogi.v11i1.9526 PENDAHULUAN
- Suryana, C., & Muhtar, T. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
- Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
- Usela, S., Trisesa, R., & Chanifudin. (2024). PEMAHAMAN DAN IMPLEMENTASI KONSEP TARBIYAH MENURUT IMAM AL-GHAZALI DALAM PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI SEKOLAH ISLAM. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5(6), 105–117.
- Windy Antika, Ratih Ayunda, Wahyuni Amanda Hasibuan, & Monica Gabriela Nainggolan. (2024). Ekstrakurikuler Pramuka Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 202–209. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.3080
- Yokoyama, Y., Nadeak, B., & Sihotang, H. (2023). Implementasi kompetensi guru penggerak dalam menerapkan merdeka belajar SMK di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(2), 187–200.
- Yuliah, E. (2020). Implementasi kebijakan pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129–153.
- Yusup, J., & Rustini, T. (2016). Panduan wajib pramuka Superlengkap. Bmedia.
- Zulkifli. (2024). Revitalisasi pendidikan kepramukaan di era society 5.0. Indonesian Journal on Education and Learning, 1(1), 1–10.