Main Article Content

Abstract

Tujuan  penulisan  ini  adalah  untuk  mengkaji  permasalahan  yang  mempengaruhi pengembangan kreativias  anak  usia dini dalam  kegiatan mewarnai.  Topik  ini  menjadi  penting karena kreativitas anak dalam mewarnai perlu dipupuk sejak dini sebagai bekal mereka  untuk  dapat  berfikir  kritis  dan  kreatif  ketika mengikuti jenjang pendidikan berikutnya.  Banyak dari pendidik ataupun orang tua yang kurang memahami pentingnya kegiatan mewarnai pada anak sehingga kegiatan ini dianggap sebelah mata.  Padahal  melalui  kegiatan  mewarnai  dapat  diketahui  bahwa  anak memiliki kemampuan kreatif dapat dilihat dari bagaimana anak dalam menuangkan ide  ataupun  imajinasinya  secara  alami  tanpa  mendapatkan  tekanan  dari luar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research, yaitu menggunakan pendekatan analisis kajian pustaka. Penulisan artikel ini menghasilkan kesimpulan bahwa  terdapat problematika yang disebabkan oleh  dua  faktor,  yaitu faktor  internal  dan eksternal  yang  mempengaruhi  kreativitas anak dalam kegiatan mewarnai. Pada faktor internal terdapat kesiapan anak dalam belajar dan pengenalan alat, bahan, media dan teknik mewarnai. Sedangkan pada faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari orang tua, lingkungan sekolah, dan juga lingkungan sosial meliputi pemberian motivasi, fasilitas penunjang kreativitas, dan kesempatan untuk eksplorasi yang diberikan kepada anak.


The purpose of this writing is to examine the problems that influence the creativity of young children in coloring activities.  This topic is important because children's creativity in coloring needs to be nurtured from an early age to equip them to be able to think critically and creatively when attending the next level of education.  Many educators or parents do not understand the importance of coloring activities for children, so this activity is underestimated.  In fact, through coloring activities, it can be seen that children have creative abilities, which can be seen from how children express their ideas or imagination naturally without pressure from outside. This research uses a library research type of research, namely using a library review analysis approach. Writing this article resulted in the conclusion that there are problems caused by two factors, namely internal and external factors which influence children's creativity in coloring activities. Internal factors include children's readiness to learn and introduction to tools, materials, media and coloring techniques. Meanwhile, external factors are factors that come from parents, the school environment, and also the social environment, including providing motivation, supporting facilities for creativity, and opportunities for exploration given to children.

Keywords

Anak Usia Dini Kreativitas Mewarnai

Article Details

References

  1. Afnita, Juli dan Khamim Zarkasih Putro. (2021). Kunci-kunci Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5 (1).
  2. Aini, Nurul. dkk. (2024). Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Anak. JMPAI: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, vol. 2.
  3. Amalia, Najiha, dkk. (2023). Pengembangan Kreativitas dan Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Jawa Tengah: CV. Alinea Edumedia.
  4. Astuti, Karina Widhia. dkk. (2023). Pengembangan Kegiatan Mewarnai Gambar Pada Piring Plastik Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Dr RA A-Syafi’iyah Mataram. Jurnal FKIP Unram, 3 (1).
  5. Awalini, Tika. dkk. (2023). Problematika Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Kegiatan Menggambar Bebas. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 8 (6).
  6. Dacholfany, M. Ihsan dan Uswatun Hasanah. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Amzah.
  7. Fadillah, M. (2024). Parenting Anak Berbakat Menjadikan Anak Cerdas, Kreatif, dan Berprestasi. Jakarta: Kencana.
  8. Gebze, Nike Ferolin, dkk. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Berbasis Kearifan Lokal Papua di TK Melati Sanggar Kegiatan Belajar Merauke. Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 4 (2).
  9. Hanifah, Razita dan Nur Aini Farida. (2023). Peran Keluarga dalam Mengoptimalkan Perkembangan Anak. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1 (1).
  10. Heryani, Heni dan Agus Sumitra. (2021). Pembelajaran Seni Rupa Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4 (3).
  11. Hidayat, Yayat. dkk. (2024). STUDENT CENTER: Memahami Peserta Didik dari Berbagai Aspek. Pangandaran: Intake Pustaka.
  12. Husnaini, Nani dan Jumrah. (2019). Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3 (2), 112-133.
  13. Khadijah dan Nurul Zahriani Jf. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori dan Strateginya. Medan: CV. Merdeka Kreasi Group.
  14. Khofifah, Siti. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Ta’lim: Jurnal Multidisplin Ilmu, 1 (2).
  15. Lubis, Hilda Zahra, dkk. (2022). Stimulasi Kegiatan Mewarnai Untuk Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pema Tarbiyah, 1 (1).
  16. Maihani, Syarifah. (2023).Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kreativitas Lomba Mewarnai Tingkat Sekolah Dasar.Community Development Journal, 4 (2).
  17. Nursafitri, Syifa. dkk. (2021). Problematika dalam Penerapan Media Pembelajaran yang Berlaku di MI/SD. Prosding PGMI SEMAI.
  18. Rahmawati, Badriah. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 1 (1).
  19. Ramadhan, Syahri dan Nelia Guswanti. (2024). Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jawa Tengah: Wawasan Ilmu.
  20. Rizal, Juliansyah. (2021). Rahasia Mewarnai Hari Berujung Prestasi. Jawa Tmur: Penerbit KBM Indonesia.
  21. Sitepu, Ayu Sri Menda Br. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa. Jakarta: Guepedia.
  22. Slamet, Sri. (2021). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai dan Hafalan Al-Qur’an. Jurnal Warta LPM, 24 (1).
  23. Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.
  24. Sutapa, Panggung. (2022). Pengembangan dan Pembelajaran Motorik Pada Usia Dini. Yogyakarta: PT Kanisius.
  25. Syah, Muhammad Erwan, dkk. (2023). Mengerti Anak Usia Dini: Landasan Psikologi PAUD. Sulawesi Tengah: Penerbit Feniks Muda Sejahtera.
  26. Tilong, Adi D. (2016). 49 Aktivitas Pendongkrak Kinerja Otak Kanan dan Kiri Anak. Jakarta Selatan: Suku Buku.
  27. Widyasari, Choriyah. (2023). Kreativitas dan Keberbakatan. Jawa Tengah: Muhammadiyah University Press.
  28. Widyastuti, Ana. (2021). Pembentuk Kreatif Anak. Elex Media Komputindo.
  29. Yuandana, Tarich. (2023). Teori dan Praktik: Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Madiun: CV Bayfa Cendekia Indonesia.
  30. Zahro, Siti Fatimatus. (2023). Implementasi Kegiatan Mewarnai dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak. Jurnal Amal Pendidikan, 4 (2).