Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji pemikiran pendidikan pesantren KH.Hasyim Asy’ari dan relevansinya terhadap pengembangan pendidikan islam di Indonesia. dengan menggunakan metode penelitian perpustakaan dan analisis deskriktif-interprektif, studi ini mengungkapkan konsep pendidikan pesantren yang dikembangkan oleh KH.Hasyim Asy’ari serta kontribusinya dalam membentuk karakter pendidikan islam diIndonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran KH.Hasyim Asy’ari yang menekankan pada interaksi ilmu agama dan umum, pembentukan akhlak, serta mengembangkan keterampilan hidup masih sangat relevan dalam konteks pendidikan islam kontenporer diIndonesia.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Abas Aries, (2021), Pemikiran PendidikanPesantren K.H HasyimAsy’ari dan Pengembangan PendidikanIslam Di Indonesia, dalam Jurnal PendidikanAgama Islam, Vol. 7, No.1, 2021
- Abdul Hadi,PEMIKIRAN PENDIDIKANPESANTREN K.H. HASYIM ASY’ARI DANENGEMBANGAN PENDIDIKANISLAM DI INDONESIA, Tadbid:Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.7, No.1, 2021, Hlm. 92
- Asy'ari, M. H.(2021). Adabal-'Alim waal-Muta'allim. Translated by Rosidin. Malang: Genius Media
- Azra, A. (2023). PendidikanIslam:Tradisi dan Modernisasi di TengahTantanganMilenium III. Jakarta: Kencana
- Creswell, J. W., &Creswell, J. D. (2022). ResearchDesign: Qualitative,Quantitative,and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications
- Dhofier, Z. (2023). TradisiPesantren: StudiPandangan HidupKyai dan VisinyaMengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES
- Hefner, R. W. (2024). Civil Islam:Muslims and Democratization inIndonesia. Princeton UniversityPress
- KementerianPendidikan danKebudayaan. (2022). Konsep danPedoman PenguatanPendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud
- Lukens-Bull, R. (2021). IslamicHigher Education in Indonesia: Continuity andConflict. Singapore: Springer
- Mas'ud, A. (2021). IntelektualPesantren: Perhelatan Agamadan Tradisi.Yogyakarta: LkiS
- Nata, A. (2023). PembaruanPendidikan Islam di Indonesia.Jakarta: Prenada Media
- Ni Desak Made santi Diwyarthi, dkk, buku penghantar manajemen, 2022, hlm 18
- Sudari Dedi, PemikiranK.H.Hasyim Asy’ari dalam pendidikan Islam Indonesia, dalam Jurnal Penelitian Mahasiswa, Vol.3, No.3, 2024