Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji peran orang tua dalam mendukung prestasi akademik anak di era modern dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Orang tua berperan penting sebagai mentor, motivator, dan penyedia sumber daya untuk membantu anak belajar, meskipun anak sudah menerima pendidikan formal di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua di rumah, seperti membantu mengerjakan tugas sekolah dan menyediakan fasilitas belajar, memiliki dampak signifikan terhadap prestasi akademik anak. Selain itu, kerja sama antara orang tua dan sekolah juga sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung keberhasilan akademik. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai pentingnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak dan menyoroti bentuk-bentuk keterlibatan yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Temuan ini menekankan bahwa kualitas keterlibatan orang tua lebih penting dibandingkan dengan frekuensinya. Dukungan yang berkelanjutan dan komunikasi yang baik antara orang tua, anak, dan guru menjadi faktor kunci dalam menciptakan suasana belajar yang positif dan produktif di rumah maupun di sekolah.
This study explores the role of parents in supporting children's academic success in the modern era using the Systematic Literature Review (SLR) method. Parents play a vital role as mentors, motivators, and providers of resources to help their children learn, even while attending formal schooling. The findings show that parental involvement at home, such as helping with homework and providing learning resources, significantly impacts children's academic performance. Furthermore, collaboration between parents and schools is crucial in creating a supportive learning environment for academic success. This study provides insights into the importance of parental involvement in children's education and highlights effective forms of engagement to enhance learning outcomes. The findings emphasize that the quality of parental involvement is more important than the frequency. Consistent support and good communication between parents, children, and teachers are also key factors in creating a positive and productive learning atmosphere at home and school.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Abduloh, S Pd, M Pd Suntoko, Tedi Purbangkara, and Ade Abikusna. Peningkatan Dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. uwais inspirasi indonesia, 2022.
- Agustina, Yulia, and Hary Murcahyanto. “Optimalisasi Penerapan Literasi Digital Pada Pendidikan Sepanjang Hayat.” Journal of Elementary School (JOES) 6, no. 2 (2023): 598–609.
- Arifin, Muhammad. Pokok-Pokok Pikiran Tentang Bimbingan Dan Penyuluhan Agama: Di Sekolah Dan Di Luar Sekolah. Bulan Bintang, 1976.
- Cindrya, Elsa. “Dampak Pengasuhan Terhadap Perkembangan Sosial Anak.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 1 (2018): 1–23.
- Farida, Anna. Pilar-Pilar Pembangunan Karakter Remaja: Metode Pembelajaran Aplikatif Untuk Guru Sekolah Menengah. Nuansa Cendekia, 2023.
- Fatmawati, Nur Ika, and Ahmad Sholikin. “Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial.” Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan 11, no. 2 (2019): 119–38.
- Gemnafle, Mathias, and John Rafafy Batlolona. “Manajemen Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI) 1, no. 1 (2021): 28–42.
- Habsoh, Siti, Endin Nasrudin, and Adi Rosadi. “Pelaksanaan Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Dalam Perkembangan Moral Spiritual Anak Di Raudhatul Athfal.” Jurnal El-Audi 2, no. 1 (2021): 20–36.
- Hanafi, Halid. “PERAN DAN TANGGUNG JAWAB ORANG TUA MENDIDIK ANAK SECARA ISLAMI DALAM RUMAH TANGGA.” Jurnal Risalah Addariyah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, Pendidikan & Sosial Kemasyarakatan 10, no. 2 (2024): 1–17.
- Handoko, Martin, and Theo Riyanto. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. PT Kanisius, 2010.
- Jamil, Ibrahim M. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) 1, no. 1 (2016).
- Larasati, Larasati. “Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Anak Atas Dampak Media Sosial (Studi Kasus Siswa Kelas IV Di SDN 1 Jenangan).” IAIN Ponorogo, 2020.
- Marisa, Siti. “Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permaslahan Belajar.” Jurnal Taushiah 9, no. 2 (2019): 20–27.
- Mashar, Riana. Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangannya. Kencana, 2015.
- Mulyasa, H E. Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara, 2022.
- Mumu, Mumu, A Majid, and Aang Rohyana. “Hubungan Kualitas Kerja Sama Sekolah Dan Orang Tua Dengan Intensitas Usaha Belajar Siswa Di SMP Negeri Kota Tasikmalaya.” Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan 1, no. 1 (2019).
- Ntelok, Zephisius, Yustina Nantung, and Marianus Tapung. “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Selama Masa Belajar Dari Rumah.” Jurnal Literasi Pendidikan Dasar 2, no. 2 (2022): 6–13.
- Nurjanah, Hesti, Aji Muhammad Iqbal, and Irma Sukmawati. “Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pengembangan Karakter Anak.” Jurnal Studi Islam MULTIDISIPLIN 1, no. 1 (2023): 148–73.
- Parnawi, Afi. Psikologi Belajar. Deepublish, 2019.
- Purwanto, M Ngalim. “Psikologi Pendidikan,” 2021.
- Rahmat, Pupu Saeful. Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara, 2021.
- Shihab, Fajar, Anis Zohriah, and Machdum Bachtiar. “Manajemen Hubungan Masyarakat Dengan Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5, no. 2 (2023): 4587–93.
- Sinaga, Juster Donal. “Tingkat Dukungan Orang Tua Terhadap Belajar Siswa.” Indonesian Journal of Educational Counseling 2, no. 1 (2018): 43–54.
- Suhartawan, Bambang, M MT, Anggia Riani Nurmaningtyas, H Asep Deni, C Q M MM, M T Santje Magdalena Iriyanto, S S Siti Sopiah, S K M Indah Naryanti, Antonius Rino Vanchapo, and M MKes. Metodologi Penelitian. Cendikia Mulia Mandiri, 2024.
- Susanto, Ahmad. Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep Dan Teori. Bumi Aksara, 2021.
- Thaib, Eva Nauli. “Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional.” Jurnal Ilmiah Didaktika 13, no. 2 (2013).
- Umar, Munirwan. “Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 1, no. 1 (2015): 20–28.
- Wada, Fauziah Hamid, Anna Pertiwi, Mara Imbang Satriawan Hasiolan, Sri Lestari, I Gede Iwan Sudipa, Jonherz Stenlly Patalatu, Yoseb Boari, Ferdinan Ferdinan, Jayanti Puspitaningrum, and Erlin Ifadah. Buku Ajar Metodologi Penelitian. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.
- Wahab, Gusnarib, and R Rosnawati. “Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran.” Erlangga, Bandung, 2011.
- Wati, Amalia Ratna Zakiah, and Syunu Trihantoyo. “Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 5, no. 1 (2020): 46–57.