Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Implementasi metode talaqqi dalam sistem pembelajaran tahfizh Al-Quran di SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa. 2. Efektivitas metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Quran siswa di SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa. 3.Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode talaqqi di SMP IT Baiti Jannati, dan bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kulitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1. Implementasi metode talaqqi dalam sistem pembelajaran tahfizh Al-Quran di SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa. metode talaqqi di SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa diterapkan secara sistematis dan efektif. Talaqqi membantu siswa dalam menjaga kualitas hafalan Al-Quran mereka, terutama dalam hal tajwid dan makhraj yang tepat. Para siswa merasakan manfaat langsung karena mendapatkan bimbingan personal dari guru dan dapat segera memperbaiki kesalahan mereka. 2. Efektivitas metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Quran siswa di SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa disimpulkan sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Quran siswa di SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa. Para guru menganggap metode ini memberikan hasil yang signifikan dalam memperbaiki tajwid, makhraj, dan kualitas hafalan siswa secara keseluruhan. Siswa juga merasakan manfaat langsung dari metode talaqqi, di mana mereka mendapatkan koreksi langsung dari guru, yang meningkatkan akurasi dan kepercayaan diri dalam menghafal Al-Quran. 3. Faktor pendukung utama dalam implementasi metode talaqqi di SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa adalah lingkungan yang kondusif, komitmen dan dedikasi guru, serta motivasi siswa. Dukungan dari orang tua juga menjadi faktor penting dalam membantu siswa mengulang hafalan di rumah.. sedangkan faktor penghambat yang dihadapi dalam penerapan metode talaqqi adalah perbedaan kecepatan hafalan antar siswa, keterbatasan waktu, dan ketidakpercayaan diri beberapa siswa saat menghafal di depan guru.


The purpose of this study is to determine: 1. Implementation of talaqqi method in Quran memorization learning system at SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa. 2. Effectiveness of talaqqi method in improving students’ Quran memorization ability at SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa. 3. Supporting and inhibiting factors in implementing talaqqi method at SMP IT Baiti Jannati, and how to solve these obstacles. This type of research is qualitative. Research data were obtained from observation, interviews and documentation. The results of the study show that: 1. Implementation of the talaqqi method in the learning system of memorizing the Al-Quran at SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa. The talaqqi method at SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa is applied systematically and effectively. Talaqqi helps students in maintaining the quality of their memorization of the Al-Quran, especially in terms of proper tajwid and makhraj. Students feel the direct benefits because they get personal guidance from teachers and can immediately correct their mistakes. 2. The effectiveness of the talaqqi method in improving the ability to memorize the Al-Quran of students at SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa is concluded to be very effective in improving the ability to memorize the Al-Quran of students at SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa. Teachers consider this method to provide significant results in improving tajwid, makhraj, and the overall quality of student memorization. Students also feel the direct benefits of the talaqqi method, where they get direct correction from teachers, which increases accuracy and confidence in memorizing the Al-Quran. 3. The main supporting factors in the implementation of the talaqqi method at SMP IT Baiti Jannati Tanjung Morawa are a conducive environment, teacher commitment and dedication, and student motivation. Support from parents is also an important factor in helping students repeat memorization at home. While the inhibiting factors faced in the implementation of the talaqqi method are differences in memorization speed between students, time constraints, and the lack of self-confidence of some students when memorizing in front of the teacher

Keywords

metode talaqqi pembelajaran tahfid

Article Details

References

  1. Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. BandunPT. Remaja Rosdakarya.
  2. Abdussalam Muqbil al Majidi. (2008). Bagaimana Rasulullah Mengajarkan al-Qur’an Kepada Para Sahabat,. Jakarta: Darul Falah.
  3. Abuddin Nata. (2016). Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  5. Ahmad Falah. (2009). Materi dan Pembelajaran Fiqih MTs-MA. STAIN Kudus, 10.
  6. Ahsin Sakho Muhammad. (2017). Menghafal Al-Qur’an, Manfaat, Keutamaan, Keberkahan, dan Metode Praktisnya,. Jakarta: Qof.
  7. Aisyah Arsyad Embas. (2018). Menuntut Anda Memahami dan Menghafal al-Qur’an. Jakarta: Rajawali Pres.
  8. Albi Anggito & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: CV Jejak.
  9. Al-Fathani, M. (2021). Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 40-50.
  10. Anshori. (2013). Ulumul Qur’an. Jakarta: Rajawali Pres.
  11. Arief. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press.
  12. Arifin, M. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Metode Talaqqi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Al-Quran, 9(1), 38-47.
  13. Fatimah, Z. (2022). Pengulangan Hafalan dalam Metode Talaqqi untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa. Jurnal Pendidikan Tahfizh, 8(1), 38-45.
  14. Hakim, A. (2020). Metode Talaqqi sebagai Solusi Pembelajaran Tahfizh di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 15-27.
  15. Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Insan Madani.
  16. Herdiansyah. (2018). Wawancara, Observasi, dan Fokus Groups.
  17. Herdiansyah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
  18. Herdiansyah. (2013). Wawancara, Observasi, dan Fokus Groups. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  19. http//Pendidikan.Net/Bahasa 21 html. (2021). In http//Pendidikan.Net/Bahasa 21 html.
  20. Imam Bukhari. (2004). Shahih Bukhari. Dar el Hadits.
  21. Iskandar, M., & Hidayah, R. (2021). Efektivitas Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfizh di SD. Jurnal Pendidikan Islam dan Al-Quran, 11(3), 30-40.
  22. Kemendikbud RI. (2003). Undang-undang RI No. 20 / 2003 tentang Sisdiknas.
  23. Khoiruddin Nasution. (2016). Pengantar Studi Islam. BandunMediatera.
  24. Kuncoro, M. (2006). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.
  25. Lestari, S. (2022). Strategi Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Tahfizh. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Al-Quran, 7(2), 65-75.
  26. Lutfiyah, A., & Sari, M. (2020). Kendala dan Solusi dalam Implementasi Metode Talaqqi di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Tahfizh dan Tilawah, 8(2), 50-58.
  27. Maftuh Basthul Birri Sirojuddin. (2009). Petunjuk Mengaji dan Mengajar al-Qur’an di MMQ. Pondok Pesantren Lirboyo.
  28. Masyitoh, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfizh Al-Quran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Al-Quran, 5(3), 35-45.
  29. Muh. Fitrah & Luthfiyah. (2018). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jakarta: CV Jejak.
  30. Muhaimin. (2004). Paradigma PAI Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah. BandunPT Remaja Rosdarkarya.
  31. Muhammad Rohman, S. A. (2012). Manejemen Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustaka Karya.
  32. Muhammad Thobroni & Arif Mustofa. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar- Ruzz Media.
  33. Mulyadi, A. (2021). Pengaruh Metode Talaqqi terhadap Peningkatan Hafalan Al-Quran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tahfizh dan Tilawah, 6(2), 25-32.
  34. Nurhayati, A. (2022). Peran Orang Tua dalam Proses Hafalan Al-Quran di Rumah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 50-60.
  35. Ramadhan, T. (2020). Keterbatasan Waktu dalam Implementasi Metode Talaqqi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tahfizh, 6(1), 48-58.
  36. Ramadhani, N. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Hafalan Al-Quran Anak melalui Metode Talaqqi. Jurnal Pendidikan Islam dan Al-Quran, 7(1), 55-65.
  37. Ramdani, A. (2021). Talaqqi sebagai Metode Efektif dalam Pembelajaran Tahfizh Al-Quran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 40-50.
  38. Rosyidaaula. (2020). Peran agama dalam perkembangan Teknologi. In .https://www.kompasiana.com/rosyidaaula/peran-agama-dalam-perkembangan- teknologi.
  39. Saifullah, A. (2004). Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan. In Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan (p. 37). Jakarta: Usaha Nasional.
  40. Sanjaya.W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  41. Sari, M. (2021). Peran Guru dalam Metode Talaqqi di Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Al-Quran, 9(3), 30-40.
  42. Satori, D. & Aan Komariah. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif,. BandunAlfabeta.
  43. Siagian P. Sondang. (2004). Managemen Strategi. Jakarta: Bumi Aksara.