Main Article Content

Abstract

Abstrak


Akhlak merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan jatuh bangunnya seseorang, bangsa maupun negara. Kejayaan seseorang, masyarakat, bangsa dan negara sangat tergantung oleh akhlaknya. Dengan akhlak yang baik seseorang akan mendapat kedudukan dalam lingkungan dan masyarakat, karena ruang lingkup akhlak bukan hanya sekedar sopan santun atau tata krama lahiriyah saja, seperti cara berbicara, cara bersikap dan bertingkahlaku sehari-hari. Tetapi akhlak tersebut juga menyangkut masalah yang bersifat rohaniah, yaitu terisinya hati seseorang dengan sifat utama, seperti bertanggung jawab, adil, sabar, pemaaf dan terhindar dari sifat yang merusak seperti sombong, irihati, dengki, dan lainnya. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pembinaan akhlak menurut syekh az-Zarnuji dalam kitab ta’limul muta’allim.  Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah menggunakan penelitian kualitatif jenis studi kepustakaan (library research) dengan analisis isi (content analysis) atau analisis tekstual, dan metode interpretasi. Tujuan pembinaan akhlak menurut syekh az-Zarnuji, tidaklah sekadar diarahkan untuk kepentingan akhirat, tetapi juga untuk kebaikan atau kepentingan di dunia. Namun, kepentingan akhirat tentunya mesti diutamakan daripada kepentingan duniawi. Bahkan, ia secara tegas menyatakan bahwa menuntut ilmu untuk kepentingan duniawi, tidaklah boleh terlepas dari kepentingan akhirat. Dengan begitu, murid akan mendapatkan kelezatan ilmu pengetahuan.


Abstract


Morals are one of the factors that determine the ups and downs of a person, nation and state. The glory of a person, society, nation and state is very dependent on their morals. With good morals, a person will get a position in the environment and society, because the scope of morals is not just courtesy or physical manners, such as how to speak, how to behave and behave daily. But the morals also involve matters of a spiritual nature, namely the filling of a person's heart with main characteristics, such as being responsible, fair, patient, forgiving and avoiding destructive traits such as arrogance, jealousy, envy, and others. The purpose of writing this article is to find out the moral development according to Shaykh az-Zarnuji in the book ta'limul muta'allim. The method used in writing this article is to use qualitative research type library research (library research) with content analysis (content analysis) or textual analysis, and interpretation methods. According to Sheikh az-Zarnuji, the aim of building morals is not only aimed at the interests of the hereafter, but also for the good or the interests of the world. However, the interests of the hereafter must take precedence over worldly interests. In fact, he firmly stated that studying for worldly interests cannot be separated from the interests of the hereafter. That way, students will get the delicacy of science.

Keywords

Pembinaan Akhlak Syekh Az-Zarnuji Development Morals

Article Details

References

  1. Ali Noer, S. T. ( 2017). "Konsep, Adab, Peserta Didik, Dalam Pembelajaran, Menurut az-Zarnuji, dan Implikasinya, Terhadap Pendidikan, Karakter, di Indonesia." Jurnal Al-hikmah, Vol. 14, No. 2.
  2. Ali, M. (2009). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III (Pendidikan Disiplin Ilmu) -PT. Imperial Bhakti Utama Bandung.
  3. Al-Zarnuji. ( 2019). Ta’limul Muta’allim: Pentingnya Adab Sebelum Ilmu-Aqwam, Solo
  4. Arifin, H. M. (2006). Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama.-Bulan Bintang, Jakarta
  5. Arifin, Y. (2018). Pemikiran-pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam Dari Klasik Hingga Modern- IRCiSod, Yogyakarta.
  6. Barizi, H. A. (2011). Pendidikan Integratif Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam-UIN Maliki Press, Malang.
  7. Bukhari, I. (2019). Adabul Mufrad: Kumpulan Hadits-hadits Akhlak-Pustaka Al-Kautsa, Jakarta.
  8. Burhanudin. (2019). Implementasi, Nilai, Pendidikan Karakter Religius Santri Perspektif Kitab Ta’limul Muta’alim di Pondok Pesantren Sunan Giri Ledok Kec. Argomulyo dan Hidayatul Mubtadiien Kalibening Kec. Tingkir Kota Salatiga, (Tesis)-Program Pascasarsajana Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Salatiga.
  9. Harahap, S. (2006). Metodologi Studi Tokoh Pemikiran Islam-Istiqomah Press, Jakarta.
  10. Hidayatulloh, A. (2012). Aljamil Al-Qur’ān Tajwid Warna, Terjemahan Per Kata-Cipta Bagus Segara, Bekasi.
  11. Ismail, S. I. ( 2019). Syarah Ta’limul Muta’allim : Panduan Etika dan Metode Dalam Menuntut Ilmu- Zam-zam, Sukoharjo
  12. Jaya, F. ( 2019). "Pemikiran, Pendidikan, Islam, Al-Zarnuji." Tazkiya, Vol. 8, No.1.
  13. Makmudi., e. (2018). "Pendidikan, Jiwa, Perspektif, Ibn Qayyim Al-Jauziyyah."Jurnal Pendidikan Islam, Ta'dibuna, Vol. 7, No. 1.
  14. Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif-PT. Remaja Rosdakarya, Bandung:
  15. Nuriman, K. ( 2019). "Konsep, Pemikiran,Burhanuddin Az-Zarnuji, Mengenai Pendidikan." Jurnal Tawadhu, Vol. 3, No. 2.
  16. Pelangi, H. (2017). "Nilai-Nilai, Pembinaan, Akhlak, Dalam Kegiatan, Ekstrakurikuler, di Madrasah Aliyah Mustafawiyah Purba Baru, Kabupaten Mandailing Natal. "Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman al- Muaddib, Vol. 2, No.1.
  17. Qodariyah, S. L. (2017). "Akhlak,Dalam Perspektif, Al-Qur’ān, (Kajian Terhadap Tafsīr al-Maragi Karya Ahmad Mustafa al-Maragi). "Jurnal al-Fath, Vol. 11, No. 02.
  18. Rahman, A. ( 2016 ). "'Pendidikan, Akhlak, Menurut Az-Zarnuji, dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim." Jurnal At-Ta’dib, Vol. 11, No. 1,
  19. Safari. (2015). Statistika Dalam Penelitian Bahasa, Bimbingan Konseling, Psikologi, Hukum, Agama, Teknik dan Pendidika-UIA FAI PAI, Jakarta.
  20. Salim, A. ( 2018). "Menanamkan, Konsep, Moral, Ta’liim Al-Muta’allim, Dalam Pendidikan, Karakter, di Lingkungan, Pendidikan, Dasar." Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, Vol. 1, No. 2.
  21. Sani, A. W. ( 2019). "Konsep, Pendidikan, Akhlak, Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim, az-Zarnuji, dan Relevansinya, Dengan Pendidikan, Akhlak, di Indonesia." Jurnal Tawadhu, Vol. 3, No. 2.
  22. Agus Waluyo & Mufid Rizal Sani, 2019). "Konsep, Pendidikan, Akhlak, Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim, az-Zarnuji, dan Relevansinya, Dengan Pendidikan, Akhlak, di Indonesia." Jurnal Tawadhu, Vol. 3, No. 2.
  23. Santi Lisnawati, N. P. (2012). Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam-PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  24. Zahir, A. I. (2019). "Konsep, Kepribadian, Guru, Menurut Ibnu Sahnun." Jurnal Pendidikan Islam, TAWAZUN, Vol. 12, No. 1.
  25. Zainudin. (2013). "Pendidikan, Akhlak, Generasi, Muda." Ta’allum, Vol. 01, No.1.