Main Article Content

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengembangan model manajemen kelas Islami, yang pada proses pengelolaan manajemen kelas ini menekankan kepada pendidik agar menjadi seorang pendidik yang memiliki suatu keahlian berupa aktifitas mengobservasi, mengidentifikasi segala kebutuhan pengelolaan pembelajaran berbasis kepada kebutuhan peserta didik yang akan dilakukan dalam pembelajaran sampai akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah perencanaan pembelajaran secara Itqan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Manajemen Kelas di SMP Madina Islamic School. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah developmental research dengan tahapan pokok yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data yaitu proses kegiatan belajar mengajar pada kedua sekolah yaitu: SMP Madina Islamic School. Metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif untuk penemuan dan perancangan model manajemen kelas Islami. Berdasarkan kajian literatur dan observasi dari hasil pengumpulan data yang bersifat administrasi maupun fakta dilapangan terhadap profil sekolah yang mencakup visi, misi, tujuan, kurikulum yang memuat berbagai macam unsur seperti muatan kurikulum, program-program sekolah, sistem pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran meskipun dilakukan melalui daring di sekolah SMP Madina Islamic School yakni model manajemen kelasnya telah menerapkan berbagai macam sub bagiannya secara Islami baik sejak perencanaan, pelaksanaan hingga proses evaluasi. Model manajemen kelas Islami ini mengacu konsep manajemen pengelolaan kelas yang berupaya menerapkan nilai-nilai keislaman didalam kelas.


Abstract


The problem in this research is the development of an Islamic class management model, which in the management process of this class emphasizes the educator to become an educator who has expertise in the form of observing activities, identifying all the needs of learning management based on the needs of students who will be carried out in learning until the end. decided to make an Itqan learning plan. This study aims to analyze Class Management at SMP Madina Islamic School. The approach used in this research is developmental research with the main stages, namely: observation, interview, documentation. The data source is the process of teaching and learning activities in both schools, namely: SMP Madina Islamic School. The analytical method used is a qualitative method for the discovery and design of Islamic classroom management models. Based on literature review and observations from the results of administrative data collection as well as facts in the field against school profiles which include vision, mission, objectives, curriculum which contains various elements such as curriculum content, school programs, learning systems and implementation of learning even though it is done online In Madina Islamic School, the class management model has implemented various subsections in an Islamic manner, from planning, implementation to the evaluation process. This Islamic class management model refers to the concept of class management that seeks to implement Islamic values in the classroom.


 

Keywords

manajemen kelas islami management classroom islamic

Article Details

References

  1. Kartika Asteria D., Guru Dianiaya Hingga Tewas. Bisnis.com 10 Februari 2018 diakses pada 23 Juli 2020 pukul 08.00
  2. Prodjo Wahyu A., Kekerasan oleh Guru Banyak Kompas.com – 26 Februari 2020, 18:50 WIB diakses 23 Juli 2020 pukul 09.00
  3. Septiana Delta, Problematika Cara Belajar di Tengah Pandemi Covid-19 BantenNews.co.id diakses 23 Juli 2020 pukul 10.00
  4. Ashari Muhammad, Proses Pembejalaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal – Republika.com 20 Maret 2020, 13:12 WIB
  5. Sukmadinata, 2006, Metode Penelitian Pendidikan: Cet. I, Bandung: Rosdakarya.
  6. Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
  7. Muljono Damopolii, 2011, Pesantren Moderen IMMIM Pencetak Muslim Moderen: Cet. I, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  8. Marzuki, 2008, Metodologi Riset, Yogyakarta: t. pn.
  9. S. Nasution, 2007, Metode Research, Jakarta: Bumi Aksara.
  10. Komaruddin, 1999, Kamus Istilah Skripsi dan Tesis, Bandung: Angkasa.
  11. Rahmat Hidayat dan Candra Wijaya, 2017, Ayat-ayat Al-qur’an tentang manajemen pendidikan Islam, Medan: LPPPI.
  12. KBBI Daring, https://kbbi.kemendikbud.go.id diakses pada tanggal 19 Agustus 2020 pukul 6.27.
  13. Sugeng Kurniawan, Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-quran dan Al-hadits (Studi tentang perencanaan, Journal artikel, Nur El-Islam: https://ejournal.staiyasnibungo.ac.id October 2015 hlm. 3. Diakses pada tanggal 18 Agustus 2020, pukul 10.02.
  14. Engkoswara dan Aan Komariah, 2012, Administrasi Pendidikan, Bandung: ALFABETA.
  15. Suryana Edeng, Manajemen Kelas Berkarakteristik Siswa, Bogor: jurnal.staialhidayahbogor.ac.id., 2017, hlm. 2.
  16. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus versi online/daring (dalam jaringan) https://kbbi.web.id diakses pada tanggal 19 Agustus 2020, pukul 10.36.
  17. Nata Abuddin, 2016, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.
  18. Nata Abuddin, 2016, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.
  19. Faizal Djabidi, 2016, Manajemen Pengelolaan Kelas: Upaya Peningkatan Strategi dan Kualitas dalam Pembelajaran, Malang: Madani.
  20. Suharsimi, 1993, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  21. Keyword Islami menurut kamus besar bahasa Indonesia https://kbbi.web.id/kelola diakses pada tanggal 18 April 2020, Pukul 12.00
  22. Muhaimin, 2002, Paragdima Pendidikan Islam: Upaya Pengefektifan PAI di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  23. Tesis Fahmi, 2017, Pelaksanaan Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran PAI Di SDN 4 Maddukkelleng Kabupaten Wajo, Makassar: Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, hlm. 2
  24. Abdul Fattah Abu Ghuddah, 2018, Muhammad Sang Guru: Menyibak Rahasia Cara Mengajar Rasulullah, Jakarta: Akses.
  25. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 16 Tahun 2007, tentang Standar Kompetensi Pendidik
  26. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II, Pasal 3
  27. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), Pasal 1 ayat 7 dan 19.